Disebar di 11 Titik

CCTV Dipasang di Pantai Padang


Selasa, 05 April 2016 - 03:28:31 WIB

PADANG, HALUAN — Guna me­ning­katkan pelayanan dan keamanan pengunjung, Pemko Padang akan memasang CCTV di Pantai Padang. “CCTV berjumlah 11 titik dan akhir April akan tuntas pemasangannya.,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi di kantornya Kawasan Muaro, Senin (4/4).

Sementara itu mengenai semakin maraknya ‘pemalakan’  di objek wisata membuat Disbudpar kehabisan ide untuk menanganinya.

“Karena, objek wisata di tanah masyarakat atau di tanah ulayatnya tidak bisa sepenuhnya kita kuasai atau kita kelola,”paparnya.

Ditambahkannya lagi, maraknya praktek ketidakprofesionalan pengelolaan di objek wisata disebabkan oleh sebagai faktor.

Selain itu pemerintah juga tidak memiliki landasan kuat untuk mengelola objek wisata tersebut secara total, sehingga berakibat pela­yanan di objek wisata tidak memuaskan.

Seperti yang dialami oleh salah seorang wartawan TV di Pantai Aia Manis yang mem­bayar karcis masuk beberapa kali di satu objek wisata.  Ia menambahkan, sebelum memutuskan untuk ikut lelang jabatan menjadi Kepala Disbudpar, ia sangat memahami berbagai persoalan di objek wisata.

Untuk menangani dan membenahi objek wisata di Pantai Air Manis pihaknya telah memposisikan empat aparat keamanan dari Polsek Padang Selatan, Danramil dan Satpol PP.

DPRD: Disbudpar Harus Lakukan Pendekatan 

Sekretaris Komisi IV DPRD Padang (Bidang Kesejahteraan, red),  Iswandi  meminta, dalam mengelola pariwisata di Kota Padang dinas terkait agar bekerjasama dengan semua pihak.

Dalam hal ini semua pemangku kepentingan juga diimbau agar bisa membantu menciptakan wisata Kota Padang  yang ramah wisatawan.

Menurut Iswandi, sejauh ini ia melihat Dinas Pariwasata Kota Padang telah bekerja dengan cukup baik. Hanya saja, jika berjalan sendiri instansi  tersebut dinilai akan kesulitan melak­sanakan peran mereka. 

“Karenanya semua pihak kita himbau bekerjasama, untuk menciptakan pariwisata yang nyaman untuk pengunjung,” tutur Iswandi saat dihubungi Haluan (4/4).

Sementara, berkaitan dengan masih adanya tempat wisata yang di kelola oleh masyarakat dikarenakan berada di tanah ulayat, menurut dia harus ada pendekatan tersendiri yang dilakukan oleh dinas terkait. 

Dengan demikian insiden yang acap dike­luhkan, seperti adanya persoalan pemalakan juga bisa dihindari. Hal tadi juga disampaikan Iswandi guna menanggapi pengakuan dari seorang pengunjung Pantai Air Manis yang mengaku dimintai parkir hingga Rp25 ribu.

“Didukung atau tidaknya suatu kegiatan tergantung dari pendekatan yang dilakukan. Untuk pantai Air Manis, itu tanahnya tanah ulayat.

Jika menginginkan masyarakat untuk bisa bekerjasama harus ada pendekatan tersendiri yang dilakukan dinas pariwisata,” pungkas  Iswandi. (h/len/ows)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 02 Februari 2018 - 15:45:11 WIB

    Fasilitas Pantai Padang Ditingkatkan, Dilengkapi CCTV dan Mikrofon

    Fasilitas Pantai Padang Ditingkatkan, Dilengkapi CCTV dan Mikrofon PADANG, HARIANHALUAN.COM - Selain dilengkapi CCTV dari berbagai sudut, Pantai Padang tahun ini akan dilengkapi mikrofon untuk memberikan imbauan dan teguran kepada pedagang dan pengunjung. Rencana tersebut dirancang supaya su.
  • Senin, 18 September 2017 - 17:11:05 WIB

    Pantau Lalin di Padang, 21 CCTV Akan Dipasang

    Pantau Lalin di Padang, 21 CCTV Akan Dipasang PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Perhubungan akan memasang 21 kamera pemantau atau Closed Circuit Television (CCTV). Direncanakan pemasangan dilakukan setelah perubahan anggaran pendapatan belan.
  • Jumat, 15 September 2017 - 10:41:40 WIB

    Tilang CCTV Belum Berlaku di Padang

    Tilang CCTV Belum Berlaku di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM - Adanya pesan berantai yang tersebar di beberapa media sosial tentang diberlakukannya tilang CCTV oleh aparat kepolisian di Kota Padang, dibantah oleh Kasat Lantas Polresta Padang, Kompol Asril Prase.
  • Senin, 07 November 2016 - 01:00:49 WIB
    PANTAU KEDATANGAN POLISI

    Pengedar Narkoba Pasang CCTV

    PADANG, HALUAN — Pe­nge­dar narkoba di Kota Padang sudah semakin canggih. Mereka memasang kamera pengintai CCTV di rumahnya untuk me­mantau siapapun yang datang kerumahnya, termasuk keda­tangan polisi yang sewaktu-waktu.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]