Diduga Hasil Illegal Logging

Puluhan Kubik Kayu Disita


Rabu, 06 April 2016 - 04:00:49 WIB
Puluhan Kubik Kayu Disita DINAS Kehutanan dan aparat Kepolisian Dharmasraya serta masyarakat setempat menyaksikan penyitaan kayu hasil penebangan liar (illegal logging). (BADRI ALAINA)

DHARMASRAYA, HALUAN — Polisi hutan bekerjasama dengan aparat kepolisian dan ma­sy­a­rakat Jorong Lubuk Bulang, Na­gari Gunung Selasih, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dhar­masraya, berhasil mengamankan sekitar 25 kubik kayu ilegal.

Kayu jenis kayu rimba cam­puran itu ditangkap saat akan keluar dari hutan di Jorong Lubuk Bulang, Kenagarian Gunung Selasih, Selasa (5/4). Pantuan Haluan di lapangan, 25 kubik kayu ilegal itu di­biarkan tergeletak pada tiga titik lokasi keluar antara Gu­nung Selasih dan Nagari Sungai Kambut Pulau Punjung.

“Operasi gabungan yang kita lakukan ini bocor, sehing­ga sopir membiarkan kayu tersebut tergeletak dipinggir jalan,” ungkap Kadis Ke­hu­tanan Ka­bupaten Dhar­ma­s­raya, Daris­man kepada se­jum­lah wartawan.

Darisman mengatakan, ope­­rasi gabungan ini dilakukan setelah adanya laporan warga, bahwa ada aktivitas illegal log­ging di Jorong Lubuk Bulang, Kenagarian Gunung Selasih.

“Kita langsung meren­ca­nakan operasi tersebut be­ker­jasama dengan jajaran Ke­po­lisian Dharmasraya,” ungkap kakak ipar Bupati Dhar­mas­raya itu.

Dijelaskannya, kegiatan yang dilakukan tidak hanya sebatas razia gabungan, tetapi akan dilanjutkan dengan proses hukumannya. Kasus ini harus diusut tuntas. Pihaknya juga merencanakan melakukan cek lokasi dugaan praktek illegal logging ini yang disinyalir ma­sih banyak menyisakan barang bukti di lokasi.

Pihaknya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat Gunung Selasih, yang secara swadaya telah mem­­bantu pihak kehutanan un­tuk mengamankan barang bukti hingga mengantarkan ke Di­nas Kehutanan dan Per­kebunan Kabupaten Dhar­masraya.

“Kami juga berterimakasih kepada jajaran kepolisian, TNI dan juga masyarakat yang se­cara bersama sama untuk mem­be­rantas praktek illegal loging di Dharmasraya,” tukuk Darisman.

Secara terpisah, Walinagari Gunung Selasih, Agusnadi Dt Rajo Adil berharap, agar Pem­kab Dharmasraya selalu la­kukan cek lapangan terkait maraknya praktek penebangan liar di Dharmasraya, khususnya di Nagari Gunung Selasih.

Pasalnya, aktivitas pihak yang tidak bertanggung jawab menebang kayu secara liar sangat meresahkan masyarakat Jorong Lubuk Bulang. (h/mg-bdr)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]