Warga Buang Hajat di Pantai

Purus III, Daerah Wisata Minim MCK


Senin, 04 April 2016 - 04:36:49 WIB

PADANG, HALUAN—Miris memang, di kawasan wisata Purus III tepatnya RT 3, RW 4, Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat. Kebanyakan rumah warga tidak memiliki MCK (mandi, cuci, kakus). Hingga, setiap warga yang ingin buang hajat mesti bersiasat dulu. 

Hal ini terungkap saat Walikota Padang, H. Mah­yeldi Dt Marajo bersama rombongan datang ke dae­rah ini, Minggu (3/4) pagi. 

Ketika berdialog dengan warga setempat, hampir seluruhnya mengaku tidak memiliki WC di rumahnya. “Di siko tak ado WC pak,” celetuk seorang warga ke­pada Walikota. 

Walikota sempat kaget mendengar pengakuan war­ga. Walikota pun balik ber­tanya dimana tempat untuk buang air. Warga mengakui jika selama ini got menjadi tempat untuk buang hajat bagi anak-anak.

Sedangkan bagi orang­tua, asoy (kantong kresek) menjadi wadah untuk buang hajat. Jika sudah larut ma­lam, asoy tersebut dibuang ke laut.

“Bahkan ada yang buang air ke pantai ketika menje­lang subuh,” ungkap seo­rang warga. 

Walikota cukup prihatin mendengar ungkapan jujur warga di daerah tersebut. Apalagi daerah Purus III berada di kawasan objek wisata Pantai Padang. Ke­ber­adaannya juga semakin kontras dengan berdiri me­gahnya hotel bintang lima dan rusunawa di dekatnya. 

Tidak hanya itu, di Purus III juga cukup banyak per­masalahan yang mesti dipe­cahkan dan dicarikan solu­sinya. Karena itu, Walikota mengimbau kepada Camat Padang Barat untuk mem­bedah permasalahan di dae­rah tersebut dengan me­libatkan SKPD terkait.

Seperti permasalahan kesehatan dengan meli­bat­kan Dinas Kesehatan Kota Padang, masalah tata ruang melibatkan TRTB, masalah riol dengan melibatkan Di­nas PU, masalah KB dan pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan BP­MP­KB, masalah putus sekolah dengan melibatkan Dinas Pendidikan, serta lainnya.

“Di sini masih banyak warga yang buang air besar di pinggir pantai. Bahkan ada yang pakai ‘aster’ (asoi terbang). Untuk itu kita minta camat merancang berapa jumlah kebutuhan wc umum,” ungkap Mah­yeldi.

Saat itu juga Walikota Padang bersama rombongan dan Kosgoro Kota Padang membersihkan riol di Purus III. Sedimen diangkat. Se­hing­ga air dapat mengalir dan tidak tersumbat lagi. Warga pun ikut turun tangan membantu.

 “Kita harap Dinas PU dapat menutup riol agar sampah tidak masuk,” ujar Walikota.

Walikota menyebut bah­wa Purus merupakan “Kam­pung Literasi serta Kam­pung KB di Padang Barat. Purus III juga memiliki Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Serta, sejumlah peda­gang yang berjualan LPC tinggal di sini. Dengan men­dapat perhatian dari Pemko Padang diharapkan daerah ini lebih berkembang pesat dan tidak ada lagi “asoy terbang” ke Pantai Pa­dang. (h/ows)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 12 Maret 2018 - 01:35:49 WIB

    Pol Baksos di Purus Kebun

    Pol Baksos di Purus Kebun PADANG,HALUAN—Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang menggelar bakti sosial untuk menyambut hari jadi Satpol PP ke-68 dan Satlinmas ke 56..
  • Rabu, 03 Januari 2018 - 19:02:40 WIB

    Kampung Warna-Warni di Purus III Diresmikan

    Kampung Warna-Warni di Purus III Diresmikan PADANG, HARIANHALUAN.COM—Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, meresmikan kampung warna warni Tanah Ombak,di kawasan Purus III, Kota Padang, Rabu (3/1). .
  • Jumat, 04 Agustus 2017 - 09:47:37 WIB

    Diisi 200 Pedagang, Pasar Pagi Purus Tak Ada MCK

    Diisi 200 Pedagang, Pasar Pagi Purus Tak Ada MCK PADANG, HARIANHALUAN.COM--Pedagang Pasar Pagi Purus Kecamatan Padang Barat keluhkan, tidak adanya MCK (Mandi Cuci Kakus) di lokasi tempat mereka berdagang. Akibatnya, menimbulkan bau tidak sedap di sekeliling pasar..
  • Sabtu, 18 Maret 2017 - 02:38:15 WIB

    Pembangunan Jalur Dua Purus-BIM Masih Menggantung

    PADANG, HALUAN – Pembangunan jalur dua Pantai Padang hingga Bandara Internasional Minangkabau (BIM) masih terkendala lahan Pange­ran Beach Hotel. Soal tersangkutnya pembebasan lahan di Hotel Pangeran,Kepala Dinas Perumahan.
  • Sabtu, 24 Desember 2016 - 00:52:57 WIB
    IMBAS CUACA BURUK

    Pedagang Pantai Purus Sepi Pembeli

    PADANG, HALUAN—Se­jumlah pedagang di Pantai Purus Padang mengeluhkan omsetnya yang berkurang karena cuaca yang sering hujan tatkala sore hari..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]