Kemenag Diminta Klarifikasi Penundaan Umrah


Rabu, 06 April 2016 - 03:11:48 WIB

JAKARTA, HALUAN — Ketua Komisi VIII DPR Saleh Partaonan Daulay meminta Kementerian Agama untuk melakukan klarifikasi kepada Kedutaan Besar Arab Saudi terkait masalah teknis pembuatan visa yang menyebabkan penundaan keberangkatan jamaah umrah.

“Selanjutnya, Kemen­te­rian Agama bersama biro perjalanan haji dan umrah menjelaskan kondisi tersebut kepada para jamaah. Yang diperlukan jamaah adalah kepastian, meskipun dapat dipahami ada kekecewaan,” kata Saleh melalui pesan singkat di Jakarta, Selasa (5/4).

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu menga­takan penyelenggaraan um­roh di Indonesia dilaksanakan penuh oleh pihak swasta, yaitu biro-biro perjalanan haji dan umrah.

Pemerintah, melalui Ke­men­terian Agama, bertugas untuk memberikan pem­bina­an, pengawasan dan pener­tiban serta penindakan bila ada pelanggaran.

“Di sini peran pemerintah sebagai pengawas diperlukan. Kalau pemerintah yang men­jelaskan, saya kira akan lebih menenangkan para jamaah,” tuturnya.

Saleh mengatakan, menu­rut informasi yang dia pero­leh, Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta kehabisan stiker untuk pembuatan visa sehingga menghambat proses pengajuan visa.

“Kalau itu betul, berarti itu hanya persoalan teknis saja yang tentu bukan ranah peme­rintah kita. Biro-biro perja­lanan umrah juga tidak bisa berbuat banyak karena itu adalah urusan dapur Kedu­taan Besar Arab Saudi,” kata­nya.

Saleh berharap persoalan teknis tersebut sudah bisa diselesaikan oleh Kedutaan Besar Arab Saudi dalam wak­tu yang tidak lama. (h/inl)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 02 Juli 2020 - 18:34:30 WIB

    Kemenag Gelar Sidang Isbat 21 Juli untuk Tetapkan Idul Adha 2020

    Kemenag Gelar Sidang Isbat 21 Juli untuk Tetapkan Idul Adha 2020 HARIANHALUAN.COM - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penentuan awal Zulhijjah pada 21 Juli 2020 mendatang. Melalui sidang isbat inilah akan ditetapkan tepatnya kapan hari raya Idul Adha 2020 atau 1441 Hi.
  • Ahad, 14 Juni 2020 - 07:12:37 WIB

    Kemenag Anjurkan Toa Masjid Dipakai untuk Sebar Informasi Cegah Covid-19

    Kemenag Anjurkan Toa Masjid Dipakai untuk Sebar Informasi Cegah Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Dewan Muslim Inggris (Muslim Council of Britain/MCB) menyarankan masjid-masjid tidak terburu-buru dibuka kembali untuk menyelenggarakan sholat berjamaah. Sebelumnya memang ada informasi Pemerintah Inggris .
  • Kamis, 11 Juni 2020 - 15:33:19 WIB

    Kemenag akan Evaluasi Salat Jumat pada Masa Pandemi Covid-19

    Kemenag akan Evaluasi Salat Jumat pada Masa Pandemi Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin mengatakan akan mengevaluasi pelaksanaan sholat Jumat pada masa pandemi Covid-19. Sholat Jumat besok(12/6) akan menjadi pelak.
  • Sabtu, 06 Juni 2020 - 07:20:41 WIB

    Kemenag: Tuduhan Uang Haji Perkuat Rupiah Adalah Fitnah Keji

    Kemenag: Tuduhan Uang Haji Perkuat Rupiah Adalah Fitnah Keji HARIANHALUAN.COM -- Sejak awal bulan Maret COVID-19 mewabah di Indonesia, telah berdampak pada berbagai aspek kehidupan, termasuk layanan sosial keagamaan di bidang penyelenggaraan ibadah haji..
  • Senin, 01 Juni 2020 - 21:40:25 WIB

    Kemenag: Kepastian Ibadah Haji 2020 Diumumkan Besok

    HARIANHALUAN.COM - Kepastian pelaksanaan ibadah haji tahun ini akan segera diumumkan Kementerian Agama (Kemenag). Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengatakan rencananya Kemenag akan mengumumkan kepastian pelaksanaan ibadah .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]