Paripurna LKPJ 2015

Serapan APBD 89 Persen


Selasa, 05 April 2016 - 03:27:50 WIB

PADANG, HALUAN—Laporan Keterangan Per­tanggungjawaban (LKPJ) Walikota Padang disampaikan melalui sidang paripurna DPRD Kota Padang yang berlangsung Senin (4/4).Dari  Rp2,3 triliun total  APBD Kota Padang tahun 2015 lalu, serapan anggaran mencapai 89 per­sen.

Wakil Walikota Padang, Emzalmi yang ditemui usai sidang paripurna menyebut, idealnya serapan anggaran memang mesti 100 persen. Kendati demikian , bukan berarti serapan anggaran di atas 80 persen bukanlah se­suatu yang buruk.

“Target 80 persen saja sebenarnya sudah bagus, ken­dati demikian untuk lebih baiknya kinerja pemerintah Kota Padang ke depan kita akan terus melakukan eva­luasi,” sebut Emzalmi.

Selain menyebut serapan anggaran tidaklah terlalu buruk, untuk 10 program unggulan yang diusung Peme­rintah Kota (Pemko Padang), menurut dia, tahun 2016 se­karang pelaksanaannya sudah jauh lebih baik.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu kata Emzalmi, hingga Januari sampai Feb­ruari tahun 2015  kegiatan masih nol persen.  Sementara tahun 2016 sekarang, di Bulan Februari program sudah ham­pir semuanya berjalan.

“Hingga sekarang proses lelang telah jalan 60 persen, diharapkan Mei pengerjaan fisik sudah bisa dimulai se­hingga November bisa se­lesai,” ucapnya.

Pada penyampaian LKPJ Kota Padang hari itu dalam laporannya Emzalmi juga memaparkan, dari total Rp2 triliun lebih target PAD yang ditetapkan, capaian dari Pem­ko Padang adalah sekitar Rp94 persen.

Sementara untuk belanja daerah, tahun 2015 lalu angka yang ditargetkan oleh Pemko Padang adalah sekitar  Rp2 triliun lebih. Realisasi sendiri mencapai sekitar 80,90 per­sen.

Anggota DPRD Padang dari Fraksi gabungan PDIP, PKB, Iswandi menyebut de­ngan disampaikannya LKPJ kepala daerah oleh Wakil Walikota Padang, pemba­hasan juga akan segera dilaku­kan DPRD Kota Padang.

“Pembahasan telah untuk LKPJ ini telah kita akan mulai Rabu mendatang (5/4). Diu­payakan akhir bulan ini reko­mendasi telah bisa di­sam­paikan,” ucap Iswandi.

Selain akan ada reko­men­dasi berkaitan dengan prog­ram Pemko Padang yang akan disampaikan DPRD,  Iswandi berharap di era pasar bebas (MEA,red) yang telah mulai diberlakukan sekarang, Pem­ko Padang bisa lebih siap untuk menghadapinya.  (h/len)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 18 September 2015 - 20:06:59 WIB

    Pemprov Keluhkan Serapan Anggaran

    KEMISKINAN DI SUMBAR BERTAMBAH

    PADANG, HALUAN — Ren­­dah­nya serapan ang­garan yang berakibat sejum­lah kegiatan pemerintah tidak berjalan, berdampak kepada meningkatnya ang.

  • Rabu, 09 September 2015 - 18:50:28 WIB

    Mutasi Asal-asalan Ganggu Serapan Anggaran

    PADANG, HALUAN — Penjabat Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek melarang Kepala Daerah (Bupati dan Walikota)  mela­kukan rotasi dan mutasi pejabat asal-asalan yang ada di daerah. Ka­rena dengan mutasi dan rotasi yang asa.

  • Ahad, 30 Agustus 2015 - 19:08:41 WIB

    Momen LPJK Dorong Serapan APBN/APBD

    MENTERI PU SELAMATKAN LPJK

    PADANG, HALUAN — Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) yang selama ini terpecah, kini telah bersatu sejak terbitnya SK Menteri Pekerjaan Umum dan.

  • Rabu, 19 Agustus 2015 - 20:11:08 WIB

    Hambat Serapan APBD Sumbar 2015

    EVALUASI KEMENDAGRI DAN PEMBEBASAN LAHAN

    PADANG, HALUAN – Selain pengaruh koreksian Kemendgari terhadap APBD, pembebasan lahan juga masih menjadi peng­halang maksimalnya serapan.

  • Senin, 17 Agustus 2015 - 19:07:42 WIB

    Pj Gubernur Fokus Serapan Anggaran

    PADANG, HALUAN — Se­la­in harus menyukseskan pe­lak­­sanaan Pemilihan Ke­pala Da­erah (Pilkada) se­ren­tak pada 9 Desember men­datang, Penjabat (Pj) Gu­ber­nur Sum­bar, Re­donny­­zar Moen.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]