Cegah Buka Lahan dengan Membakar

Sembilan Desa Dapat Hand Tractor


Rabu, 06 April 2016 - 03:05:18 WIB

PANGKALAN KERINCI, HALUAN — PT RAPP mengha­diahkan hand tracktor kepada sembilan desa yang yang ter­gabung dalam program Desa Bebas Api, Senin (4/4), di Balai Pelatihan dan Pengembangan Usaha Terpadu, Town Site 2 Pang­kalan Kerinci.

Salah satu desa yang mendapat hadiah hand tractor yakni Desa Teluk Binjai Kecamatan Teluk Meranti. Hadiah diterima kades Musri Efendi. Dikatakannya, warganyabersyukur mendapatkan bantuan satu unit hand tractor. Sebab, selama ini warga di sana masih membuka lahan dengan tenaganya sendiri sehingga me­makan waktu yang cukup lama.

“Kami sangat senang dengan pemberian hand tractor dari RA­PP. Karena mengurangi kesulitan kami dalam membuka lahan. Saya yakin warga desa kami sangat senang,” tuturnya.

Salah seorang crew leader atau warga desa yang menjembatani komunikasi masyarakat dengan pemerintah dan perusahaan dari Desa Kuala Tolam, Helmi yang akrab disapa Yung Romi mengaku mesin tractor beroda dua tersebut sangat bermanfaat bagi desanya. Sebab, dapat digunakan untuk masyarakat desa yang sehari-hari bermata pencaharian sebagai petani karet dan sawit.

“Traktor ini sangat didam­bakan oleh masyarakat di desa saya, Desa Kuala Tolam. Dulunya kami hanya memakai tenaga sen­diri untuk mengolah tanah dan butuh waktu yang lama. Dengan hand tractor ini, kami dapat mem­persingkat waktu bekerja,” tutur Helmi yang ditemui saat pe­nye­rahan Hand tractor.

Helmi yang memiliki lahan seluas 22 hektare  mengaku telah mendapatkan pelatihan peng­gunaan hand tractor pada bulan lalu. Dengan pelatihan itu ia telah mengerti bagaimana meng­opera­sikan mesin tersebut untuk lahan di desanya.

“Tentu bukan hanya untuk saya saja, tetapi juga untuk masyarakat desa yang pasti ingin meman­faatkan alat tersebut agar kami bertani dengan mudah. Apalagi alat ini tidak untuk disewakan, kami akan pelihara bersama-sama,” tutur Helmi dengan an­tusias.

Dalam sambutannya, Bupati Pelalawan HM Harris mengatakan pemberian hand tractor tersebut merupakan bukti kepedulian peru­sahaan demi mencegah terjadinya kebakaran lahan. Hand tractor tersebut juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di desa tersebut.

“Dengan adanya hand tractor ini, mereka hanya butuh waktu yang singkat sampai memanen hasil kebun mereka. Sehingga perekonomian mereka dapat me­ning­kat. Kami senang tahun ini Desa Bebas Api meningkat men­jadi 18 desa. Semoga program Desa Bebas Api RAPP ini dapat dicontoh perusahaan lainnya,” jelasnya.

Free Fire Village Program Reward Manager, Sailal Arimi, mengatakan penyerahan hand tractor ini bertujuan agar masya­rakat dapat mandiri dan mudah dalam membuka lahan. Selama ini, lanjut Sailal, masyarakat sulit membuka lahan karena tidak ada biaya dan hanya mengandalkan tenaga sendiri.

“Tahun lalu kami punya sem­bilan desa untuk program Desa Bebas Api ini. Tahun 2016 ini kami akan menambah sembilan desa lagi dan juga akan diberikan hand tractor. Harapan kami hand trac­tor ini dapat digunakan masya­rakat dengan baik dan mengubah pola membuka lahan tanpa dibakar,” jelasnya. (h/pen)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]