Minim Sosialisasi

HUT Kabupaten Solok ke-103 tak Bergairah


Selasa, 05 April 2016 - 02:46:58 WIB

AROSUKA, HALUAN—Mes­ki hanya tingal menghitung hari saja, namun gairah pera­yaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Solok ke-103 yang jatuh pada tanggal 9 April mendatang seakan lesu tanpa ada persiapan dan geli­atberarti yang dilaksanakan oleh Pemkab setempat. Kon­disi ini dinilai berbeda jauh dibandingkan jelang perayaan HUT Kabupaten Solok di era Kepemimpinan Bupati Syam­su Rahim dan Wabup Desra Ediwan AT Tahun lalu.

Sementara pada perayaan HUT Kabupaten Solok tahun ini, tak ada semarak akan adanya alek perayaan Ulang Tahun daerah yang biasanya dibanjiri oleh hiasan umbul-umbul. Sampai hari ini, (4/4), nyaris tak tampak baliho Bu­pati Gusmal dan Wakil Bupati terpampang disepanjang jalan kawasan Arosuka. Bahkan, di kantor Bupati Solok sendiri, tak satupun baliho ucapan hari jadi Kabupaten beras ternama itu. Padahal, puncak perayaan HUT tinggal Empat hari lagi atau tanggal 9 April 2016 mendatang.

Pemandangan ini jauh berbeda dibandingkan pera­yaan HUT Kabupaten Solok ke-102 lalu. Terlebih ketika perayaan Kabupaten Solok menapaki usia 1 Abad alias 100 Tahun. Gegap-gempita kegembiraan ditebar Pe­me­rintah Daerah hingga ke su­dut-sudut 74 Nagari di 14 Kecamatan jauh sebelum ma­lam puncak atau sekurang-kurangnya sekitar Seminggu menjelang HUT Kabupaten Solok itu sendiri. “ Mungkin Moment HUT ini kalah po­puler dengan perayaan dan pesta pernikahan anak Bupati yang  waktunya juga tak ter­paut jauh,” kata Hendri (39) salah seorang warga Koto Baru kepada Haluan, Senin  (4/4) kemarin.

Sementara itu, salah seo­rang tokoh masyarakat Kayu Aro Yuslir Mak Itam, meng­ung­kapkan kerisauannya, ka­rena hingga kini belum terli­hat adanya tanda-tanda akan digelarnya peringatan HUT yang tinggal beberapa hari lagi. Menurutnya, sejatinya Kepala Daerah harus mem­berikan penjelasan pada ma­sya­rakat tentang arti sebuah pertambahan usia Kabupaten. Karena ditangan Bupati-Wa­kil Bupat kelak nasib Daerah ini ditompangkan 5 Tahun mendatang. “Moment HUT ini adalah wadah untuk mem­berikan pemahaman pada masyarakat tentang kondisi Daerah dan apa yang akan dicapai dimasa mendatang,” tegas Ketua Lembaga Anti Korupsi Clean Governance (AKCG) Kabupaten Solok itu.

Yuslir juga menyentil soal minimnya sosialisasi lewat baliho apalagi melalui media massa. Hal ini menurutnya sangat menurun dibandingkan Tahun lalu. Sebab, saat men­jelang HUT Tahun 2015 lalu misalnya, hampir disepanjang jalan terpampang wajah Bu­pati-Wakil Bupati. Namun kini, jangankan di jalan-jalan, di Kompleks Perkantoran Bupati Arosuka saja nyaris baliho HUT tidak terlihat. Begitu juga pemberitaan me­dia cetak dan elektronik, gencar dilakukan untuk mem­promosikan dan sosialisasi kegiatan HUT. “ Kalau diban­dingkan dengan tahun dulu, jauh sebelum puncak HUT, sosialisasi gencar. Kini, kata­nya juga banyak menggelar kegiatan. Tapi, sedikitpun tanda-tandanya belum tam­pak,” tegas Yuslir.

Terkait itu, Sekretaris Dae­rah (Sekda) Kabupaten Solok yang juga Ketua Panitia Pelaksanaan HUT Kabupaten Solok ke-103 M Saleh me­nampik tudingan minim sosi­alisasi tersebut. Pihaknya menilai, berbagai ajang kegi­atan sudah digencarkan Pem­kab dalam rangka penyam­butan HUT.

“Sudah banyak kegiatan yang kita laksanakan jauh sebelum pun­cak HUT Kabupaten Solok,” bantah M Saleh.

Soal sosialisasi melalui media massa M Saleh me­negaskan jika itu tugasnya bagian Humas Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten. Namun, sampai hari ini, sela­ku panitia HUT, pihaknya memang belum melakukan konfrensi pers terkait serang­kaian kegiatan di Kabupaten Solok. “Jumpa Pers memang belum kita jadwalkan,” kata­nya.

M Saleh juga menampik ada pendapat yang berkem­bang soal ketidakperluaannya publikasi kegiatan Daerah. Menurutnya, gaung kegiatan tidak akan terdengar dan dirasakan tanpa publikasi. “Kita sadar betul tanpa pub­likasi, Daerah tidak akan dikenal. Masyarakat juga ti­dak akan tahu agenda Peme­rintah,” tutupnya. (h/ndi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]