Prioritaskan Dana Desa untuk Rehab Polindes


Rabu, 06 April 2016 - 13:35:47 WIB

PARIAMAN, HALUAN — Sekre­taris Daerah Padang Pariaman, Jonpriadi meminta Wali Nagari untuk prioritaskan penggunaan dana desa untuk pembangunan dan rehabilitasi Polindes dan Poskesri sesuai dengan Peraturan Menteri Pendesaan Nomor 15 tahun 2015.

“Selain itu dana desa dapat digunakan untuk pembayaran honor kader di Posyandu” kata Sekda Jonpriadi pada apel ga­bungan ASN di HalamanKantor Bupati di Parit Malintang, Senin (4/4).

Adanya Permendes tersebut maka otomatis untuk sarana pela­yanan Polindes dan Poskestri dan pembayaran kader tidak ada lagi dibebankan pada Kementerian Kesehatan maupun pada Dinas Kesehatan.

Mantan Kepala Bappeda itu menambahkan bahwa saat ini telah diturunkan tim reviu dari Ins­pek­torat dalam pengawasan peng­gunaan dana desa.Adanya pen­dampingan dari auditor tersebut diharapkan perangkat nagari bisa berkonsultasi jika ada keraguan dalam membelanjakan dana desa.

“Sesuai perintah Bapak Bu­pati, kita lakukan pembinaan pengelolaan dana desa secara intensif. Kita tidak ingin Wali Nagari berurusan dengan penegak hukum ke depannya” ujarnya.

Sebagaimana diketahui pen­ya­luran dana desa tahap I akan dimulai pada bulan April ini. Untuk itu realisasi anggaran dana yang bersumber dari APBN APBD tersebut harus ada per­tang­gung­jawabannya dan harus dibuktikan dengan bukti-bukti yang dapat dipertanggungjawabkan.

“Kesalahan menata anggaran bisa berujung masalah. Meski pengalihan anggaran tersebut bertujuan untuk kebaikan ber­sama, ada prosedur yang tidak bisa dilanggar. Itu yang terpenting dan harus dipahami,” ucap Jon­priadi mengakhiri.

Apel gabungan diikuti seluruh pejabat eselon II, III dan IV di ling­kungan pemerintah Kabupaten Padang Pariaman yang rutin dila­kukan satu kali setiap bulannya. Sekda Jonpriadi juga apresiasi kehadiran ASN yang sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. (h/ded)

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 21 Juni 2019 - 16:58:48 WIB

    Selain Darat, DLH juga Prioritaskan Bersihkan Sampah di Laut dan Kali 

    PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tidak hanya membersihkan sampah di darat saja, namun juga di laut. Untuk teknis membersihkan sampah di laut ataupun air, DLH melakukan beberapa teknik..
  • Selasa, 26 Februari 2019 - 09:54:51 WIB

    Pemerintah Pusat Prioritaskan Pembangunan Ketahanan Bencana di Sumbar

    Pemerintah Pusat Prioritaskan Pembangunan Ketahanan Bencana di Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM—Laju perekonomian di wilayah Sumatera diprediksi akan tumbuh 4,62 persen pada 2020 mendatang. Angka kemiskinan dan pengangguran masing-masing diperkirakan akan turun pada posisi 7,99 persen dan 4,77.
  • Rabu, 27 Juli 2016 - 11:46:07 WIB
    BAZNAS KOTA SAWAHLUNTO

    Penyerahan Zakat Juli Prioritaskan Pendidikan

    Penyerahan Zakat Juli Prioritaskan Pendidikan SAWAHLUNTO, HALUAN — Sepanjang Juli 2016, BAZ­NAS Kota Sawahlunto me­nyalurkan tidak kurang Rp­231 juta zakat untuk 353 mustahiq, yang tersebar di empat kecamatan. Sebagian besar zakat, diprioritaskan mendorong pendidika.
  • Rabu, 29 Juni 2016 - 06:22:04 WIB

    Pimpin BKPRMI Sumbar, Syamsul Bahri Prioritaskan Program Pendidikan Surau

    Pimpin BKPRMI Sumbar, Syamsul Bahri Prioritaskan Program Pendidikan Surau PARIAMAN, HALUAN — Syamsul Bahri terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid (BKPRMI) Provinsi Sumatera Barat perio­de 2016–2020 dalam Musya­warah Wilayah Luar Biasa (Muswillub) BK.
  • Senin, 18 April 2016 - 13:07:53 WIB

    APBN Salareh Aia Prioritaskan Infrastruktur

    Agam, Haluan — Anggaran Pendapatan dan Belanja Nagari Salareh Aia, kecamatan Palembayan tahun 2016 sebesar Rp3 miliar diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur berupa jalan kampung, jembatan dan irigasi skala desa..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]