Rencana Pemekaran Rokan Hilir Makin Mencuat


Rabu, 06 April 2016 - 03:05:35 WIB

BAGAN SIAPI-API, HALUAN — Rencana pemekaran Kabupaten Rokan Hilir makin mencuat, dua kabupaten baru yang diren­canakan pemekaran, yakni Kabupaten Kubu dan Kabupaten Rokan Tengah. Ini akan mengacu pada tiga wilayah yang pernah tersohor.

Anggota DPRD Rokan Hilir Afrizal, menilai dengan pemekaran tidak ada daerah yang dirugikan Kekhwatiran nantinya kabupaten induk kehilangan anggaran secara signifikan, menurutnya hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan. “Karena justeru beban kinerja di kabupaten induk menjadi berkurang seiring dengan berkurangnya luas wilayah, dan cakupan administrasi,” ujarnya.

“Saya malahan yakin di kabupaten induk anggarannya besar, mencapai Rp1,5 triliun, sedangkan di kabupaten pemekaran ditaksir hanya berkisar pada Rp500 hingga Rp600 miliar saja,” ujarnya.

Dalam artian kabupaten induk memiliki fasilitas yang siap, sehingga tidak perlu membangun lebih banyak lagi. Sementara itu, di kabupaten yang akan dimekarkan nantinya dapat lebih menata pem­ba­ngu­nan. Bahkan di kabupaten yang baru dibentuk dituntut harus bekerja lebih ekstra lagi untuk menyiapkan berbagai infrastruktur dan struktur yang ada.

Penilaian positif lainnya, akan memicu tiap kabupaten untuk bersinergi, memacu daya kreatif dan inovasi untuk mengisi pembangunan sebaik mungkin.(h/hr)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]