Siap Tidak Tenar

Wabup Ferizal Ridwan Sorot Kinerja ASN


Rabu, 06 April 2016 - 03:40:56 WIB

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Tidak Tetap (PTT) dan Tenaga Harian Lepas (THL) di Kabupaten Limapuluh Kota, kembali disorot. Wakil Bupati setempat Ferizal Ridwan mencatat, pada apel pagi pegawai di lingkungan kantor bupati setempat, Selasa (5/4) masih ada sekitar 184 orang yang tidak hadir.

Berdasarkan catatan pa­da apel pagi ini ada se­ba­nyak 184 orang yang tidak hadir. “Saya meminta pega­wai yang sudah tiga hari berturut-turut atau sudah berbulan-bulan tidak hadir diberi tindakan pembi­na­an,” ujar Wabup dalam ara­han­nya pada apel pagi yang diikuti sejumlah SKPD.

Bila pimpinan SKPD-nya tidak sanggup mela­kukan pembinaan, Ferizal meminta dilanjutkan ke pimpinan daerah untuk beri­kutnya dijatuhi sanksi tegas. “Sebab, peraturan jelas me­nyebutkan, pega­wai yang lebih dari tiga hari tidak hadir tanpa kete­rangan yang jelas bisa di­beri tindakan pembinaan,” sebutnya lagi.

Kalau pimpinan SKPD tidak sanggup menjatuhi sanksi, sebut wabup lagi, serahkan kepada kami. “Bi­la perlu kita akan memin­dahkan pegawai yang ber­sang­kutan itu ke kantor kecamatan. Harus disadari, masalah disiplin ini meru­pakan komitmen bersama,” ingat wabup.

Apel pegawai ini, lanjut­nya tidak hanya bisa dilaku­kan pagi hari, namun juga perlu dilaksanakan pada jam siang. Sebab, bisa saja siang itu ada pegawai yang sudah tidak dikantor lagi. Dia juga menyinggung masalah ban­tuan keuangan dana desa yang hingga kini sudah di­rea­lisasikan pemerintah pusat sebesar Rp1,8 triliun untuk 167 daerah. Namun yang sudah cair belum ter­masuk Limapuluh Kota.

Sekaitan dengan persia­pan peringatan hari jadi Kabupaten Limapuluh Kota yang bakal dimeriahkan de­ngan pekan budaya, lebih lanjut Ferizal mengakui be­lum melihat adanya sosia­lisasi dari dinas terkait kepa­da SKPD-SKPD dan masya­rakat luas. Bahkan ia juga belum mengetahui layout atau tata letak alek daerah dimaksud.

“Kegiatan itu tidak ha­nya menjadi proyek bagi dinas terkait, yang lebih penting lagi. Harus menga­jak SKPD lain guna men­suk­seskan dan me­me­riah­kan peringatan hari jadi ini. Sebab kegiatan ini juga menyangkut marwah da­erah. Saya siap untuk tidak populer demi melakukan tindakan-tindakan buat me­le­takkan se­gala sesuatunya sesuai aturan yang berlaku. (h/zkf/hel)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]