Usia Tak Halangi Muzni Taklukkan Gunung Kerinci


Rabu, 06 April 2016 - 03:04:20 WIB
Usia Tak Halangi Muzni Taklukkan Gunung Kerinci

Tak mau ketinggalan deng­an anak muda, Bupati Solok Selatan (Solsel) Muzni Za­karia mencoba kemampuan dirinya dalam mengarungi Gunung Kerinci me­lalui jalur pendakian yang telah dirintis pecinta alam So­l­sel. Kendati da­lam usia yang bisa terbilang tidak muda la­gi atau usia be­r­kepala enam semangat Mu­­z­ni tak se­tua usianya.

“Berhubung ada ren­cana dari mantan Di­rektur PLN beserta rombongan untuk melakukan pen­daki­an Gu­nung tertinggi di Asia Teng­gara ini melalui jalur Solsel pada Agustus men­datang, saya juga tertarik untuk mendampingi beliau dan rombongan, minimal hingga lembah kura-kura di ke­ting­gian 2.000 md­pl, ”katanya.

Berhubung agenda je­lang pendakian tersebut masih lama, ia pun mem­persiapkan stamina serta segala yang dibutuhkan, maka Pemerintah Solsel akan melakukan persiapan untuk itu.

“Sudah memasuki usia 62 tahun ini minimal saya sanggup hingga ketinggian 2.000 mdpl. Saya ingin me­nik­mati uniknya lembah kura-kura,”terangnya.

Ia juga berharap pihak pengelola perkebunan teh PT Mitra Kerinci untuk bersedia membuka diri da­lam rangka pengembangan sektor pariwisata Solsel.

“Apalagi ada destinasi Air Terjun Tangsi Ampek yang memukau dan as­ri, ”katanya. Untuk bisa sam­pai di air terjun tangsi ampek juga melalui wilayah per­ke­bunan yang dikelola pihak perusahaan Mitra Kerinci.

“Saat ini akses jalan me­nuju lokasi air terjun ter­sebut masih berupa jalan bebatuan.

Kita ingin akses jalan tersebut dilakukan pe­le­baran serta di aspal hotmix sehingga pen­gun­jung nya­man serta mudah mencapai lokasi,”tuturnya.

Pengamat Pariwisata Sumbar, Nofrins Napilus menyebutkan keterkarikan mantan Dirut PLN, Nur Pamudji untuk melakukan pendakian dari Solsel ber­mula ketika tinjauan ke perusahaan sumber panas bumi Supreme Energy.

“Beliau (Nur Pa­mud­ji.red) nanya ke saya terkait persiapan untuk melakukan pendakian Gunung Kerinci dan sejauh apa persiapan pihak pengelola saat kun­jungan tahun lalu ke Muara Labuh,”katanya.

Setelah para pencinta alam Solsel sukses mela­kukan pembukaan jalur. Ma­ka saya kembali hubungi beliau terkait rencana yang beliau tanyakan tersebut. Dan akhirnya beliau dan rom­bongan setuju pada Agu­s­tus untuk melakukan pendakian.

Ia menyampaikan apre­siasi terhadap pemerintah Solsel.

“Apalagi Bupati ber­se­dia mendampingi nanti­nya. Salut. Dengan usia yang tidak muda beliau masih sanggup melakukan pen­dakian. Bupati tampilan eksekutif tapi badan kam­pung (fisik kuat),” ke­lakarnya. (h/jef)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]