Muscab II 2016 DPC Hanura Tanah Datar Ricuh


Rabu, 06 April 2016 - 03:47:21 WIB

TANAH DATAR, HALUAN — Setelah Musyawarah Cabang (Muscab) II 2016 DPC Partai Hanura Tanah Datar, sebagian kader partai tidak menerima pola baru yang diberlakukan partai pada pemilihan ketua.

Usai pembacaan reko­mendasi dari DPP tersebut, beberapa orang Pimpinan Anak Cabang (PAC) ke­ca­matan langsung me­nyam­pai­kan protesnya kepada pim­pinan sidang. PAC Ha­nur­a dibeberapa kecamatan akan menggugat secara hu­kum atas rekomendasi DPP Hanura yang menetapkan ketua ter­pilih secara aklamasi itu.

Menurut beberapa orang PAC Hanura yang enggan dituliskan namanya, di­ge­lar­nya Muscab tanpa men­jaring suara kader tersebut tidak ada artinya. “Percuma dilak­sa­nakan Mus­cab itu jika pilihan ketua hanya diten­tukan oleh DPP. Yang namanya Muscab itu, ya mu­syawarah dan Mus­cab ini tidak sesuai dengan namanya karena ketua diten­tukan oleh DPP tidak dengan mu­syawarah,” sebut salah seorang PAC kepada Haluan, Selasa (5/4).

Ia menyesalkan pe­nye­lenggaraan Muscab tersebut. Tidak hanya akan menggugat secara hukum saja, tetapi juga terlontar pernyataan dari kader bahwa ia akan pindah partai karena tidak menerima pola tersebut.

Muscab dilaksanakan sebe­lumnya di Hotel Yo­herma, Parak Juar Batusangkar, Ming­gu (3/4). Pada Muscab pe­milihan ketua DPC Tanah Datar tersebut, hadir Pengurus Cabang se-Tanah Datar,  Ke­tua DPD Hanura Sumbar, Marlis beserta Sekretaris Muslim Harun Ketua Dewan Pakar Hanura Basril Taher, Ketua Bidang Hukum, Wakil Ketua Bidang Organisasi serta Anggota DPRD Sumbar dari Hanura serta dihadiri Bupati Irdinansyah Tarmizi dan Ke­pala Kesbangpol Irwan.

Pada Muscab tersebut, Adrison mendapatkan reko­mendasi DPP Hanura sebagai Ketua DPC Hanura Ka­bu­paten Tanah Datar periode 2016-2021, dari empat nama yang direkomendasikan DPD Ha­nura Sumatera Barat ke pusat, rekomendasi DPP Hanura no­mor 0099-Bid Org/DPP-Hanu­ra-2016 tang­gal 11 Maret 2016.

Adrison, Ketua Panitia Pelaksana didampingi Se­kre­taris Panitia Haikal saat itu mengatakan, pelaksanaan Mus­cab tersebut hanya diper­s­iapkan dalam rentang waktu tiga hari, untuk itu ia mohon maaf jika penyelenggaraannya kurang maksimal.

“Secara pribadi saya me­ngu­capkan terimakasih ke­pada bapak-bapak yang hadir, jika terdapat keku­rangan dan kelemahan dalam pe­nye­leng­garaan ini karena agenda ini mesti dilaksanakan hari ini dan tidak dapat di­undur lagi,” sebut Adrison

Ketua DPD Hanura Sum­bar, Marlis, dalam Muscab yang digelar pertama se-Su­matera Barat tersebut, me­nekankan kepada ketua ter­pilih nanti agar melakukan langkah-langkah konkret un­tuk kemajuan partai.

“Ada empat nama yang telah kami seleksi dan dire­komendasikan ke DPP, yakni M Syukur, Adrison, Feri Erian­dy dan Yanfirdaus. Hing­­ga saat ini saya belum tahu siapa yang direkomendasikan dan suratnya masih tertutup yang dipegang Sekretaris. Ke depan partai melakukan pe­nataan-penataan untuk lebih baik. Pemilihan tidak dila­kukan secara musyawarah lagi. Kepada calon yang tidak terpilih kami harap bisa ber­sikap legowo menerima ke­me­nangan calon yang dire­komendasikan itu,” sebutnya.

Marlis juga mengapresiasi kinerja Ketua DPC, Feri Erian­­dy yang telah ber­kon­tribusi membesarkan Hanura di Tanah Datar, baik secara moral maupun material. Ia menekankan kepada Ketua terpilih agar dalam waktu tiga bulan untuk dapat mem­persiapkan kantor DPC dan enam bulan kedepan agar me­ram­pungkan penataan ke­pe­ngurusan hingga ke tingkat nagari.

Hasil rekomendasi DPP Hanura yang dibacakan se­kitar pukul 17.30 WIB itu dinyatakan dari empat calon yang direkomendasikan DPD Hanu­ra Sumbar, men­da­pat­kan rekomendasi DPP yaitu Adrison yang saat ini juga sebagai Anggota DPRD Ta­nah Datar. Adrison men­dapatkan rekomendasi untuk menjadi Ketua DPC Hanura Tanah Datar periode 2016-2021.

Setelah mendengarkan hasil tersebut, beberapa Ketua Cabang Kecamatan Hanura melayangkan protes karena menurutnya Muscab mesti melakukan pemilihan secara demokratis dan tidak ditunjuk langsung oleh pusat. (h/fma)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 10 Mei 2016 - 12:09:41 WIB

    Hanura Solsel Gelar Muscab II

    Hanura Solsel Gelar Muscab II SOLSEL, HALUAN-- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura Solok Selatan (Solsel) menggelar musyawarah cabang II di Gedung Nasional Lubuk Gadang, Sangir, Selasa (10/5)..
  • Rabu, 04 Mei 2016 - 05:46:21 WIB

    DPC Hanura Dharmasraya Gelar Muscab

    DPC Hanura Dharmasraya Gelar Muscab DHARMASRAYA, HALUAN — Partai Hanura selalu di dalam pemerintahan. Khusus di Kabupaten Dharmasraya, partai besutan Wiranto itu akan selalu memper­hati­kan­nya..
  • Kamis, 25 Februari 2016 - 13:33:11 WIB

    PSSI Agam Segera Muscab

    AGAM, HALUAN — Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Agam melakukan rapat persiapan Musyawarah Cabang (Muscab),yang dihadiri para pengasuh klub sepak bola, dan pencinta bola yang ada di Kabupaten Agam, di L.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]