Lima Terduga Pengedar dan Pengguna Narkoba Dibekuk


Rabu, 06 April 2016 - 13:43:12 WIB

SIJUNJUNG, HALUAN — Sa­tuan Narkoba Kepolisian Resor (Polres) Sijunjung, menangkap  lima orang tersangka berinisial JE (35), MI (45), AI (35), RI (35 dan DC (32) warga Kecamatan Ka­mang Baru yang diduga se­bagai pemakai sekaligus penge­dar nar­koba jenis sabu-sabu. Mereka ditangkap  beserta ba­rang bukti sabu-sabu siap pakai yang di­sem­­bunyi­kan dalam le­mari pa­kai­an milik salah seorang tersangka.

Kapolres Sijunjung AKBP Dwi Sulistyawan melalui Waka­polres Kompol T Simanungkalit didampingi Kasat Narkoba AKP Elvi Piliang yang dikonfirmasi wartawan, Senin (4/4) di Ma­pol­res Sijunjung membenarkan penangakapan lima tersangka yang diduga menjadi pengedar sekaligus pemakai barang haram jenis sabu-sabu pada Kamis lalu oleh jajaran Satnarkoba Polres Sijunjung.

“Memang benar pada kamis lalu kami lakukan penangkapan terhadap lima orang tersangka yang diduga sebagai pengedar sekaligus pemakai barang haram jenis sabu-sabu Satu tersangka ditangkap saat hendak mela­kukan transaksi dengan petuga yang menyamar jadi pembeli dan empat tersangka lainnya juga diamankan berdasarkan hasil penyelidikan dan pengem­bangan kasus. Di­mana sebelumnya ang­gota kami sudah mengintai ters­ang­ka ber­dasarkan laporan war­ga,” kata Wakapolres T Sima­nung­kalit kepada sejumlah awak media.

Wakapolres juga menam­bahkan hal tersebut juga dila­ku­kan dalam rangka  mendukung penuh pelaksanaan operasi Ber­sih Narkoba (Bersinar) yang dicanangkan oleh Presiden me­lalui Badan Narkotika Nasional (BNN), terlebih Operasi BER­SINAR ini sudah diinstruksikan dari Mabes Polri. “Dalam mem­bahas masalah Narkoba tak ada main-main terhadap pem­be­ran­ta­s­an Narkoba, apa lagi ada oknum anggota Polri yang ter­libat didalamnya. Karena Nar­koba ini sangat merusak moral generasi bangsa,” ujar T Si­manungkalit.

Dari informasi yang di­pe­roleh, penangkapan kelima ora­ng tersangka tersebut bermula saat pihak kepolisian men­dapat­kan adanya laporan dari warga terkait maraknya transaksi jual beli narkoba di wilayahnya di Kamang Baru yang membuat resah warga sekitar. Pihak Kepo­lisian yang mendapati laporan tersebut langsung melakukan penyelidikan.

Setalah dilakukan penye­lidikan dan pengintaian, pihak kepolisian pun melakukan tinda­kan dengan cara berpura-pura menjadi pembeli barang haram tersebut kepada salah seorang tersangka berinisial JE melalui telepon genggam dan bertemu di salah satu tempat yang sudah disepakati bersama. Tak Lama Kemudian pelaku JE datang dengan mengendarai sepeda motor dan menemui petugas yang menyamar tersebut. Saat hendak menyerahan satu buah paket sabu kepada pembeli, pelaku yang tidak mengetahui bahwa pembeli tersebut adalah anggota polisi yang menyamar, langsung di­tangkap beserta barang bukti.

Setelah menangkap JE, ke­mu­dian pelaku pun digiring pihak kepolisian ke rumah si pelaku untuk menunjukan sisa paket sabu siap edar yang diduga akan dijual pelaku kepada pe­langgan­nya. Setelah melakukan penggeledahan, pihak keplisian pun mendapatkan empat paket sabu-sabu yang disimpan pelaku didalam lemari pakaian didalam kamar miliknya, alat hisap, Py­rex, timbangan serta dua buah senjata tajam. turut diamankan pula dua pelaku lainnya be­ri­nisial MI yang baru satu bulan menghirup udara bebas atas kasus pengunaan narkoba dan pelaku berinisial AI yang ditang­kap dirumahnya masing-masing.

Tak hanya disitu, dari hasil pengembangan kasus tersebut, ternyata kembali didapat satu nama yang melibatkan salah seorang narapidana atas kasus Curanmor di Lapas Kelas IIB Muaro Sijunjung berinisial RI yang diduga menjadi kurir nar­koba, dan dari pengakuan pelaku RI didapat lagi satu nama yaitu pelaku berinisial DC.

Saat para pelaku ditangkap dan diamankan ke Mapolres Sijunjung untuk dimintai ke­terang­an, pelaku sempat meng­e­lak tidak kenal dengan pelaku lainnya yang terlebih dahulu ditangkap, namun setelah pihak kepolisian mempertemukan se­mua pelaku di mapolres Si­junjung, para pelaku tersebut akhirnya mengakui satu sama lainnya. Dan setelah dilakukan test urine yang bekerjasama deng­an Labkesda yang dipimpin lang­sung oleh Kepala UPTD Lab­kes­da Sijunjung Supriyadi dari hasil tersebut didaptkan satu orang pelaku dinyatakan negatif sedang­kan empat pelaku lainnya positif menggunakan narkoba.  (h/ogi)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]