Lapas Tembilahan Over Kapasitas


Selasa, 05 April 2016 - 02:42:14 WIB

INHIL, HALUAN—Tingginya angka kriminalitas di Kabupaten Indragiri Hilir, menyebabkan over kapasitas di Lapas Kelas II A Tembilahan yang hanya mampu menampung 360 warga binaan saja.

“Jumlah keseluruhan war­ga binaan Lapas Kelas II Tembilahan berjumlah 621 orang, yang seharus cuma mampu menampung 360 orang,” sebut Daswirman, melalui Kepala Lembaga Pe­ng­amanan Lapas (KPLP) Ke­las II A Tembilahan Armaita, kemarin.

Dijelaskan Armaita, dari 621 orang warga binaan terse­but terdiri dari tindak pidana umum 363 orang, narkotika 247 orang, illegal loging 4 orang, korupsi 7 orang dan illegal fishing 4 orang.

Selain over kapasitas, di­ungkapkan juga, kelebihan warga binaan di Lapas Kelas II A Tembilahan ini, diper­parah lagi dengan jumlah petugas jaga yang belum me­madai. “Jumlah petugas jaga ada 4 orang, tentunya dengan jumlah napi yang ada, dengan jumlah petugas itu tidak ber­imbang,” sebutnya.

Sementara itu, terkait per­e­daran narkoba di lapas yang marak terjadi saat ini, Lapas Kelas II A Tembilahan terus melakukan razia ke kamar-kamar tahanan yang rutin dilakukan dua kali dalam seminggu.

“Kadang dalam razia ru­tin, kami menemukan bong, tapi narkobanya tidak dite­mukan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, guna pemberantasan narkotika di lingkungan lapas, pihaknya siap bekerjasama dengan pihak terkait lainnya. Bahkan, bila perlu seluruh pegawai lapas dilakukan tes urine. (dan)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 25 Mei 2016 - 04:33:00 WIB

    Pembangunan Lapas Natuna Diusulkan

    BATAM, HALUAN — Kepala Divisi Pemasyarakatan Kepri, Alfi Zahrin (AZ) Kiemas, me­ngu­sulkan perlunya dibangun Lembaga Pemasyarakatan (La­pas) Kelas II A Na­tu­na. Pem­bangu­nan Lapas ter­sebut di­perlukan untuk pemb.
  • Rabu, 06 April 2016 - 03:06:33 WIB

    29 Warga Binaan Lapas Ikuti Ujian Paket C

    29 Warga Binaan Lapas Ikuti Ujian Paket C PEKANBARU, HALUAN — Pelaksanaan Ujian Nasional Paket C di dalam Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Pekanbaru, diikuti sebanyak 29 warga binaan..
  • Kamis, 31 Maret 2016 - 16:06:09 WIB
    Kasus Alih Fungsi Tahura

    Dirut PT RAKA Akhirnya Dijebloskan ke Lapas

    PEKANBARU, HALUAN —Direktur Utama (Dirut) PT Riau Agung Karya Abadi, Andre alias Heri, terpidana 3,5 tahun dalam kasus kehutanan akhirnya di­jeb­los­kan di Lem­baga Pe­masya­rakatan Klas II A Pekanbaru, untuk menjalan.
  • Rabu, 30 Maret 2016 - 03:14:31 WIB
    Lalai dalam Bertugas

    Kepala Pengamanan Lapas Kelas II Tpi Dibebastugaskan

    TANJUNGPINANG, HALUAN — Kepala Pengamanan Lapas Kelas II Tanjungpinang yang berinisial MN akhirnya dibe­bas­tugaskan dari jabatannya serta ditarik dari Kantor Wilayah Hukum dan Ham Provinsi Kepri mulai Selasa, (29/3)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]