BUMNag Pagaruyung Gerakan Ekonomi


Selasa, 05 April 2016 - 03:15:43 WIB

TANAH DATAR, HALUAN — Nagari Pagaruyung me­miliki banyak bukti sejarah yang perlu dijaga dan diles­tarikan, seperti halnya Istano Basa Pagaruyung, Istano Silinduang Bulan, Batu Basu­rek, Istano Rajo yang ben­tengi tiga pohon beringin besar yang berdiri kokoh sebagai pelambang tiga raja di Pagaruyung, yaitu Rajo Alam, Rajo Adat dan Rajo Ibadat.

Di Nagari Pagaruyung juga masih banyak terdapat bukti beradapan masa lalu yang perlu digali dan diles­tarikan, tapak rumah atau tapak bekas Istana Pa­ga­ruyung di atas bukit batu patah, luak rajo, batu tungku atau tiga batu yang berdiri dan menyerupai tungku yang biasa digunakan ma­sya­rakat setempat untuk me­masak pada zaman dahulu. Untuk mengelolaagar se­mua aset menghasilkan se­cara ekonomi telah diben­tuk Badan Usaha Nagari (BUMNag).

Apa lagi Luak Nan Tigo di Jorong Padang Datar, merupakan tiga sumur di atas sebuah batu besar, su­mur ini tidak pernah ke­ring sekalipun musim kemarau panjang. Ketiga sumur ini memiliki warna air yang berbeda sesuai bendera tiga luak di Sumatera Barat yaitu luak Tanah Data, luak Agam dan luak Limo Puluah.

Tansri Rais Yatim, Pe­nasehat Menteri Malaysia yang juga merupakan ketu­runan minang dan penulis sejarah Minangkabau, per­nah berkunjung ke luak nan tigo tersebut untuk me­ne­lusuri sejarah Minangkabau dan keterkaitan dengan ne­gara serumpun Malaysia, mengharapkan agar bukti sejarah ini terus dijaga dan dikembangkan sebagai s­a­lah satu objek wisata sejarah, sehingga generasi kedepan ti­dak terkontaminasi dengan kebudayaan barat yang dike­mas dalam bentuk cerita-cerita kartun, namun gene­rasi kedepan akan paham dengan budayanya dan tahu akan asal usul mereka.

Pj Wali Nagari Paga­ruyung, Yoghi Alfinder, mengatakan bahwa Nagari Pagaruyung punya banyak potensi yang harus di­kem­bangkan, terutama soal bu­daya, peninggalan sejarah, pesona alam maupun per­tanian. “Ini kalau dikemas dengan baik tidak saja akan mendatangkan hasil bagi nagari, juga akan dapat me­ning­katkan pendapatan ma­­syarakat dan dapat di­kem­bangkan sebagai pesona wi­sata yang menarik,” je­lasnya.

Dikatakan, BUMNag yang ada saat ini murni ini­siatif dan semangat anak nagari yang bangkit secara bersama dan dituangkan dalam visi BUMNag Pa­ga­ruyung Jaya Bersama, de­ngan bangkitnya semangat kebersamaan Anak Nagari dalam wujudkan Nagari Pa­garuyung bermartabat, man­diri dan madani ber­lan­das­kan ABS-SBK,” sebutnya.

Sebelumnya, generasi muda yang tergabung dalam forum anak Nagari Pa­ga­ruyung bekerja sama dengan Kodim 0307 Tanah Datar dan dikomandoi lan­g­s­ung Damdim Letkol Arm Bagus Tri Kuntjoro, Danramil Tan­­jung Emas, Badan Tas­kin PMP-KB Tanah Datar melaksanakan goro bersama membersihkan lokasi itu.

Tingginya animo ma­syarakat secara swadaya melaksanakan potong kam­bing pada saat goro tersebut dilaksanakan, di Jorong Padang Datar Pagaruyung.

Dandim 0307 Tanah Da­tar Letkol.Arm.Bagus Tri Kuntjoro mengatakan, goro ini sejalan dengan program TNI Jum’at Bersih dan Ko­dim akan siap selalu terjun kemasyarakat untuk me­lak­sanakan kegiatan seperti itu, karena TNI dan masyarakat harus manunggal atau me­nyatu, ucapnya. (h/fma)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 19 Mei 2020 - 01:49:52 WIB

    Bermodal Rp350 Juta, BUMNag Bisa Tebus Kebun Kelapa yang Tergadai

    Bermodal Rp350 Juta, BUMNag Bisa Tebus Kebun Kelapa yang Tergadai HARIANHALUAN.COM -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumbar mendorong Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) di Padang Pariaman bisa menjadi inisiator, mengembalikan kejayaan kelapa di kabupaten ini. Selain aktif mend.
  • Kamis, 27 Juni 2019 - 12:27:17 WIB

    BUMNag Agam Mampu Tingkatkan Perekonomian Nagari

    BUMNag Agam Mampu Tingkatkan Perekonomian Nagari AGAM, HARIANHALUAN.COM - Optimalisasi pengelolaan Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) dalam upaya meningkatkan perekonomian di nagari, sangat diperlukan..
  • Senin, 13 Mei 2019 - 14:15:36 WIB

    BUMNag Pasaman Masih Jauh dari Harapan

    BUMNag Pasaman Masih Jauh dari Harapan PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Meski sudah berjalan empat tahun tetapi perkembangan Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) di Kabupaten Pasaman, dalam mendorong kesejahteraan masyarakat melalui unit usaha yang dibangunnya, masih jauh.
  • Jumat, 22 Juli 2016 - 11:09:07 WIB

    Nagari Koto Ranah Melangkah dengan BUMNAG

    Nagari Koto Ranah Melangkah dengan BUMNAG SUNGI RUMBAI, HALUAN — Nagari Koto Ranah sejak dipimpin Marzuki tampak makin tacelak saja. Nagari dengan segudang potensi itu, kini sudah punya pasar nagari yang lumayan ramai. Banyak dana masuk ke nagari itu berkat tangan .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]