4 SLTP Terima Penghargaan UN Berintegritas


Selasa, 05 April 2016 - 02:54:40 WIB
4 SLTP Terima Penghargaan UN Berintegritas Walikota menyerahkan penghargaan Indek Integritas Sekolah. (HUMAS)

SAWAHLUNTO, HALUAN — SMP Negeri 9 Kota Sa­wah­lunto tampil menjadi sekolah dengan indek integritas pe­nyelenggara Ujian Nasional Tertinggi tahun 2015, di ting­kat Kota Sawahlunto, dengan capaian nilai 81,32.

Penilaian indek integritas penyelenggara ujian nasional, dilakukan dengan melihat tingkat kejujuran pelaksanaan ujian nasional, yang dise­lenggarakan sekolah, dengan metoda yang ditetapkan dan dilaksanakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Kami merasa sangat bang­ga bercampur senang,” ujar Kepala SMP Negeri 9 Kota Sawahlunto, Tubel No­pede, kepada Haluan, usai menerima penghargaan, di Lapangan Parkir Balaikota Sawahlunto, Senin (4/4).

Khusus untuk Kota Sa­wahlunto, terdapat empat sekolah SLTP yang mencapai nilai tertinggi indek integritas dalam penyelenggaraan ujian nasional tahun 2015, yakni SMP Negeri 9 dengan nilai 81,32, tertinggi untuk SLTP se Sawahlunto.

Disusul di posisi kedua MTsN Sawahlunto dengan nilai 81,17, urutan ketiga ditempati MTsN Lunto de­ngan nilai 80,56. Sedangkan SMP SDI Silungkang mem­per­oleh nilai 80,27. Keempat sekolah tersebut, menda­pat­kan piagam penghargaan yang langsung ditan­data­ngani Men­­teri Pendidikan dan Keb­udayaan, Anies Baswedan.

Tidak berbeda jauh de­ngan Tubel Nopede, Kepala MTsN Sawahlunto, Indra Ga­ni juga mengungkapkan hal yang sama. Bagi Indra Gani, selain terdepan dalam pre­s­tasi, sekolah juga harus me­miliki integritas dalam melak­sanakan pendidikan.

“Kami memang sangat ketat dalam melaksanakan ujian nasional. Sebab, ujian nasional bertujuan untuk me­lihat pencapaian siswa dan sekolah. Sehingga, butuh keju­juran dalam pelaksanaan ujian itu sendiri,” ungkap Indra.

Baik Tubel maupun Indra Gani, sama-sama meng­ung­kap­kan akan memperta­han­kan pola pelaksanaan ujian nasional yang dilakukan di tahun 2015 lalu, untuk masa mendatang. Menurut mereka, nilai sebuah kejujuran sangat berarti untuk ditanamkan di sekolah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mem­berikan penghargaan atas pencapaian sekolah sebagai penyelenggara ujian nasio­nal, dengan indek integritas ter­tinggi, yakni di atas angka 80.

Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf, usai menyerahkan peng­h­argaan indek integritas kepada keempat sekolah itu, mengingatkan seluruh seko­lah untuk melaksanakan ujian nasional dengan menjunjung tinggi integritas.

“Pelaksanaan ujian nasio­nal tidak hanya untuk menge­jar nilai dan prestasi semata. Namun juga harus menge­depankan integritas, me­njun­jung tinggi nilai kejujuran,” tambah Ali Yusuf.(h/dil)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]