Pemko Adakan Sosialisasi Kearsipan


Rabu, 06 April 2016 - 14:34:44 WIB

PADANG, HALUAN—Guna meningkatkan pelayanan publik serta pengolahan data, Pemko Padang adakan sosialisasi kearsipan kepada satuan kerja perangkat daerah (SK­PD) se-lingkungan Kota Padang.

Sosialisasi tersebut dikuti oleh 50 peserta yang mewakili 50 SKPD yang ada di Kota Padang di Balai Kota Padang yang beralamat di Aie Pacah, Selasa (5/4).

 ”Sosialisasi ini kita berikan kepada para kasubag, sebab selama ini kasubag merupakan motor dari SKPD-SKPD guna mengolah arsip,” ungkap Drs Desmon Danus selaku Kepala Kantor Arsip, Perpustakaan dan Dokumentasi Kota Padang.

Lebih jauh Desmon mengungkapkan, sejauh ini arsip yang terdapar di SKPD-SKPD Kota Padang telah tertata dengan baik, namun perlu ditingkatkanagar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain itu, dengan sosialisasi undang-undang No 43 tahun 2009, diharapkan akan terjadinya kaloborasi yang baik antara SKPD-SKPD degan Kantor kearsipan.

“Kaloborasi yang antara SKPD dengan kantor kearsipan akan melahirkan sentra­llisasi arsip yang baik, sehingga tidak kan ada arsip yang hilang, tidak tersimpan, hancur dan lain sebagainya,” tambah Desmon.

Dilanjutkan Desmon, selama ini terbentuk opini jika arsip tersimpan di SKPD-SKPD bersangkutan, namun sesuai dengan Undang-Undang No 34 tahun 2009 yakni arsip harus sentralisasi.

“Kami dari kantor kearsipan Kota Padang juga tengah memaksimalkan arsip online atau arsip digital yang terinterkoneksi dengan SLPD-SKPD.

Jadi, tiap-tiap ada arsip yang penting kami akan lakukan penjemputan guna menjaga arsip-arsip tersebut. Arsip online ini sangat penting untuk dilakukan, sebab selama ini tiap kali ada ada arsip selau dibawa ke kantor kearsipan,  namun terkadang arsip tersebut tidak penting dan justru malah menumpuk,”  jelas Desmon.

Dijelaskan juga, dengan adanya arsip online yang terinterkoneksi antara kantor kearsipan dengan SKPD akan memudahkan kinerja penyimpanan kearsipan.

Sebab dengan koneksi tersebut, kantor kearsipan bisa memilah dan memilih arsip-arsip penting yang harus diselamatkan dan disimpan dengan baiak.

Staf ahli bidang  Pemerintahan Kota Padang Herianto rustam yang membuka kegiatan tersebut menyampaikan pengelolaan arsip harus dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah yang ada.

Agar menghadirkan manfaat besar bagi kehidupan organisasi, pemerintah, dan masyarakat.

Ketersediaan arsip secara utuh, otentik, dan terpercaya, pada lembaga akan memberikan dukungan nyata bagi pelak­sanaan reformasi birokrasi utamanya untuk kemanfaatan penilaian kinerja, pertang­gungjawaban kinerja, pelayanan publik, serta penyediaan alat bukti bagi kepentingan lain.(h/mg-ysn)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]