April Ini, Inpres III Ditenderkan


Rabu, 06 April 2016 - 03:51:26 WIB

PADANG, HALUAN – Pada April 2016 ini, proyek pembangunan Inpres III Pasar Raya Padang akan ditenderkan. Proyek ini diang­garkan dengan dana sebesar Rp84 Miliar.

Berbeda dengan Inpres II dan IV Pasar Raya Pa­dang yang dibangun oleh Disperindagtamben Pa­da­ng, Inpres III dibangun ole­h Dinas Pekerjaan Umum (PU) Padang.

“Pada April ini sudah mulai ditenderkan. Selesai tender, harapannya Juni bisa segera dikerjakan,” ujar Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PU Padang Fadelan Fitra Masta pada Haluan, Selasa (5/4).

Dikatakannya, dalam perencanaannya, gedung tersebut akan dibuat di se­belah Inpres IV tepat di depan Inpres II dengan design basement, lantai I hingga lantia IV selama 18 bulan pengerjaan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pasar Padang En­drizal melalui Sekretarisnya Jasman menyampaikan bah­wa secara teknis pengerjaan Inpres III dikerjakan Dinas PU yang diwasi juga oleh Dinas Pasar.

“Secara teknisnya ba­ngu­nan Inpres III dikerja­kan kali ini oleh Dinas PU. Meski pada pembangunan Inpres II dan IV dikerjakan oleh Disperindagtamben,” jelas Jasman.

Ditambahkannya, Dinas Pasar akan melakukan pe­nge­lolaan nantinya di ba­gian pedagang, pengaturan dan kelanjutannya. Hingga kini pedagang eks Pasar Inpres III masih menempati di kios penampungan.

KPP: Akses Masuk Pasar Lebih Utama

Sementara itu Ketua Kesatuan Pedagang Pasar (KPP) Kota Padang Asril Manan mengatakan bahwa semegah apapun bangunan  pasar inpres tersebut, kalau akses masuk pasar sulit , juga tidak ada gunanya.

Dikatakannya, bangu­nan pasar biarlah sederhana  karena yang lebih utama adalah kemudahan dalam hal akses masuk ke dalam pasar.

“Saat ini akses masuk ke pasar masih sulit karena masih banyaknya PKL yang berjualan memakai badan jalan. Ke depan kita ingin akses masuk pasar, bebas dari PKL.

Nantinya PKL yang ada di badan jalan bisa pindah semua ke bangunan pasar inpres. Sekarang Inpres II dan IV sudah difungsikan. Inpres III juga akan di­tenderkan April ini dan menyusul Inpres lainnya,” kata Asril

Ditambahkannya, saat ini akses masuk pasar masih sulit. Oleh karena itu Dinas Pasar harus bersikap lebih tegas dan jangan bersikap terlalu tembang rasa pada PKL yang dinilai tidak taat aturan.

“Kondisi saat ini, masya­rakat enggan untuk ber­belanja ke pasar. Itu karena akses masuk pasar yang sulit dan sempit. Jangankan me­reka yang pakai mobil, yang pakai motor saja enggan masuk pasar,” tambahnya.

Lebih jauh dia menga­takan bahwa saat ini ang­gota KPP Kota Padang ber­jum­lah 7.000 orang. (h/win/ita)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 05 April 2019 - 14:50:37 WIB

    April ini Revitalisasi Pasar Belimbing Dikerjakan

    April ini Revitalisasi Pasar Belimbing Dikerjakan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Rencana revitalisasi Pasar Belimbing yang sedang dalam rancangan, akan segera dikerjakan bulan ini. Pengembangan pasar satelit yang menyedot anggaran sekitar Rp800 juta tersebut akan dibagi menjadi .
  • Jumat, 22 April 2016 - 04:32:26 WIB
    Tahap Pertama Rp2,6 Miliar

    Dana PKH Dicairkan 15-25 April

    PADANG, HALUAN — Dana Program Keluarga Harapan (PKH) tahap pertama dicairkan mulai 15-25 April 2016 ini. Sebanyak 5.098 Keluarga Sangat Miskin (KSM) di Kota Padang terdaftar sebagai penerima. .
  • Sabtu, 16 April 2016 - 05:01:28 WIB

    10 Trans Padang Tambahan Siap Dioperasikan Akhir April Ini

    10 Trans Padang Tambahan Siap Dioperasikan Akhir April Ini PADANG, HALUAN—Ke­luhan warga Kota Padang akan leletnya jadwal bus Trans Padang khususnya yang me­lewati jalur Khatib Sulaiman-Hamka akan se­gera terobati..
  • Jumat, 08 April 2016 - 12:04:00 WIB

    Pelaksanaan UKW Diundur 22 April

    PADANG, HALUAN — Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan PWI Sumbar bersama Dewan Pers, sedianya dilaksanakan pada 8-9 April tetapi ditunda menjadi 22-23 April mendatang..
  • Kamis, 25 Februari 2016 - 03:01:51 WIB

    PAW Fraksi Golkar Diperkirakan April

    PADANG, HALUAN — Frak­si Golkar DPRD Kota Padang mengirimkan surat permintaan Pengganti An­tar Waktu (PAW) ke DPD Partai Golkar Kota Padang, pascameninggalnya Ang­gota DPRD Kota Padang dari Fraksi Partai Golkar M.Dinul A.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]