Sekolah Diminta Laksanakan UN Berintegritas


Selasa, 05 April 2016 - 02:49:25 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Tidak kurang dari 858 pelajar tingkat SLTA/MA/SMK Kota Sawahlunto mengikuti ujian nasional. Seluruh sekolah diingatkan untuk menge­depankan integritas dan kejujuran dalam pelaksanaan ujian nasional, yang dimulai Senin (4/4).

“Harapannya, seluruh sekolah menge­depankan pelaksanaan ujian nasional yang berintegritas,” ujar Kepala Dinas Pendi­dikan Pemuda dan Olahraga Sawahlunto, Marwan kepada Haluan.

Menurut Marwan, hendaknya penca­paian empat sekolah SLTP, akan penghar­gaan indek integritas dengan nilai di atas 80, menjadi cambuk bagi seluruh sekolah, untuk lebih baik dalam pelaksanaan ujian nasional.

Menurut Marwan, nilai indek integritas sekolah mempengaruhi lulusan, untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri. Artinya, nilai integritas yang diraih sekolah, memiliki peran yang sangat penting bagi sekolah maupun lulusan SLTA sendiri.

Dalam pelaksanaan ujian nasional 2015 lalu, belum satupun SMA/MA/SMK di Kota Sawahlunto yang mampu mencapai nilai indek integritas yang mencapai angka 80. Untuk sangat diharapkan, dalam pelak­sanaan ujian nasional tahun 2016 ini, muncul SLTA di Sawahlunto yang mampu mencapai nilai indek integritas di atas 80.

Untuk tahun 2016 ini, menurut Marwan, terdapat dua sekolah yang melaksanakan ujian berbasis komputer, yakni SMK N 1 Sawahlunto dan SMA SDI Sawahlunto.

Sedangkan untuk penerimaan lulusan SLTA Sawahlunto di perguruan tinggi, Marwan mengungkapkan terjadi kenaikan. Dimana tahun 2014 mencapai 195 lulusan, dan tahun 2015 meningkat menjadi 210 lulusan di perguruan tinggi negeri.(h/dil)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]