Satpol PP Tipiringkan 47 Kasus


Rabu, 06 April 2016 - 13:51:49 WIB

PADANG, HALUAN — Selama Ja­nuari hingga Maret 2016, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang telah melimpahkan kasus tindak pidana ringan (tipiring) se­banyak 47 kasus ke Pengadilan.

Dari jumlah sebanyak itu, pe­langgaran peraturan daerah (perda) nomor 11 tahun 2005 tentang Keter­tiban Umum dan Ke­tentraman ma­syarakat menjadi salah satu kasus yang paling banyak ditangani oleh aparat penegak perda ini dengan jumlah mencapai 16 kasus.

“Masih lemahnya kesadaran ma­sya­rakat dan kurangnya pemahaman serta sosialisasi menyebabkan ma­syarakat sering terjerat dalam pe­langgaran perda tentang keter­tiban umum,” kata Kabid P3HD Satpol PP Kota Padang, Eddy Asri saat ditemui di ruang kerjanya kemarin, Senin (4/4).

Mantan Kabid Pemadam Keba­karan Kota Padang ini pun men­contohkan pelang­garan ketertiban umum yang sering dila­kukan oleh masyarakat seperti mendirikan bangu­nan di fasilitas umum (fasum) dan berjualan di badan jalan.

Selain menangani kasus pelang­garan ketertiban umum, Satpol PP Kota Padang juga tak ketinggalan menangani kasus masyarakat yang buang sampah secara sembarangan dengan jumlah kasus men­capai enam kasus, izin gangguan yang mencapai 23 kasus, izin mendirikan bangu­nan (IMB) satu kasus, dan pajak daerah satu kasus.

“Pelaku pelanggaran Tipiring lebih memilih untuk mebayar denda daripada menjalani masa kurungan sesuai dengan aturan Perda yang berlaku. Kami meng­himbau agar masyarakat semakin sadar dengan aturan yang sudah dikeluarkan oleh Pemko Padang,” tutup Eddy.

Hasil Tes Diumumkan 8 April

Pada Jumat  8 April mendatang, sebanyak 100 orang calon tenaga operasional Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang akan mengetahui hasil dari tes psikologi yang sudah dilaksanakan pada 26  Maret 2016 lalu.

“Seharusnya, pengumuman ini akan dilakukan pada 6 April menda­tang, namun karena kesibukan kita dalam puncak perayaan hari jadi Satpol PP Se-Indonesia, pengumuman ini akan kami tunda terlebih dahulu,” kata Ketua Pelaksana Penerimaan Anggota Satpol PP Tahun 2016, Jhon Ismet kepada Haluan saat ditemu di ruang kerjanya, Senin (4/4).(h/mg-adl)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]