Persiapan Jelang Pemilu 2019

DPD PSI Padang Bertemu Kader


Selasa, 05 April 2016 - 03:25:21 WIB

PADANG, HALUAN — Menghadapi Pemilu pada 2019 nanti, banyak partai yang bergegas dan melengkapi sejumlah persyaratan agar partai tersebut bisa ikut andil dalam pemilu. Tidak ketinggalan juga bagi partai pendatang baru, salah satunya adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Hal itu juga dilakukan oleh kader PSI di Sumatera Barat, khususnya bagi De­wan Pimpinan Daerah (DPD) PSI di Kota Padang.

“Agenda kami kali ini adalah menyusun strategi agar DPD PSI di Kota Pa­dang bisa memenuhi ve­ri­fikasi dan sejumlah per­syaratan agar bisa kami de­klarasikan pada No­vember nanti. Verifikasi akan mulai dibuka pada 20 Mei 2016,” kata Ketua DPD PSI Kota Padang, Adika Mario dalam pertemuan dengan 11 De­wan Pimpinan Kecamatan (DPC) di G Sports Centre, Senin (4/4).

Alasannya bergabung dengan partai politik karena partai yang ada saat ini se­bagian besar telah memiliki budaya sendiri sehingga sulit bagi tokoh-tokoh muda yang memiliki wawasan luas untuk berkontribusi lebih dalam dunia politik.

“Kultur masing-masing partai menutup peluang orang-orang baru untuk didengar. Hal itu sulit untuk diubah. Di PSI, kami mem­berikan porsi kepada anak muda untuk berkecimpung di dalam politik, seperti yang bisa dilihat, rata-rata usia pengurus partai berusia dari 21 hingga 45 tahun. Hingga saat ini kami sudah memiliki kader sebanyak 50 orang,” paparnya.

­Menurut Adika, PSI me­miliki ideologi pluralis nasionalis yang bertujuan untuk mengakomodasi to­koh-tokoh muda yang ber­kompeten dalam bidang politik pemerintahan.

“PSI akan lebih ramah terhadap perempuan dan didominasi oleh kaum mu­da, karena salah satu target suara kami adalah wanita dan anak muda yang selama ini cen­derung apatis ter­hadap partai politik. Seperti yang kita ketahui, ketua umum partai ini adalah seorang wanita, Grace Na­talie,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPW PSI Sumbar, Ari Pri­ma mengatakan, pihaknya akan mendeklarasikan PSI di Kabupaten Kepulauan Mentawai dalam waktu de­kat, setelah semua urusan di Padang selesai dan sudah dideklarasikan.

“Ini pertemuan kedua yang dilakukan oleh DPD PSI Kota Padang. Pada per­temuan pertama berfokus pada pembentukan struk­tural partai. Pada per­te­muan kali ini kami berfokus pada pembahasan strategi untuk lolos dalam verifikasi, namun dengan cara yang santai dan tidak cenderung formal seperti pada partai kebanyakan,” tuturnya.

Ari menuturkan, PSI di Sumatera Barat tak me­miliki struktur yang gemuk karena ideologi partai me­mang menginginkan de­mikian. Dengan struktur yang ramping, semua kader bekerja dengan optimal un­tuk pemenangan partai, se­tidaknya bisa ber­par­ti­si­pasi pada Pemilu 2019 nanti.

Abel Tasman, tokoh po­litik dan juga wartawan senior Sumbar mengatakan, ke­beradaan PSI bisa men­jadi peluang bagi anak muda untuk terjun langsung dalam dunia politik.

“Sebenarnya anak muda harus ikut berpolitik, na­mun karena dinamika po­litik yang tidak menentu dan selalu diwarnai kisruh serta janji manis politisi, me­n­jadikan partai politik hanya sebagai pemanis bela­ka kala pemilu. Itu yang membuat anak muda malas ber­po­litik. Dengan kader muda yang dimilikinya, saya yakin PSI mampu bersaing de­ngan partai yang sudah besar dan juga pendatang sama halnya dengan partai ini karena mereka me­ngan­dalkan anak muda yang sudah siap tempur dalam segala hal,” sebut mantan anggota DPRD Sumbar dari partai Gerindra periode 2009-2014 ini. (h/mg-adl)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 21 Januari 2018 - 19:17:08 WIB
    Pernyataan Leonardy Harmainy

    DPD RI: Hentikan Eksekusi Lahan Basko!

    DPD RI: Hentikan Eksekusi Lahan Basko! Leonardy Harmainy, Anggota DPD RI yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Sumbar ini mengutip PP No 69/1998 tentang Prasarana dan Sarana Perkeretaapian yang menyebutkan bahwa tanah yang digunakan PT KAI untuk kepentingan jal.
  • Jumat, 05 Agustus 2016 - 13:45:19 WIB
    LAWAN PEMECAH BELAH

    DPD KNPI se Sumbar Tolak Pembetukan KNPI Tandingan

    DPD KNPI se Sumbar Tolak Pembetukan KNPI Tandingan PADANG, HALUAN — Para pengurus DPD KNPI kabupaten/kota Sumbar menyatakan me­nolak munculnya KNPI tan­dingan dan sepakat mengawal kepengurusan periode sekarang hingga 2018 mendatang..
  • Kamis, 24 Maret 2016 - 14:44:57 WIB
    Bantu Korban Banjir

    DPD dan DPC PDIP Dirikan Dapur Umum

    PADANG, HALUAN — Ben­cana banjir yang melanda Kota Padang mendapat respon cepat dari DPD PDI Perjuangan Sumbar dan DPC PDI Per­juang­an Kota Padang..
  • Rabu, 24 Februari 2016 - 02:05:04 WIB

    Kada Baru – DPD/DPR RI Asal Sumbar Mesti Bersinergi

    Kada Baru – DPD/DPR RI Asal Sumbar Mesti Bersinergi PADANG, HALUAN — Ketua DPD RI, H Irman Gusman SE MBA meminta kepala daerah (Gubernur/Walikota/Bupati) yang baru dilantik untuk saling berkoordinasi dan bersinergi de­ngan wakil Sumbar yang ada di Senayan. Mereka diha­rapk.
  • Senin, 21 September 2015 - 19:04:26 WIB

    Ketua DPD RI Launching TdS 2015

    JAKARTA, HALUAN — Ke­tua Dewan Perwakilan Dae­rah (DPD) RI, Irman Gus­man, melaunching Tour de Si.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]