Tumbuhkembangkan Nasionalisme

Upacara Bendera Digelar Tiap Bulan


Selasa, 05 April 2016 - 02:53:05 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Tumbuhkan rasa nasionalisme di tengah aparatur, Pemerintah Sawahlunto menggelar upacara penaikan bendera merah putih, dalam apel gabungan bulanan, yang digelar di Lapangan Parkir Balaikota, Senin (4/4).

Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf menjadikan ke­giatan upacara penaikan bendera ini, sebagai ke­giatan wajib, di setiap pelak­sanaan apel gabungan, yang biasanya dilaksanakan di setiap hari Se­nin, pekan pertama setiap awal bulan.

“Mungkin apel gabu­ngan yang dilaksanakan di Sawah­lunto berbeda dengan daerah lain. Tapi itulah Sawahlunto, di dalam diri setiap aparatur harus tum­buh rasa nasionalisme,” ujar Walikota Ali Yusuf, dalam apel yang diikuti seluruh aparatur dari seluruh SK­PD.

Bagi Ali Yusuf, rasa na­si­o­nalisme harus terus di­pupuk, ditum­buhkem­bang­kan di tengah aparatur. Meski kesannya sepe­le, na­mun Ali Yusuf memandang upaya untuk menumbuhkan rasa nasiona­lisme harus tetap dila­kukan.

Sebab, tidak tertutup ke­mungkinan sudah ada aparatur yang lupa dengan UUD 1945, Pancasila, bah­kan lagu ke­bang­saan Indo­nesia Raya. “Mari kita tanya diri kita masing-masing, bagaimana rasa nasiona­lisme yang kita miliki,” ung­kap Ali Yusuf.

Pria kelahiran 11 Mei 1970 itu sangat yakin, ada aparatur yang mulai lupa dengan Pan­casila dan UUD 1945. Untuk itu, Ali Yusuf mengajak selu­ruh aparatur untuk kembali meng­hapal, menghayati, dan mengim­plementasikannya di tengah masyarakat.

“Kembali kita melaku­kan upacara bendera merah putih setiap awal bulan, tidak akan merendahkan kita. Walaupun, yang melak­sanakan upacara bendera hari ini para siswa di seko­lah-sekolah,” ujarnya.

Sebab, bapak tiga akan itu mengharapkan, aparatur peme­rintah Sawahlunto, tampil se­bagai pelopor dan contoh bagi masyarakat. Meskipun di daerah lain tidak ada yang melak­sana­kan upacara bendera merah putih, selain saat peringatan hari besar nasional.(h/dil)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]