Pasca Penertiban Pasar

Pedagang Minta Pemko Adil


Selasa, 05 April 2016 - 03:32:40 WIB

PADANG, HALUAN — Peda­gang Kaki Lima (PKL) di Pasar Simpang Kandang Padang ke­luhkan tentang kerugian yang mereka alami pascapenertiban di kawasan tersebut. Menurut beberapa pedagang, penertiban tersebut tidak membersihkan pasar secara utuh, namun malah membebani pedagang.

Yeni (36) alah seorang pedagang yang sebelumnya menempati kawasan Pasar Simpang Kandang me­nga­ta­kan, dalam kurun waktu satu min­ggu setelah dilakukannya penertiban di tempat itu peng­hasilannya mengalami ke­me­rosotan yang sangat drastis. Kerugian yang dialami berkisar Rp3 juta.

“Di pasar Inpres II lantai II yang kami tempati sekarang tidak ramai dikunjungi kon­sumen, ini disebabkan masih ada­nya PKL yang masih ber­jualan di bawah dengan barang dagangan yang sama,” ujarnya pada Haluan, Senin (4/4).

Ditimpali pedagang lain­nya, “ Indak adoh urang yang balanjo ka ateh lai, dek di bawah yang di carinyo ado, rancaklah urang balanjo ma yang ka murah dijangkaunyo,” lanjutnya.

Hal ini senada dengan yang di ucapkan Eti (40) juga pe­dagang di sana, “Kami ber­harap jika Pemko ingin me­nert­ibkan pasar ini, harusnya semua pedagang yang ada di jalan simpang kandang sampai di depan Padang Theater juga dikosongkan, agar kami me­rasakan keadilan. Jika tidak kami akan selalu merasakan kerugian dalam berdagang,” pungkas Eti kepada Haluan.

Sementara itu, Kepala Di­nas Pasar Padang Endrizal mengatakan pemindahan ter­sebut harus melalui proses. Tidak bisa serta merta di­pin­dahkan begitu saja. Saat ini, pe­dagang Inpres II dipindahkan, dan Inpres III sedang dalam pembicaraan kelanjutan pem­bangunannya.

“Karena gedung Inpres II sudah selesai, memang pe­dagang di Inpres II harus se­gera pindah dan tidak boleh kembali ke tempat sebelumnya. Sedangkan kenapa pedagang di Inpres III belum pindah karena bangunnya belum ada. Jadi masih menggunakan kios pe­nampungang,” ujarnya.

Endrizal juga berharap supaya pedagang bisa me­ma­hami kondisi Rasarraya saat ini. “Da­lam memahami kon­disi, diha­rapkan juga supaya me­matuhi aturan. Memang pro­ses­nya pasti mengalami kerugian, na­mun akan kembali berjalan nor­mal,” paparnya. (h/win/mg-ina)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]