Ongkos Angkut Tetap

Dewan: Penurunan BBM Tak Signifikan


Rabu, 06 April 2016 - 03:52:12 WIB

PADANG, HALUAN — Penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar dan premium sejak 1 April lalu tak signifikan sehingga ongkos angkutan juga tak turun.

Jika penurunan harga BBM signifikan, maka DP­RD Padang akan memang­gil pihak terkait seperti Organda dan Dinas Per­hubungan agar ongkos ang­kutan bisa diturunkan.

Ketua Komisi III DP­RD Padang, Helmi Moe­sim, Selasa (5/4) menu­turkan, DPRD Padang telah membicarakan persoalan ini dengan pihak terkait.

“Dari pembicaraan itu disepakati, penurunan tarif angkutan umum di Padang akan diambil jika penurunan harga  BBM terjadi sig­nifikan.

Kalau sekarang tu­run­nya tidak terlalu signifikan, baru Rp500. Kalau penu­runan mencapai Rp1.000, Komisi III akan panggil pihak terkait,” papar Helmi.

Menurut Helmi, angka Rp1.000 di sini bukanlah satu kali penurunan harga saja. Namun juga melihat total keseluruhan penu­runan harga BBM  sejak pertama dinaikkan.

Kebijakan menurunkan harga BBM telah diambil pemerintah sebanyak tiga kali. Dari tiga kali penu­runan tersebut, BBM telah turun hingga Rp800 dari harga semula.

“Jika turunnya telah mencapai Rp1.000, kami memanggil organda dan Dishub dan meminta me­reka menurunkan tarif ang­kutan,” tegas Helmi.

Hal ini dibenarkan oleh Wakil Ketua DPRD Pa­dang, Asrizal. Dikatakan DPRD telah mengadakan pertemuan dengan organda dan Dinas Perhubungan guna membahas hal ini.

“Karena turunnya tak sampai Rp1.000 memang belum ada putusan menu­runkan tarif angkot. Meski demikian kita lihat dulu lah ke depannya seperti apa,” kata Asrizal (h/len).

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 29 Juni 2016 - 06:52:19 WIB

    Dewan: Carikan Solusi Kemacetan

    PADANG, HALUAN—DPRD Kota Padang sayangkan kondisi kema­cetan yang terjadi di kawasan UNP (Universitas Negeri Padang) serta depan Hotel Basko. Meskipun telah dipasang ram­bu-rambu dilarang berhenti dan parkir, masih saj.
  • Kamis, 19 Mei 2016 - 04:29:52 WIB
    Benahi Pasar Bandar Buat

    Dewan: Pemko Harus Tegas

    PADANG, HALUAN — DPRD Kota Padang kecewa dengan pola pembenahan Pasar Bandar Buat yang dilakukan Pemko Padang. Permasalahan Pasar Ban­dar Buat, sudah menjadi persoalan yang berbolak-balik dan tidak kunjung se­lesai..
  • Selasa, 12 April 2016 - 03:26:58 WIB

    Dewan: Perketat Izin Kafe

    PADANG, HALUAN—Hanya dua puluh kafe di Kota Padang yang memiliki izin, padahal kalau dihitung-hitung jumlah kafe di Kota Padang begitu banyak hingga ke daerah ping­giran Kota Padang..
  • Sabtu, 09 April 2016 - 04:55:48 WIB
    Bulan Puasa Hampir Tiba

    Dewan: Pesantren Ramadan Prioritas

    PADANG, HALUAN — Pro­gram pesantren ramadan, harus jadi perhatian serius. Mengingat, bulan suci rama­dan tinggal dua bulan lagi..
  • Rabu, 23 Maret 2016 - 03:51:41 WIB
    Banjir Dipicu Kerusakan Hutan

    Dewan: Pembenahan Drainase Prioritaskan

    Dewan: Pembenahan Drainase Prioritaskan PADANG, HALUAN — Komisi III DPRD Kota Padang menilai banjir yang mengepung sejumlah kawasan di Kota Padang juga dipicu kerusakan hutan yang memagar Kota Padang..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]