Dharmasraya Kabupaten Pertama Miliki Perda Pilwana


Selasa, 05 April 2016 - 03:17:36 WIB
Dharmasraya Kabupaten Pertama Miliki Perda Pilwana Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Wabup H.Amrizal Dt.Rajo Medan pada pegesahan Ranperda tentang Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Walinagari. (HUMAS)

DHARMASRAYA, HALUAN — Akhirnya melalui Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Dharmasraya, Rancangan Pe­ra­turan Daerah (Ranperda), disyahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam rapat yang dipimpin Ketua DPRD H.Masrul Ma’as,SE di­dam­pingi Wakil Ketua Budi Sanjaya dan Ampera Dt.Labuan. Ra­per­da yang disahkan itu tentang Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Walinagari.

Pengesahan Perda Pilwana (Pemilihan Wali Nagari) itu  langsung disaksikan Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuan­ku Kerajaan dan Wabup H.Amrizal Dt.Rajo Medan.

Menurut Ketua Fraksi De­mokrat Amanat Pem­ba­ngu­nan Suar­di Ayup, Ranperda yang su­dah dijadikan Perda tersebut me­rupakan persem­bahan dari anak anak wali­nagari buat ba­paknya.”Hari ini adalah hari bu­at pak wali­nagari. Kami be­kas walinagari bersama anak anak walinagari mem­per­sem­bah­kan sepe­rang­kat aturan un­tuk para wali­nagari,” kata Ke­tua DPC PPP Kabupatn Dhar­masraya itu, Senin ke­ma­rin.

Memang, banyak anak anak walinagari yang ambil peranan penting dalam melahirkan Perda tentang Pemilihan, Pe­ngang­katan dan Pem­ber­hen­tian Walinagari, seperti Mulya Pratama, Juru Bicara Fraksi Demokrasi Perjuangan, yang notabene anak walinagari Koto Padang.

Begitu pula juru bicara Fraksi Partai Golkar, H.Heri Saputra,SE.MM, juga meru­pakan anak Walinagari Tabiang Tinggi. Demikian juga dengan Juru Bicara Fraksi Restorasi Kebangsaan, Bobi Ade Saputra yang juga merupakan anak Walinagari Koto Ranah. “Ka­lau gitu, pak Ketua DPRD juga anak pak walinagari,” timpal Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tanku Kerajaan. Begitu pula Bupati juga anak Wali­nagari Sungai Rumbai,” jawab Suardi Ayub lagi.

Untuk pengesahan dua Ran­­perda tersebut, luar biasa, pa­da umumnya Walinagari ha­dir di ruang siding, begitu pula Kepala SKPD dan camat juga memnuhi ruang siding. (h/mdi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]