Penyalahgunaan Narkoba di 50 Kota Memprihatinkan


Selasa, 05 April 2016 - 03:16:02 WIB

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Bupati Kabu­paten Limapuluh Kota, Ir­fendi Arbi menegaskan, an­caman Narkoba dan tindak kejahatan di kabupaten ini semakin memprihatinkan sa­ja. Hal ini harus menjadi perhatian serius berbagai elemen masyarakat, termasuk tokoh adat dan agama.

“Tindakan penya­lahgu­naan narkoba di daerah kita sudah berada dalam kondisi yang mengkhawatirkan. Bah­kan sudah menjalar ke kala­ngan anak-anak hingga ke pelosok nagari,” ungkap Ir­fen­di, saat menjadi pembina upacara bendera di SMPN 3 Payakumbuh di Taeh Baruah, Senin (4/4).

Kondisi ini, katanya, me­nuntut peran serta keluarga termasuk pihak sekolah guna mencegah generasi muda itu terjerumus menggunakan ba­rang haram itu. Dengan ada­nya penyuluhan bahaya nar­koba, diharapkan generasi di daerah ini tidak mudah ter­pengaruh untuk memakainya.

Selain itu, Irfendi juga mengingatkan para siswa ber­pakaian putih biru ini untuk tidak mendekati maksiat. Bahkan ia meminta siswa yang kedapatan berpacaran pada jam sekolah, bila perlu dike­luarkan saja dari sekolahnya. Sebab, berpacaran juga dikha­watirkan akan menurunkan prestasi siswa.

“Kita menginginkan anak-anak kita melaksanakan shalat lima waktu dan suka membaca Alquran. Supaya mereka ter­hinda atau tidak mendekati maksiat. Jangankan Narkoba, jika kedapatan berpacaran saja, bila perlu siswa itu dike­luarkan saja dari sekolah,” tegas Irfendi lagi.

Terkait dengan pelak­sa­naan Ujian Nasional (UN), bupati meminta seluruh pe­serta untuk jujur. Ia berharap sekolah-sekolah di daerah ini kembali meraih predikat se­kolah dengan Indeks Integ­ritas penyelenggaraan Ujian Nasional (IIUN) yang tinggi. “Saya bangga 9 SLTP dan SLTA kita meraih peng­har­gaan IIUN dari Menteri Pen­didikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswesdan,” ujarnya.

Ia juga berharap prestasi kejujuran itu terus diting­katkan dalam pelaksanaan UN tahun ini. Anak didik di daerah ini sebenarnya cukup banyak yang berhasil meraih berprestasi yang mem­bang­gakan, baik di tingkat provinsi maupun nasional. Hanya saja kebolehan itu kurang terpub­likasikan. Masih banyak pres­tasi yang berhasil didulang anak-anak Limapuluh Kota ini.

Pada hari yang sama bu­pati juga meninjau pelak­sanaan UN di SMKN 1, Keca­matan Luak yang diikuti oleh 108 siswa dari empat jurusan, hari pertama ujian Bahasa Indonesia. Pantauan bupati, pelaksanaan UN berjalan aman dan lancar.

Sementara itu, Wakil Bu­pati, Ferizal Ridwan me­ninjau pelaksanaan UN di SMAN 1 Lareh Sago Halaban dan Mad­rasah Aliyah Swasta (MAS) Lareh Sago Halaban. Umumnya pelaksanaan ujian tersebut berjalan aman dan lancar.

Ikut hadir dalam ber­bagai acara itu, Kepala Dinas Pendidikan Radimas, S.Pd, Asisten Administrasi Umum Iryanis dan Kabag Humas dan Protokoler Muhamad. (h/zkf)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]