Berkas Pengusulan Gelar Pahlawan Perang Belasting Lengkap


Rabu, 06 April 2016 - 03:39:39 WIB

Agam, Haluan — Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Trans­migrasi menargetkan pada pertengahan April ini seluruh dokumen kelengkapan pengu­sulan gelar pahlawan nasional bagi tiga tokoh Perang Belas­ting 1908 di Agam yaitu Abdul Manan, Dt Rajo Panghulu dan Siti Manggopoh, sudah diteri­ma oleh gubernur.

“Untuk setiap tokoh sudah ada tim yang dibentuk untuk melengkapi seluruh bahan pengusulan gelar pahlawan yang dibutuhkan. Dua di antara tokoh tersebut yaitu Abdul Manan, dan Datuk Rajo Pang­hulu sudah hampir lengkap,” kata Kepala Dinsosnaker, M Khudri, Selasa.

Ia menjelaskan, setiap tim yang bertanggung jawab me­leng­kapi bahan tersebut masih bekerja. Bahan-bahan itu ter­diri dari dokumen historis yang jelas, kemudian, bukti outentik lainnya. Setelah bahan ram­pung, daerah melalui bupati menyerahkan kepada Guber­nur kemudian dikaji Tim Pene­liti, Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) untuk direko­men­dasikan kepada gubernur.  

“Setelah semua tahapan tersebut dilakukan kemudian bahan-bahan tersebut diajukan gubernur kepada kepada presi­den. Kita berharap tiga, atau minimal satu diantaranya bisa mendapatkan gelar pah­lawan,” katanya.

Ia menambahkan, pengusu­lan gelar pahlawan ini juga di­dukung penuh oleh kepala da­erah, kemudian oleh lemba­ga le­gislatif, antara lain oleh Ke­tua DPRD Agam Marga Indra. Ia berharap seluruh proses tersebut bisa berjalan seba­gai­mana yang diharapkan. (h/yat)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 18:40:05 WIB

    Pemberkasan Perkara Tak Kunjung Usai, Korban Penipuan Melapor ke Kejati Sumbar

    Pemberkasan Perkara Tak Kunjung Usai, Korban Penipuan Melapor ke Kejati Sumbar HARIANHALUAN.COM - Korban penipuan melapor ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Barat terkait berkas perkara kasus penipuan yang dilakukan oleh Rezka Oktoberia tak kunjung usai. Diketahui, berkas perkara tersebut sudah tiga .
  • Jumat, 23 Agustus 2019 - 15:00:43 WIB

    Kabar Bahagia, drg Romi Bakal Mengantarkan Berkas ke BKPSDM Solsel untuk Penetapan NIP

    Kabar Bahagia, drg Romi Bakal Mengantarkan Berkas ke BKPSDM Solsel untuk Penetapan NIP SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - drg Romi Syofpa Ismael bersama suaminya bakal mendatangi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Solsel untuk melengkapi berkas penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP)..
  • Jumat, 24 November 2017 - 13:56:27 WIB

    Kejari Padang Terima Berkas SPj Fiktif

    Kejari Padang Terima Berkas SPj Fiktif PADANG, HARIANHALUAN.COM - Bareskrim Polri menuntaskan proses pelimpahan berkas dugaan penyelewengan anggaran dan praktik pencucian uang atas nama tersangka Yusafni (ASN Dinas PU/PR Sumbar) ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Padang.
  • Kamis, 24 Agustus 2017 - 11:16:06 WIB

    Didukung 12 BPC HIPMI Kabupaten dan Kota, Iqra Chissa Serahkan Berkas Pendaftaran

    Didukung 12 BPC HIPMI Kabupaten dan Kota, Iqra Chissa Serahkan Berkas Pendaftaran PADANG, HARIANHALUAN.COM – Sebanyak 12 Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) dari 18 BPC kabupaten/kota mendampingi Bakal Calon Ketua Umum BPD Hipmi Sumbar, Muhammad Iqra Chissa Putra, menyer.
  • Selasa, 24 Januari 2017 - 10:28:04 WIB

    Berkas Dugaan Pungli Disnak Belum Lengkap

    PADANG, HALUAN - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumbar masih terus berupaya melengkapi berkas kasus dugaan pungutan liar (pungli) oleh oknum pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar. Hingga saat ini, penyidik masih bolak-b.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]