Berkas Pengusulan Gelar Pahlawan Perang Belasting Lengkap


Rabu, 06 April 2016 - 03:39:39 WIB
Berkas Pengusulan Gelar Pahlawan Perang Belasting Lengkap

Agam, Haluan — Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Trans­migrasi menargetkan pada pertengahan April ini seluruh dokumen kelengkapan pengu­sulan gelar pahlawan nasional bagi tiga tokoh Perang Belas­ting 1908 di Agam yaitu Abdul Manan, Dt Rajo Panghulu dan Siti Manggopoh, sudah diteri­ma oleh gubernur.

“Untuk setiap tokoh sudah ada tim yang dibentuk untuk melengkapi seluruh bahan pengusulan gelar pahlawan yang dibutuhkan. Dua di antara tokoh tersebut yaitu Abdul Manan, dan Datuk Rajo Pang­hulu sudah hampir lengkap,” kata Kepala Dinsosnaker, M Khudri, Selasa.

Baca Juga : Razia Prokes di Malam Takbiran, Polres Pesisir Selatan Tak Temukan Kerumunan

Ia menjelaskan, setiap tim yang bertanggung jawab me­leng­kapi bahan tersebut masih bekerja. Bahan-bahan itu ter­diri dari dokumen historis yang jelas, kemudian, bukti outentik lainnya. Setelah bahan ram­pung, daerah melalui bupati menyerahkan kepada Guber­nur kemudian dikaji Tim Pene­liti, Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) untuk direko­men­dasikan kepada gubernur.  

“Setelah semua tahapan tersebut dilakukan kemudian bahan-bahan tersebut diajukan gubernur kepada kepada presi­den. Kita berharap tiga, atau minimal satu diantaranya bisa mendapatkan gelar pah­lawan,” katanya.

Baca Juga : Sudah Pulang ke Rumah, Korban Serangan Beruang di Sijunjung Berangsur Membaik

Ia menambahkan, pengusu­lan gelar pahlawan ini juga di­dukung penuh oleh kepala da­erah, kemudian oleh lemba­ga le­gislatif, antara lain oleh Ke­tua DPRD Agam Marga Indra. Ia berharap seluruh proses tersebut bisa berjalan seba­gai­mana yang diharapkan. (h/yat)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]