Pramuwisata Harus Komunikatif


Rabu, 06 April 2016 - 03:10:24 WIB
Pramuwisata Harus Komunikatif Wakil Walikota Genius Umar menyalami peserta Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pramuwisata.

PARIAMAN, HALUAN — Pramuwisata Kota Pariaman harus komunikatif, aktraktif dan konstruktif, sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk datang ke daerah ini.

“Bagaimana bisa seo­rang pramuwisata misalnya tak mengetahui tempat-tempat wisata yang ada akan menarik orang berkunjuung berwisata. Karena sebab itu dia harus belajar untuk hal tersebut,” kata Wakil Walikota Pariaman Genius Umar pada Pelatihan Pe­ngem­bangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pramu­wisata Kota Pariaman di salah satu hotel di kota tersebut (Rabu (30/3).

Kemampuan Pra­mu­wi­sata sangat dibutuhkan un­tuk menarik wisatawan ber­kunjung dan menikmati des­tinasi wisata yang ada.

Pramuwisata modal bagi pariwisata Kota Pariaman, baik penyampaian dan me­mahami wisatawan yang dibawanya, maka akan baik pula penilaian wisatawan terhadap kota ini.

Dengan pelatihan yang digelar diharapkan SDM Pramuwisata yang ada di Kota Pariaman dapat lebih baik dapat menjadi Des­tinasi tujuan wisata tidak hanya domestic tetapi juga mancanegara

Genius Umar men­je­las­­kan, semua infras­truktur yang dibangun selama ini, untuk menunjang kepari­wisataan di Kota Pariaman.

Sebut saja pembangunan yang mulai dari dermaga, fasilitas penunjang lainnya di Pulau Angso Duo, pem­bangunan taman-taman di sekitar pantai, sampai ke­giatan pembangunan yang akan dilaksanakan dalam tahun 2016 ini.

Tahun 2017, pemerintah akan membuka dan me­ngem­bangkan Pulau Tangah sebagai tempat wisata  baru dilengkapi dermaga dan fasilitas penunjang lainnya, dengan tidak mengubah hutan yang ada di pulau tersebut.

“Kita harus hati-hati dalam pengelolaan dan pe­ngem­bangan pulau, karena apabila salah pengelolaan maka pulau kita akan rusak, dan kerusakan pulau tidak akan bisa diperbaiki lagi,” jelas Genius.

Dia berharap para pela­ku pramuwisata dapat ber­cerita tentang tempat-tem­pat yang ada di Kota Pa­riaman, mulai dari sejarah panjang dari Pariaman, ke­tika di masa perebutan Pa­riaman dari bangsa-bangsa di eropa, sampai Pariaman  sebagai pangkalan Ang­katan Laut Pertama di Su­matera di masa pergerakan kemerdekaan.

Begitu juga tentang bu­daya yang ada di lingkungan kita yaitu budaya tabuik yang sudah mendunia, sam­pai lingkungan dan ekosis­tem alam yang kita miliki.

Semua hal tersebut hen­daknya dapat dibuatkan ceritannya, sehingga akan menambah daya tarik bagi pelancong yang berkunjung dan akan berkunjung. Kare­na ada kisah yang mereka dapat dari kunjungannya ke Kota Pariaman  akan me­nimbulkan kesan positif bagi mereka untuk kembali da­tang ke Kota Tabuik.

Sementara Kadis Bud­par Kota Pariaman Efendi Jamal,  mengatakan pe­ngem­bangan SDM bagi Pra­muwisata Kota Pariaman ini dilaksanakan selama  2 (dua) hari dari tanggal 30-31 Maret 2016.

Kegiatan diikuti 25 orang pramuwisata Kota Pariaman, pelatihan ber­materi teori dan praktek dari segi Knowledge Langu­age dan Tourism Tour

“Dengan pelatihan pe­ngem­bangan SDM bagi pra­muwisata Kota Pariaman diharapkan pramuwisata mampu menjadi yang ter­depan sebagai Tour Guide Kota Pariaman, sehingga pariwisata Kota Pariaman dapat go internasional,” ha­rap Efgendi Jamal.(h/tri)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]