Pelaksanan UN Hari Pertama di Bukittinggi Lancar


Rabu, 06 April 2016 - 13:38:57 WIB

BUKITTINGGI, HALUAN — Sebanyak 4.124 siswa SLTA, SMK dan MA se-Kota Bu­kittinggi mengikuti pelak­sanan Ujian Nasional (UN) yang berlangsung Senin (04/4) hingga Rabu (6/4). Hari per­tama pelaksanaan  UN  ber­langsung dengan aman dan lancar tanpa kendala yang berarti.

Pelaksanaan UN dihari pertama di Bukittinggi ditin­jau langsung oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nur­ma­tias bersama Kepala Dinas Pendidikan Hj Ellia Makmur dan Kepala Kemenag Kota Bukittinggi M.Nur. Pe­ninjau­an yang dilakukan untuk me­mantau jalannya pelaksanan UN  yang digelar. Adapun sekolah yang dipantau itu diantaranya SMAN I, SMK Bisnis dan Industri serta MAN II Kota Bukittinggi.

Dari hasil pantauan UN ke tiga sekolah tersebut, terlihat pelaksanaan UN hari pertama berjalan lancar tanpa dite­mukannya kendala dan masa­lah dalam pelaksanaannya. Soal UN terdistribusi dengan baik, suasana ruang ujian juga tenang sehingga memung­kinkan siswa berkonsentrasi dalam menjawab soal UN.

”Alhamdulillah, hari per­ta­ma UN berlangsung dengan aman dan lancar tanpa ada kendala berarti.  Soal ujian UN tidak ada masalah karna tidak ada ditemukan ke­bo­coran soal ataupun soal yang salah. Suasana ujian baik dilokal maupun dilingkungan sekeliling sangat kondusif. Para siswa juga terlihat per­caya diri dan semangat dalam mengikuti pelaksanaan UN,” ujar Ramlan usai kegiatan peninjauan.

Pelaksanaan UN Di SM­AN diikuti oleh 366 siswa yang  terdiri dari 269 siswa jurusan IPA dan 97 orang siswa ju­rusan IPS, dengan memakai ruang ujian sebayak 19 lokal dan Pengawas ujian utama sebayak 38 orang ditambah pengawas cadangan 2 orang. Hari pertama UN mengujikan mata pelajaran Bahasa In­donesia dan Kimia untuk siswa SMA jurusan IPA dan Bahasa Indonesia serta Geog­rafi untuk siswa SMA jurusan IPS.

Sementara di SMK II Bis­nis dan Industri UN diikuti 468 siswa. Di  SMK ini sistem ujian berbasis komputer. Se­ba­nyak 170 buah unit kom­puter utama, 2 komputer  cadangan dan 1 laptop dise­diakan untuk ujian. Dalam pelaksanaan ujian dibagi tiga sesi, tiap lokal rata-rata ber­jumlah 19-25 siswa. Sedang­kan  di MAN II peserta ujian berjumlah 161 orang siswa yang terbagi kedalam 11 lokal ujian dengan jumlah penga­was UN  mencapai 14 orang.

“Untuk Bukittinggi, UN kali ini diikuti sebanyak 4.124 orang siswa dengan rincian untuk tingkat SMA/MA 2.597 siswa dan SMK sebanyak 1.5­27 siswa. Sedangakan jumlah ruangan yang disediakan un­tuk UN sebanyak 384 ruangan dengan jumlah pengawas se­banyak 768 pengawas,” ujar Ellia. (h/tot)

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]