Hari Pertama UN Lancar


Selasa, 05 April 2016 - 03:19:44 WIB
Hari Pertama UN Lancar Wawako, Suwandel Mukhtar bersama Kakan Kemenag, Asra Faber serta Kadisdik Hasan, Basri mendengarkan penjelasan dari Kepsek SMAN 2, Irma Takarina saat UN 2016. (ZUL)

PAYAKUMBUH, HALUAN — Pelaksanaan ujian nasional (UN) hari pertama di Kota Payakumbuh, Senin (4/4) berlangsung tertib, aman dan lancar. Tak ada gangguan, la­poran Kepala Sekolah ke Dinas Pendidikan kota se­tempat, hingga berakhirnya pelaksanàn UN, pu­kul 12.00 WIB, ditenggarai tak ada kendala disemua sekolah penyelenggara UN.

Dinas Pendidikan mem­bentuk 5 tim untuk me­monitor kegiatan UN, meli­batkan Wawako Paya­kum­buh, H. Suwandel Muchtar, Ketua DPRD, YB. Dt. Par­mato Alam, Wakil Ketua DPRD, H. Suparman, Ka­disdik H. Hasan Basri Sy, Kakankemenag, H. Asra Faber dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Wakil Walikota, H. Su­wandel Muchtar bersama Wakil Ketua DPRD, H. Suparman, Kadisdik Hasan Basri, Kakankemenag Asra Faber memonitor di SMAN 2 dan MAN 3 Payakumbuh. Pada kedua sekolah itu, rombongan wawako dapat menyaksikan kese­riu­san siswa tengah menjalani UN dari layar monitor CCTV di ruang Kepsek.

Di SMAN 2 Paya­kum­buh, dilaporkan Kepala Se­ko­lah Dra. Hj. Irma Taka­rina, dari  349 siswanya yang ikut UN, hanya seo­rang yang urung UN, karena baru saja menjalani operasi usus buntu. Yang ber­sang­kutan, dikatakan, akan ikut UN susulan.

Hari per­ta­ma UN, de­ngan mata pe­lajaran Bahasa Indonesia untuk semua jurusan, fisika untuk jurusan IPA dan geog­rafi buat jurusan IPS.

Sementara itu, di MAN 3, juga dilaporkan kepala sekolahnya, Marni, kegiatan UN tak ada hambatan. Selu­ruh siswanya 33 orang yang ikut UN, dengan mata pe­lajaran yang sama dengan SMA. Kecuali untuk jurusan Ilmu Agama Islam, dengan mata pelajaran hadist.

Kadisdik, Hasan, di dam­pingi Kabid SMP/SMA/SMK, H, Agustion, me­ngatakan, total peserta UN di Payakumbuh, 3.533 siswa, terdiri dari 1.570 siswa SMA, 1.554.siswa SMK dan 409 siswa MA Negeri dan Swasta. Monitoring UN tersebut, juga dilaporkan melibatkan 3 orang tim pemantau independen dari Unand Padang.

Terbaik II di Sumatera Barat

Sama dengan tahun-ta­hun sebelumnya, target Di­nas Pendidikan Paya­kum­buh, tingkat kelulusan pe­lajar SMA/SMA/MA di Pa­yakumbuh, tahun ajaran 2015/2016 ini, jauh lebih baik ketimbang tahun lalu. Ukurannya, tidak angka kelulusan, namun jumlah siswa yang diterima di Per­guruan Tinggi Negeri Na­sional.

Tahun ajaran 2014/2015, dari 3.445 yang lulus UN, 1.440 (40%) diterima kuliah di 12 perguruan tinggi ne­geri nasional. Di antaranya, di ITB (15 orang), IPB (26), Unpad (14), Undip (7), UGM (26), UI (14), USU (9), UNRI (5), Unand (271) dan UNP (162). Rinciannya, dari 1.427 yang lulus pada SMA negeri/swasta, dite­rima di Perguruan Tinggi Negeri 916 siswa (64%), MA dari 379 siswa diterima 293 (77%), SMK dari 1.639 siswa diterima 237 (14%). (h/zkf)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]