Walikota Padang Mahyeldi: Tak Berinovasi, SKPD Dievaluasi


Rabu, 06 April 2016 - 03:50:39 WIB

PADANG, HALUAN—Satuan Ker­ja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kota Padang  dituntut untuk  berinovasi. Setidaknya, satu SKPD mela­hirkan satu inovasi yang dapat membawa  perubahan ke arah yang lebih baik untuk pelayanan publik.

Demikian dikatakan Walikota Padang H. Mahyeldi atuak Marajo saat membuka seminar “One Agen­cy One Innovation” yang diikuti seluruh SKPD  Pemko Padang, Selasa (5/4).

Ia  menyebut SKPD yang tidak memiliki inovasi patut dievaluasi. Berarti  SKPD  diawaki oleh personil yang mandul.

“Sangat disayangkan,  pim­pinannya tidak mengikuti kema­juan dan perkembangan dunia informasi.

Jika,  SKPD tidak punya ino­vasi berarti ketinggalan dan tidak memiliki keinginan untuk maju. Patut dievaluasi,  SDM  pada SKPD itu,” sebutnya.

Seiring perkembangan tek­nologi dan informasi (IT), Pemko Padang tengah beralih ke sistem berbasis IT untuk mewujudkan kemudahan dalam pelayanan pub­lik, disamping menciptakan efek­tifitas kerja dan kemudahan akses.

“Sudah saatnya inovasi berbasis IT menjadi mindset SDM di setiap SKPD,  untuk percepatan pem­bangunan dan pelayanan masya­rakat yang lebih baik,” tukasnya,

Seminar sehari ini meng­hadir­kan narasumber Dadang Solihin, Doktor Ilmu Pemerintahan dari Universitas Padjajaran.

Akademisi yang juga lulusan University of Colorado at Denver, USA ini memaparkan materi Ino­vasi Pelayanan Publik berbasis Teknologi Informasi.

Peran pemerintah yang me­miliki kewenangan pelaksana peraturan perundangan sekaligus pengguna anggaran pembangunan, harus bisa memberikan kepastian hukum, memberikan dukungan prasaranan dan infrastruktur bagi pengembangan inovasi.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Dae­rah (Bappeda) Kota Padang Her­van Bahar mengungkapkan, pelak­sanaan kegiatan ini bertujuan untuk mendorong SKPD melahir­kan inovasi  baru di bidang pela­yanan publik dengan berbasis IT.

“Tujuan kegiatan ini,  untuk mendorong seluruh SKPD me­miliki inovasi guna meningkatkan pelayanan publik yang lebih efektif dengan memanfaatkan IT,” jelas­nya.(h/ade)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]