Calon Ketua KONI Dharmasraya Harus Sesuai Aturan


Rabu, 06 April 2016 - 03:26:25 WIB

DHARMASRAYA, HALUAN — Ke­pu­ngurusan KONI  Dharmasraya periode  2012-1016, dengan Ketua Harian Taufik Syukur, dengan Wakil Ketua Satu Drs Sutadi, dan Wakil Ketua Dua M. Sunir Patopang, telah berakhir pada Minggu 28 Februari 2016 lalu. Untuk Musyawarah Olahraga Kabupaten (Mu­sorkab) pengurus KONI Kabupaten Dhar­masraya akan diadakan pada tanggal 13 Mei 2016 mendatang.

Pengurus lama ini mengharapkan nan­tinya calon ketua tidak bertentangan dengan surat edaran Mentri Dalam Negeri Nomor 800 tahun 2011 dan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 16 tahun 2007, tertuang dalam pasal 56 ayat 1 hingga 4 j tentang larangan bagi kepala daerah, pejabat publik, dan PNS merangkap jabatan di organisasi keolahragaan, dengan sanksi yang akan diberikan dalam UU tersebut, salah satunya adalah pembekuan organisasi itu.

“Kandidat atau calon yang akan muncul nantinya di Musorkab sekarang belum nampak atau belum ditentukan, mungkin nantinya berdasarkan taktik dan mekanisme Musorkab Dharmasraya mendatang,” ungkap Sunir Patopang, Senin (4/4)

Dijelaskannya, sesuai dengan peraturan yang ada di Kabupaten Dharmasraya kandidat sebagai Ketua KONI nantinya tidak ada atau tidak diperbolehkan dari kalangan kepala daerah, pejabat publik, dan PNS. Namun, dia mengatakan jika sebagai anggota diperbolehkan, pasalnya akan merancang dan menyusun laporan-laporan terkait dengan keuangan nantinya.

Katanya, yang akan muncul dalam kandidat kepengurusan KONI mendatang diutamakan dari tokoh masyarakat maupun orang yang telah pernah menjadi pengurus KONI sebelumnya.

“Memang dalam aturannya seorang PNS tidak diperbolehkan menjadi Ketua KONI, namun menjadi anggota boleh untuk mem­bantu dan membuat surat menyurat maupun SPJ, dan lainnya,” kata Sunir Patopang.

Secara terpisah, salah seorang pengurus KONI Bidang Publikasi kepengurusan KONI yang lama Syafri Piliang me­ngatakan, kandidat KONI yang akan muncul seh­arusnya orang yang tahu di bidang olah raga, dengan artian memasyarakatkan olah raga mengolahragakan masyarakat.

“Kalau dapat yang menjadi ketua KONI selain memiliki kemampuan di bidang keolahragawan juga mempunyai ke­mam­puan serta mapan baik secara moril maupun materil,” ulasnya.  (h/mg-bdr)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 05 Juni 2020 - 22:33:36 WIB

    Calon Lawan Mike Tyson Alami Patah Tulang padahal Belum Naik Ring, Ada Apa?

    Calon Lawan Mike Tyson Alami Patah Tulang padahal Belum Naik Ring, Ada Apa? HARIANHALUAN.COM - Petarung MMA yang diprediksi jadi lawan tanding Mike Tyson, Wanderlei Silva, mengalami kecelakaan usai ditabrak mobil saat bersepeda. Kecelakaan yang menimpa Wanderlei Silva terjadi saat bersepeda di tanah.
  • Sabtu, 19 Oktober 2019 - 00:33:47 WIB

    Inilah 11 Nama yang Lolos Jadi Calon Ketua Umum PSSI

    Inilah 11 Nama  yang Lolos Jadi Calon Ketua Umum PSSI JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Ketua Komite Banding Pemilihan (KBP)  mengumumkan nama-nama calon ketua, wakil, dan komite eksekutif (exco) PSSI yang lolos banding..
  • Ahad, 21 Januari 2018 - 19:32:41 WIB

    Eks Real Betis Supervisi Seleksi Calon Pemain Ataque Soccer School

    Eks Real Betis Supervisi Seleksi Calon Pemain Ataque Soccer School PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Lebih dari 60 anak berusia 7-17 tahun mengikuti proses seleksi Ataque Soccer School (ASS) di Lapangan Bola Komplek Lanud Sutan Syahrir, Padang, Minggu  (21/1). Pada proses seleksi ini, 60 anak ter.
  • Jumat, 17 Februari 2017 - 09:55:50 WIB

    Nasib Calon Pemain Timnas U-19 Asal Sumbar Tunggu Putusan Jakarta

    Nasib Calon Pemain Timnas U-19 Asal Sumbar Tunggu Putusan Jakarta PADANG, HALUAN — Ketua PSSI Asprov Sumbar Indra Dt Rajo Lelo mengatakan, pihaknya masih menunggu keputusan pusat terakhir hasil seleksi pemain Timnas U-19 yang dilaksanakan, Rabu (15/2) lalu. Hingga saat ini, belum ada petu.
  • Sabtu, 24 Desember 2016 - 00:28:47 WIB
    LIGA INGGRIS 2016/2017

    Big Sam Calon Pelatih Crystal Palace

    LONDON, HALUAN — Mantan pelatih Timnas Ing­gris, Sam Allardyce, disebut-sebut jadi kandidat kuat peng­ganti Alan Pardew di Crystal Palace. Media lokal menyebut nama Big Sam akan di­umum­kan sebagai pelatih The Eagles d.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]com