Coba Kabur, Dua Napi Diamankan Petugas


Senin, 04 April 2016 - 04:47:04 WIB

PADANG, HALUAN — Lapas Klas II A Muaro Padang nyaris kembali dibobol penghuninya. Untung, upaya dua warga binaan, Erik dan Andon  digagalkan petugas Lapas, Polsuspas yang melihat gerak-gerik mereka melalui  Closed Circuit Television (CCTV).

Informasi yang dikum­pulkan Haluan, aksi kedua­nya diketahui sekitar pukul 15.30 WIB. Mereka terekam sedang berdiri di atas meja dalam ruangan sel. Karena merasa curiga pihak keama­nan pun mengamankan ke­dua warga binaan ke dalam ruangan kepala jaga. Erik adalah tahanan kasus curan­mor yang sudah divonis oleh pengadilan. Sedangkan Andon masih tahanan jaksa dalam kasus yang sama.

Dalam tahun 2016 ini te­patnya pada tanggal 6 Ma­ret warga binaan di La­pas tersebut juga pernah kabur. Warga binaan yang kabur bernama David Suar­no (33) yang divonis dela­pan tahun kurungan pen­jara.

Menanggapi ini, Kepala Kantor Wilayah Kemen­terian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkum dan HAM) Sumbar, Ansa­ruddin memastikan akan mencabut segala hak bagi narapidana yang mencoba kabur terse­but. Bahkan haknya untuk mendapat remisi atau pe­ngu­rangan masa tahanan juga akan digugurkan kare­na dianggap tidak berke­lakuan baik.

“Tidak ada yang lari. Mereka baru berusaha un­tuk kabur tapi masih dalam Lapas sudah ketahuan petu­gas melalui kamera CCTV. Dan segera  digagalkan petu­gas,”  aku Ansaruddin kepa­da Haluan melalui sam­bungan telepon di Padang Minggu, (3/4) sore.

Selanjutnya kata Ansa­rud­­din, tahanan tersebut akan diasingkan dari taha­nan lain dan akan di tempat­kan di sel khusus. “Yang ber­sangkutan akan kita tem­pat­­kan di strapsel sebagai hu­ku­man dan kita juga akan tin­jau pemberian hak-hak­nya, termasuk remisi,”  kata­nya.

Ansaruddin juga menga­presiasi kinerja pertugas yang saat itu piket. Dengan ke­si­gapan dan ketelitiannya berhasil menggagalkan upa­ya kabur dari tahanan terse­but. “Sejuah ini tidak ada keterlibatan petugas, bah­kan upaya pelarian ini ber­hasil digagalkan petugas,” pungkasnya.

Menyangkut tahanan yang berhasil kabur, Kepala Kanwil Kemenkum dan HAM juga memastikan akan tetap melakukan pe­nge­jaran kepada tahanan yang berhasil kabur dari Lp Muaro, Padang dan Biaro, Bukittinggi. Tercatat ada 17 tahanan yang masih menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO) hingga saat ini.

“Kalau Bapak mencatat ada 17 tahanan yang masih kita kejar. Dimana dari 17 ini 10 kabur sebelum masa pimpinan saya dan tujuh pada masa pimpinan saya,” terang Ansaruddin.

Untuk pengejaran ini pihaknya telah berko­or­di­nasi dengan Kanwil Kemen­kum dan HAM yang ada di Sumatera. “Bahkan kita telah sebar foto-fotonya ke pihak yang berwajib baik di Sumbar maupun di luar Sumbar. Karena kita perki­rakan mereka masih di Su­matera karena banyak dari mereka yang kabur asal Sumatera,” pungkasnya. Ansruddin juga berjanji akan kembali menangkap pa­­ra tahanan yang kabur ter­­se­but di samping terus mem­­­benahi manajemen di La­­­pas dan Rutan yang ada di Sum­­bar. “Kita akan terus ting­katkan kemampuan Sum­­­­ber Daya Manusia (SDM) yang ada di Lapas/Ru­tan,” tutur­nya.

Sementara untuk men­ce­gah kembali kaburnya tahanan pihak Kanwil Ke­men­kum dan HAM akan mengoperasikan secara mak­­simal 3 Lapas baru yang saat ini dalam tahap pem­bangu­nan akhir.(h/rvo/isr)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 04 September 2018 - 23:39:39 WIB

    5.600 Blanko Tersedia, Cetak KTP-el di Kantor Camat Diuji Coba

    5.600 Blanko Tersedia, Cetak KTP-el di Kantor Camat Diuji Coba PADANG, HARIANHALUAN.COM—Uji coba pencetakan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) di kantor camat digelar di Kantor Kecamatan Koto Tangah dan Kecamatan Kuranji. Sejauh ini, Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukc.
  • Rabu, 19 Oktober 2016 - 00:46:49 WIB

    SDN Percobaan Padang Raih Juara II Budaya Mutu Nasional

    PADANG, HALUAN — Berbagai prestasi dan penghargaan berhasil diraih oleh SD Negeri Percobaan. Sekolah ini semakin menunjukkan kiprahnya dalam bidang pendidikan dan menjadi contoh bagi sekolah lainnya..
  • Rabu, 07 September 2016 - 10:07:15 WIB

    Pagi Ini, Sirena Tsunami Diujicoba

    PADANG, HALUAN – Simulasi bencana tsunami kembali digelar pagi ini, Rabu (7/9/2016) pukul 10.00 WIB. Hal ini juga terkait dengan pelaksanaan Indian Ocean Wave Exercise (IOWave) 2016 di Kota Padang.
  • Kamis, 04 Agustus 2016 - 05:00:04 WIB

    Ujicoba Ulang, Railbus Bermasalah Lagi

    Ujicoba Ulang, Railbus Bermasalah Lagi PADANG, HALUAN – Uji coba jalur kereta api Lubuk Alung – Kayu Tanam yang dilakukan kembali oleh PT KAI Divre II Sumatera Barat kembali me­ngalami masalah setelah Kereta Real Diesel Elektrik (KRDE) yang digunakan kehilang.
  • Kamis, 14 April 2016 - 16:31:22 WIB

    Wanita Muda Coba Bunuh Diri

    PADANG, HALUAN — Warga Jati Koto Panjang Kecamatan Padang Timur di­kejutkan dengan aksi nekat seorang perempuan bernama N (28). Warga Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan ini nekat mencoba mengakhir hidupnya di bantaran rel ke.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]