84.000 Siswa Ikuti UN, PLN Jamin Pasokan Listrik Aman


Senin, 04 April 2016 - 04:50:03 WIB

PADANG, HALUAN —Hari ini, Senin (4/4) sekitar 84.000 siswa melaksanakan Ujian Nasional (UN) di Sumbar, 45 sekolah di antanya  UN Ber­basis Komputer (UNBK).

Ketua Panitia UN Nasmeri mengatakan, 84.000 peserta UN terdiri dari siswa SMA, SMK, MA, dan paket C. Untuk pelaksanaan UN telah diper­siap­kan secara matang, baik dari segi pengawas maupun distribusi soal. Untuk saat ini, soal sudah berada di masing-masing sekolah yang ada di Sumbar.

“Soal sudah selesai didistri­busikan, dan semua sudah aman sesuai pos dan sudah berjalan sesuai dengan SOP,” ungkapnya, Minggu (3/4).

Ia berharap, pelaksanaan UN dapat berjalan lancar hing­ga hari terakhir, dan yang ter­penting menurutnya adalah penerapan integritas pelak­sanaan UN baik oleh guru maupun para siswa. “Kami sangat berharap kejujuran di­jun­jung tinggi, dan jangan ter­pengaruh oleh kunci-kunci yang ada. Karena nilai inte­gritas ini sangat penting bagi kemajuan dunia pendidikan khususnya di Sumbar,” ulasnya.

Ia juga mengatakan, pene­rapan integritas ini sangat berarti bagi sekolah karena kalau integritas masih belum dijalankan maka Sumbar tidak akan mendapatkan pembinaan sekolah dari pusat. “ Untuk

mendapatkan pembinaan dari pusat dinilai dari sekolah, kalau kita teru-terus tidak jujur dan mencontek maka kapan kita akan maju dan mendapatkan pembi­naan yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Sementara itu, untuk 45 seko­lah yang melaksanakan UNBK ia menyatakan sudah siap baik dari segi kelengkapan ujian maupun dari pengawasnya.

Terpisah, Kepala Sekolah SMKN 2 Padang Drs Raymond M.Pd mengatakan, sebagai satu-satunya sekolah di Padang yang melaksanakan UNBK ia sangat bersyukur karena banyak men­da­patkan dukungan dari berbagai pihak termasuk juga Pemko Padang.

“Alhamdulillah, dari hasil verifikasi Direktorat, sekolah kami dinyatakan siap untuk melaksanakan UNBK. Termasuk juga untuk semua peralatan yang kami punya sudah memenuhi syarat, bahkan di atas standar,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk jumlah komputer yang sudah diper­siapkan sebanyak 160 komputer, dari jumlah keseluruhan kom­puter sebanyak 220. Untuk jum­lah peserta UNBK sebanyak 406 siswa yang akan dibagi menjadi lima ruangan ujian.

Untuk pelaksanaan ujian dibagi menjadi tiga sesi dalam sehari yakni, siswa yang ujian pagi akan dimulai pada pukul 7.30-9.30 WIB, sesi kedua pukul 10.00-12 WIB, dan sesi ketiga pada pukul 2.00-4.00 WIB. Mes­kipun masing-masing sesi jumlah peserta 150 orang siswa, namun pihaknya menyediakan sebanyak 160 komputer.

Selain itu, Raymond juga mengaku sudah melakukan koor­dinasi dengan PLN melalui Dinas Pendidikan bahkan, Walikota berkoordinasi langsung dengan PLN untuk pengadaan genset di SMKN 2. “Tadi pagi, Minggu (3/4) genset sudah datang ke seko­lah, bahkan saya merasa tersan­jung karena diantar langsung oleh kepala PLN cabang Padang. Ti­dak hanya genset, tapi pihak PLN juga mengirimkan empat orang tenaga teknisi setiap ha­rinya untuk standby selama em­pat hari pelaksanaan UN,” jelasnya.

SMKN 2 juga mempersiap­kan dua orang tenaga masing-masing lokal ujian yakni, satu orang untuk pertanggungjawaban teknis dan satu orang untuk pertanggungjawaban soal ujian. Serta, ditambah dengan dua orang pengawas silang yang akan mengawasi selama proses UN.

Pasokan Listrik Aman

PT PLN Sumbar memastikan pasokan listrik selama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sumbar aman. PLN juga telah berkoordinasi dengan kepala unit di Kabupaten/Kota untuk terus mengawal pasokan listrik selama UN BK.

General Manager PT PLN Wilyah Sumbar, Supryadi mela­lui Kepala Humas PT PLN Wila­yah Sumbar, Ridwan menu­tur­kan, pasokan listrik selama UNBK dari Senin (4/4) sampai Kamis, (7/4) dipastikan aman. PT PLN mengerahkan semua tenaga untuk memantau pasokan listrik agar UN BK tahun ini berjalan dengan lancar.

“Kita juga sudah surati dan koordinasi dengan kepala unit untuk menjaga pasokan listrik. Nanti kita juga berencana akan turun langsung ke sekolah me­mantau hal ini,” paparnya kepada Haluan Minggu, (3/4) di Padang.

Namun, sejauh ini kata Rid­wan untuk listrik di Sumbar tidak mengalami gangguan. Sehingga diprediksi untuk masalah listrik tidak akan terjadi selama UN BK berlangsung.

Sebelumnya, Kepala UN Sum­bar, Nasmeri mengatakan, selain menyurati PLN, pihaknya juga menyarankan kepada se­kolah yang akan menggelar UN BK agar menyediakan genset sebagai cadangan listrik selama UN BK berlangsung.

“Kita tentu sangat berharap agar pasokan listrik selama UN BK aman, karena kalau ada gangguan tentu akan mempe­ngaruhi siswa. Selain itu pihak sekolah juga diinstruksikan un­tuk menyediakan genset,”  ung­kap­nya kepada Haluan kemarin.

Senada dengan Nasmeri Ang­gota Komisi V Dewan Perwak­i­lan Rakyat Sumbar (DPRD) Sumbar, Hidayat mengarapkan hal serupa, agar PLN memas­tikan pasokan listrik selama UN BK berlangsung. “Harapan kita tentu PLN bisa memastikan pasokan listrik selama UN BK. Kalau tidak tentu akan meng­ganggu peserta,”  paparnya.

Meski demikian Komisi V DPRD Sumbar akan memantau langsung ke lapangan pada pe­helatan UN nantinya, baik UN BK maupun ujian tulis dengan lembar LJK. “Kita akan turun ke lapangan untuk memantau UN nantinya,”  ujarnya politisi dari fraksi partai Gerindra.

Untuk diketahui berbeda dari tahun lalu, dimana hanya ada satu sekolah di Sumbar yang menggelar Ujian Nasional Ber­basis Komputer (UN BK), na­mun tahun ini ada sekitar 45 sekolah di Sumbar yang nantinya akan menggelar UN BK. Baik itu tingkat sekolah menengah atas sederajat maupun sekolah me­nengah pertama sederajat. Tahun 2016 ini ada sekitar 45 sekolah yang akan menggelar UN BK. Dimana da empat SMA, 35 SMK dan 6 SMP.

Dari data Disdikbud Sumbar jadwal UNBK un­tuk SMA se­derajat yaitu dari 4 April -12 April 2016. Ujian susulan UN BK SMA sederajat 18 April -20 April 2016. Sementara UN BK SMK sederajat yaitu 4 April – 7 April 2016. Untuk UN BK SMP se­de­rajat akan dilaksanakan dari 9 Mei -12 Mei 2016 dan ujian susulan akan dila­ku­kan pada 16-17 Mei 2016. (h/rin/isr)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]