Lembaran Berbentuk Kunci Jawaban Beredar

Perketat Pengawasan UN


Selasa, 05 April 2016 - 03:40:28 WIB
Perketat Pengawasan UN ADEL, Asisten Ombudsman memperlihatkan kunci jawaban Ujian Nasional (UN) di Kantor Ombudsman Sumbar, Padang, Senin (4/4). Kunci jawaban tersebut ditemukan di tiga lokasi SMA di Padang. (RIVO SEPTI ANDRIES)

Meski pelaksanaan Ujian Nasional SLTA hari pertama di Sumbar berjalan lancar, namun selanjutnya pengawasan perlu diperketat.

PADANG, HALUAN —Lem­­baga Negara Pengawas Pelayanan Publik, Om­buds­man RI Perwakilan Su­matera Barat minta penye­lenggara Ujian Nasional 2016 meningkatkan kewas­padaan pengawasan pelaksa­naan UN tingkat SLTA yang sedang ber­langsung. Pasal­nya Ombudsman me­nang­­kap adanya in­dikasi inte­gritas UN bakal tercederai.

“Lembaran-lembaran berbentuk kunci jawaban masih beredar, tapi ditemu­kan di luar per­ka­ra­ngan sekolah,” kata Adel  Wahi­di Asisten Ombudsman RI di Padang, Senin (4/4) ke­marin.

Tim Ombudsman su­dah bergerak memantau UN sejak siswa mulai keluar rumah menuju sekolah ma­sing-masing. Tim melihat ada pergerakan yang aneh dari para siswa.  

Keluar dari rumah pagi sekali tapi tidak lansung ke sekolah, melainkan ber­kumpul dulu di beberapa titik. Ada juga yang sudah sampai di sekolah pukul 06.00, padahal ujian di­mulai pukul 07.30. Ada juga ujian telah dimulai sekitar 15 menit, tapi siswa masih ada bermain/duduk di sekitar per­karangan sekolah.

Ombudsman menduga ada pihak yang tak bertanggung jawab yang bekerja secara tahunan yang ingin merusak, mengganggu dan mengambil keuntungan dalam pelaksanaan UN.   

 Setiap tahun polanya sama, kunci jawaban beredar di luar perkarangan sekolah, di antara­nya berhasil dibawa masuk ke dalam perkarangan sekolah.

Karenanya, pihaknya memin­ta pengawasan UN diperketat, siswa sudah harus diperiksa sejak pertama kali masuk gerbang sekolah dan sesaat sebelum ma­suk lokal. Jangan segan-segan memeriksa saku, celana, kaus kaki dan kantong kartu ujian, Kepala Sekolah harus memasti­kan lembaran-lembaran itu tidak masuk ke perkarangan sekolah.

Untuk menjaga UN yang kondusif, Ombudsman tidak akan menyebutkan sekolah mana saja yang telah dipantau. Om­budsmam berjanji akan me­nyam­paikan hasil temuan secara kese­luruhan setelah UN selesai dan menyampaikan hasil pantauan UN ke Ombuds­man RI di Ja­karta.

Masyarakat diminta untuk bisa berpatisipasi dalam penga­wasan UN kali ini, melalui Posko Pengaduan UN 2016 masyarakat bisa lansung melapor ke Kantor Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat di Jalan Dr. Abdullah Ahmad No. 7 Padang

Laporan juga bisa di sam­paikan melalui sms ke nomor HP 08976449566/08126644221 de­ngan format Nama* No.Ktp* Provinsi*Kab/Kota*Isi Laporan*

Ujian di Rumah Sakit

Dua siswa SMA melaksana­kan Ujian Nasional di Rumah Sakit M Djamil Padang, dan di Polsek Nanggalo. Namun secara keseluruhan, pelaksanaan UN di Kota Padang berjalan aman, lan­car dan tanpa gangguan apapun.

Plt Sekretaris Dinas Pen­didikan Kota Padang Barlius mengatakan, pelaksanaan UN terpisah dua siswa tersebut, karena satu peserta UN sedang dirawat di rumah sakit, sedang­kan satu lagi tersangkut hukum karena dugaan kasus pencurian sepeda motor. Meskipun dua  siswa ini tidak bisa melak­sana­kan UN di sekolah dengan te­man-temannya, namun siswa masih bisa tetap melaksanakan UN dengan didatangkan soal dan pengawas.

“Secara keseluruhan untuk Padang, UN berjalan lancar dan tidak ada gangguan dalam pelak­sanaannya. Baik untuk gangguan soal, bocoran jawaban, dan gang­guan teknis lainnya yang meng­gangu proses UN termasuk juga SMKN 2 yang melaksanakan UNBK,” ujarnya, Senin (4/4).

Ia juga mengatakan, untuk pelaksanaan UNBK hari per­tama berjalan lancar dan tidak ada pemadaman listrik. Namun de­mikian, ia juga meminta pada pihak PLN untuk empat hari ke depan tetap tidak ada pemada­man listrik karena bukan hanya kebutuhan untuk UNBK saja melainkan juga untuk menjaga kenyamanan siswa selama ujian karena masih banyak sekolah yang tidak ada jendela dan meng­gunakan kipas angin untuk menjaga suhu ruangan.

“Jadi bukan hanya untuk kebutuhan sekolah UNBK saja, tapi juga untuk kenyamanan sekolah lain yan tidak punya jendela seperti SMK Nusatama. Selain itu, pada Rabu (6/4) nanti juga ada ujian Bahasa Inggris Listening jadi kan juga butuh listrik,” jelasnya.

Dari pantauan Haluan di SMAN 1 Padang UN hari perta­ma berjalan lancar, tidak ada siswa yang terlambat, termasuk juga pengawas datang tepat pada jam yang sudah ditentukan. Un­tuk kebutuhan soal juga tercu­kupi sesuai dengan jumlah siswa, situasi UN berjalan kondusif tanpa ada gangguan yang berarti.

Kepala SMAN 1 Drs. Nukman, M.Si mengatakan, pelak­sanaan UN hari pertama berjalan lancar dan sesuai  de­ngan yang diharapkan. Para siswa bekerja dengan tertib, dan tidak ada temuan, atau laporan dari pengawas terkait kecurangan yang dilakukan oleh siswa. Na­mun untuk pelaksanaan UN kali ini, ada satu bangku peserta UN yang kosong karena satu orang peserta UN meninggal dunia.

“Mudah-mudahan UN berja­lan lancar hingga hari keempat. Kita juga berharap pada para siswa, agar tetap fokus dan men­jaga emosi agar tidak panik untuk menyelesaikan soal dengan baik,” ujarnya.

Untuk UN berbasis kom­puter di SMK Negeri 2 Padang, Gubernur Sumbar Irwan Pra­yitno menjelaskan, dipastikan tidak ada kendala baik terhadap alat yang digunakan maupun siswa yang mengikuti UN. Seba­gai antisipasi gangguan listrik, telah disediakan generator set dari PLN.

Sementara itu, Walikota Pa­dang Mahyeldi Ansharullah yang juga ikut memantau pelaksanaan UN mengatakan, pelaksanaan UN berbasis komputer di SMK Negeri 2 Padang diikuti 403 siswa, sedangkan perangkat kom­puter yang dimiliki berjumlah 150 komputer. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, UN di­bagi menjadi 3 kali giliran. Meski harus bergiliran, namun Mah­yeldi yakin tidak akan mungkin terjadi soal bocor.

“Dibagi 5 kelas, setiap kelas disediakan 30 komputer. Lalu 3 kali pelaksanaannya dalam satu hari. Soal setiap siswa berbeda, bagaimana cara mencontek antar siswa. Apalagi diawasi camera setiap ruangan,” tegasnya.

Tampak mengikuti rombo­ngan Gubernur Sumbar dan Walikota Padang, Ketua Panitia UN Sumbar Nasmeri.  UN SMA sederajat di Suma­tera Barat diikuti 73.894 orang siswa ditam­bah dengan 8.299 peserta paket C. Untuk UN berbasis komputer dilaksanakan di 35 SMK, dan 6 SMA.  (h/rin/ows/met)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 02 April 2020 - 21:13:22 WIB

    Komisi III DPRD Minta Dishub Padang Perketat Pengawasan di Akses Masuk

    Komisi III DPRD Minta Dishub Padang Perketat Pengawasan di Akses Masuk PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang meminta Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang melakukan pengawasan secara ketat pada pembatasan secara selektif bagi pendatang yang masuk ke Kota .
  • Ahad, 05 Mei 2019 - 15:48:31 WIB

    DPRD Padang Desak Pemko Perketat Pengawasan Warnet

    DPRD Padang Desak Pemko Perketat Pengawasan  Warnet PADANG, HARIANHALUAN.COM - DPRD Kota Padang mendesak Pemko Padang, selama bulan suci Ramadan memperketat operasional warnet..
  • Senin, 01 Agustus 2016 - 04:17:19 WIB

    Uji Kelayakan Kendaraan Diperketat, PKB Ikut Bertanggung Jawab

    PADANG, HALUAN — Sejak beberapa tahun terakhir, kasus kecelakaan cukup banyak terjadi pada moda angkutan penumpang di Sumatera Barat. Untuk itu, Dinas Perhubungan dan Kominfo Sumbar akan menerapkan kebijakan uji kelayakan y.
  • Selasa, 31 Mei 2016 - 04:10:00 WIB

    Perketat Pengawasan Jajanan Sekolah

    PADANG, HALUAN—Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang meminta, sekolah untuk lebih ketat mengawasi jajanan siswa. Musibah keracunan makanan siswa SDN 09 Surau Gadang Siteba harus dijadikan pelajaran .
  • Senin, 30 Mei 2016 - 16:29:29 WIB

    Sekolah Diminta Agar Perketat Pengawasan Jajanan Sekolah

    Sekolah Diminta Agar Perketat Pengawasan Jajanan Sekolah PADANG, HALUAN--- Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang meminta, sekolah untuk lebih ketat mengawasi jajanan siswa. Musibah keracunan makanan siswa SDN 09 Surau Gadang Siteba, harus dijadikan pelaja.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]