Muscab SPS Sumbar

Perusahaan Pers Harus Tersertifikasi


Rabu, 06 April 2016 - 04:02:25 WIB

PADANG, HALUAN— Agar perusahaan pers berdiri kokoh dan bertanggung jawab secara utuh, seluruh Serikat Perusahaan Pers (SPS) di tahun 2016 ini diharapkan tersertifikasi.

Tidak hanya itu saja, SPS harus menegakkan ke­mer­dekaan pers dan mem­ba­ngun industri pers yang sehat dan bermartabat.

Sesuai Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 ten­tang Pers, SPS harus me­menuhi syarat sertifikasi. Ada 10 item syarat ser­ti­fikasi, antara lain mampu meng­gaji karyawannya se­suai Upah Maksimum Pro­vinsi (UMP), mematuhi kode etik jurnalistik, me­mi­liki dana untuk terbit seta­hun.

“Dari 470 jumlah pe­ru­sahaan pers yang ada di In­donesia, baru 10 persen yang tersertifikasi. Karena itu diharapkan, SPS dapat memperhatikan kemajuan perusahaannya dan segera mengurus sertifikasi,” ujar Ketua Harian SPS Pusat, Ahmad Djauhar dalam Mu­sya­warah Cabang (Muscab) SP­S Sumatera Barat di Gu­ber­nuran, Selasa (5/4).

Dikatakan, sertifikasi ini bertujuan untuk meng­hin­dari media atau perusahaan abal-abal, yaitu perusahaan yang terbit sebulan lalu mati. Atau perusahaan media yang wartawannya mem­rovokasi atau mengompori pihak lain. Atau media yang tidak meng­gaji karyawannya sesuai stan­dar atau aturan yang berlaku.

Selain itu, dia juga ber­harap pemerintah me­mi­kir­kan perusahaan media dari kategori pajak koran atau pajak kertas. Paling tidak pemerintah seharusnya me­nu­runkan pajak buku dan pajak kertas koran, karena keduanya berfungsi sebagai media pendidikan.

Sedangkan  Asmono Wikan, Direktur Eksekutif SPS Pusat mengatakan, saat ini persaingan media di Indonesia semakin ketat, tid­ak terkecuali koran. Na­mun, di Sumbar nampaknya media masih bisa bersaing secara sehat. Terbukti media harian masih terbit secara teratur.

Gubernur Sumatera Ba­rat Irwan Prayitno dalam sambutannya mengatakan, Pemprov Sumbar selalu memberikan dukungan bagi organisasi pers. Dengan hadirnya SPS Sumbar, diha­rapkan bisa melindungi anggotanya sekaligus me­ning­katkan kualitas ang­gotanya.

“Dengan begitu kualitas wartawan nantinya juga me­ning­kat. Selain itu, ma­sya­rakat kita di Sumbar juga tercerdaskan karena media sebagai penyampai infor­masi,” papar Irwan Prayitno.

Peran owner juga sangat penting dalam me­ngem­bangkan dan me­nyam­pai­kan informasi di media. Dengan begitu, media akan sukses jika dijalankan secara profesional. Walaupun me­dia adalah milik owner, tetapi media juga milik ma­syarakat yang harus men­dapatkan informasi yang adil dan objektif.

Muscab SPS dihadiri juga Ketua Dewan Per­tim­bangan SPS Sumbar, Basril Djabar, Ketua PWI Sumbar Basril Basyar dan pimpinan peru­sahaan media baik ce­tak, on­line dan elektornik. Muscab menghasilkan ke­pe­ngurusan SPS Sumbar Pe­riode 2016-2020 dan diku­kuh­kan Ketua Harian SPS Pusat Ahmad Djauhar. (h/ows)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 26 November 2019 - 11:05:32 WIB

    Perusahaan Jepang Ikut Wandie Karya Properti Expor Sumbar

    Perusahaan Jepang Ikut Wandie Karya Properti Expor Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wandie Karya Properti Expo Sumbar 2019 yang akan digelar pada Jumat sampai Minggu (27-29/12) di Transmart Padang, Jalan Khatib Sulaiman, mendapat respon dari beberapa perusahaan besar di Indonesia .
  • Kamis, 16 Mei 2019 - 14:24:46 WIB

    DPRD Padang Rekomendasikan Cabut Izin Perusahaan yang Telat Bayar THR

    DPRD Padang Rekomendasikan Cabut Izin Perusahaan yang Telat Bayar THR PADANG, HARIANHALUAN.COM – Perusahaan yang beroperasi di wilayah Kota Padang diminta untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) karyawan seminggu jelang hari raya. Jika tidak, perusahaan bisa dikenakan sanksi berat, sebagai.
  • Sabtu, 24 Maret 2018 - 00:57:39 WIB
    CDC UBH ADAKAN BURSA KERJA

    43 Perusahaan Diserbu Ribuan Pelamar

    43 Perusahaan Diserbu Ribuan Pelamar PADANG, HALUAN--Career Development Center (CDC) Universitas Bung Hatta kembali menyelenggarakan Job Fair yang bertajuk “Let Networking Light Up Your Career Path. .
  • Jumat, 30 September 2016 - 04:09:18 WIB

    Izin 100 Perusahaan Terancam Dicabut

    PADANG, HALUAN — Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Ter­padu (BKPM-PPT) Sumbar pada 2017 mendatang, akan men­cabut izin sedikitnya 100 pe­rusahaan yang dilaporkan tidak aktif dan tidak beroperasi la.
  • Sabtu, 13 Agustus 2016 - 04:45:53 WIB

    Lulusan SMAK Padang Diminati Perusahaan

    Lulusan SMAK Padang Diminati Perusahaan PADANG, HALUAN —Sebanyak 95 orang dari 129 lulusan Sekolah Menengah Kejuruan-Sekolah Menengah Analisis Kimia (SMK-SM­AK) Padang tahun 2016 telah direkrut oleh sejumlah perusahaan ternama di dalam negeri dan luar negeri. S.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]