IAIN Batusangkar Tegas Tolak Narkoba


Rabu, 06 April 2016 - 13:31:51 WIB

TANAH DATAR, HALUAN —Segenap civitas akademika IAIN Batusangkar menyatakan sikap tegas untuk memerangi pen­yalah­gunaan narkoba dan pen­yakit masyarakat yang sangat merusak generasi bangsa, peno­lakan tersebut diwujudkan da­lam bentuk kesepakatan dan penandatanganan bersama.

Pimpinan IAIN Batu­sang­kar, Kasmuri di hadapan para mahasiswa, Sabtu (2/4) menga­takan, penyalahgunaan narkoba dan penyakit masyarakat bukan hal baru.

Tidak mudah mengu­rai permasalahan penyalah­gunaan narkoba itu karena pelaku selalu memiliki modus baru dalam melancarkan aksi­nya. Belum lagi pemberitaan di media cetak maupun elektronik bahkan online setiap hari bah­kan dalam hitungan menit, berita demi berita tersiarkan di seluruh penjuru tanah air ini tentang penyalahgunaan nar­koba yang dilakukan oleh ber­bagai kalangan, mulai dari anak, remaja sampai orang tua.

“Kondisi ini tidak mungkin terjadi secara mendadak, tentu banyak aspek yang terlibat dan mendahuluinya, begitu pula yang terjadi di kampus. Tantang­an penyalahgunaan narkoba dan penyakit masyarakat di k­alang­an civitas akademika begitu besar. Saya sangat khawatir, seandainya kita termasuk ke­pada golongan tersebut,” terang Kasmuri.

Menurutnya, berkaitan hal tersebut, tidak heran jika para pelajar dan mahasiswa banyak menjadi korban penyalah­gu­naan­nya. Untuk itu sebagai Institusi Agama Islam harus bangun dalam melawan nar­koba dan penyakit masyarakat ini, jangan biarkan masa depan yang indah akan hancur ka­renanya.

Lebih jauh Kasmuri meng­harap­kan, semua pihak bisa menjadi intel kampus. Apabila ada teman-teman telah menye­leweng kepada perbuatan yang merusak itu, agar segera mela­por­kan kepada pihak kampus agar pihak kampus bisa mem­binanya dengan baik.

“Mari kita bersama-sama dalam mewujudkan kampus yang Islami menuju work class university dengan mengadakan berbagai kegiatan Islami seperti yang telah kita jalani. Seperti seluruh pegawai IAIN wajib membaca ayat suci Alquran sebelum bekerja sehingga pe­kerja­an dan rezeki yang di­peroleh menjadi berkah. Inilah salah satu cara kita, sebagai perguruan tinggi Islam dalam mengatasi penyakit masyarakat. Ayo bersama-sama kita ber­tekad untuk semangat jangan sampai di kampus ini terdapat penyakit masyarakat yang nama­nya penyalahgunaan narkoba,” tegasnya.

Sementara Ketua Penye­lenggara Deklarasi Anti Nar­koba dan Pekat IAIN Batu­sangkar Yarman menyebutkan, seluruh peserta deklarasi yang diutus masing-masing unit ke­gia­t­an mahasiswa dapat men­suk­seskan kegiatan deklarasi ini dan mengikuti pawai keliling Kota Batusangkar, diikuti lan­g­sung oleh Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Wakil Bupati Zuldafri Darma beserta dinas terkait di lapangan Cin­dua Mato.

Saat itu seluruh UKM IAIN Batusangkar men­ya­takan sikap perang terhadap narkoba dan penyakit manya­rakat dengan bukti penan­datanga­nan dekla­rasi di spanduk. (h/fma)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 15 September 2019 - 16:41:10 WIB

    Mahasiswa IAIN Bukittinggi PPL di BPBD Agam

    Mahasiswa IAIN Bukittinggi PPL di BPBD Agam AGAM, HARIANHALUAN.COM - Delapan orang mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Bukittinggi melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di BPBD Kabupaten Agam..
  • Kamis, 22 Desember 2016 - 00:40:26 WIB

    LP2M IAIN Bukittinggi Gelar Workshop

    BUKITTINGGI, HALUAN - Gender dan anak saat ini menjadi perhatian oleh masyarakat. Berbagai persoalan dan isu sosial muncul dari persoalan gender dan anak ini. Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LP2M) IAIN Bukitti.
  • Senin, 05 Desember 2016 - 01:02:25 WIB

    IAIN Bukittinggi Perkuat Jaringan di Asia Tenggara

    IAIN Bukittinggi Perkuat Jaringan di Asia Tenggara BUKITTINGGI, HALUAN — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi terus melakukan penguatan kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi, terutama di kawasan Asia Tenggara. Dijadikannya kawasan Asia Tenggara sebagai prior.
  • Kamis, 01 Desember 2016 - 01:24:55 WIB

    FEBI IAIN Bukittinggi Tingkatkan Regulasi Perekonomian Islam

    FEBI IAIN Bukittinggi Tingkatkan Regulasi Perekonomian Islam BUKITTINGGI, HALUAN — Perekonomian Islam di Indonesia saat ini sudah mulai berkembang secara signifikan. Di sektor keua­ngan syariah misalnya saat ini sudah banyak bank-bank syariah yang me­nga­lami pertumbuhan dari ta­.
  • Kamis, 01 Desember 2016 - 00:36:59 WIB

    Mahasiswa SA IAIN Bukittinggi Mengabdi di Lambah

    Mahasiswa SA IAIN Bukittinggi Mengabdi di Lambah BUKITTINGGI, HALUAN — Berbagai bentuk dan cara pe­ngab­dian dilakukan oleh Mahasiswa IAIN Bukittinggi dalam rangka meningkatkan kemampuan dan pengabdian terhadap masyarakat..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]