Nagari Tigo Koto Berduka

Sembilan Rumah Diterjang Putingbeliung


Rabu, 06 April 2016 - 14:28:00 WIB

PADANG PA­RIA­MAN, HA­LUAN — Sedikitnya 9 unit rumah masyarakat di Nagari Tigo Koto Aur Malintang, Kecamatan IV Koto Aur Malintang Padang Pariaman, rusak akibat diterjang angin putingbeliung yang terjadi, Senin (4/4 ) sekitar pukul. 16.00 wib . Dalam musibah ini tidak terjadi korban jiwa.

“Kerusakan rumah warga tersebut, umumnya di­se­bab­kan karena ditimpa pohon tum­bang dan patah akibat angin yang cukup kencang,” ujar Kepala BPBD Padang Paria­man, Amiruddin yang dihu­bungi Haluan, Selasa (5/4).

Menurut Amiruddin, r­umah warga yang rusak ak­ibat ditimpa pohon tersebut be­r­ada di korong Kampung Pa­dang Nagari III Koto Aur Malintang. Dikorong ini ter­dapat 7 unit rumah yang rusak ditimpa pohon yang tumbang. Kerusakan juga terjadi pada lahan perkebunan jagung  petani. “ada sekitar 6 hektar lahan pertanian yang rusak,” akunya.

Di Batu Basa nagari yang sama juga terdapat 2 unit rumah yang mengalami ke­rusakan. Satu unit rusak ri­ngan dan 1 unit rusak se­dang,” kata Amirudin.

H. Azwarmadin salah seorang tokoh masyarakat Aur Malintang yang dihu­bungi Haluan menyatakan, angin yang cukup kencang tersebut membuat ma­syarakat takut dan mencari tem­pat ber­lin­dung yang aman.  “Ma­sya­rakat memang cukup terkejut, dan mencari tempat ber­lindung pada daerah yang jauh dari pepohhonan,” katanya.

Dikatakannya, saat ini puing puing pohon yang tum­bang telah dibersihkan oleh tim BPBD bersama dengan masyarakat. (h/ded)

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]