IAIN IB Padang Diminta Lakukan Revolusi Mental


Rabu, 06 April 2016 - 14:49:25 WIB
IAIN IB Padang Diminta Lakukan Revolusi Mental WAREK I Ikhwan (kanan) menerima cendera mata dari Kepala BKKBN Pusat Surya Candra Surapaty usai kuliah umum dan penandatanganan naskah kerjasama, Selasa (5/4). (HUMAS)

PADANG, HALUAN —Re­volusi mental remaja dalam menyonsong bonus de­mo­grafi juga menjadi tanggung jawab pihak termasuk Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang. Pihak Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKK­BN) Sumbar menggandeng IAIN IB Padang dalam kerja sama di bidang tridharma perguruan tinggi meliputi, pendidikan dan pengejaran, penelitian dan pengabdian masyarakat, Selasa (5/4).

Kepala BKKBN RI dr Surya Candra Surapaty, MPH, PhD mengatakan, fe­no­mena usia manusia, kata­nya,  ibarat pedang bermata dua. Artinya, bisa tajam sebe­lah atau tajam kedua-duanya ketika bisa menggunakannya secara baik. Sedikitnya ada dua hal yang bisa didapat dari  gambaran umum te­n­tang usia tersebut. Bisa men­datangkan keuntungan atau­ bencana dan petaka.

“Bencana itu bisa saja dialami oleh pasangan sebuah keluarga. Penyebabnya ketika pendidikan anaknya terlalu banyak tapi tidak terurus dan dililit dengan masalah eko­nomi yang serba sulit. Aki­bat­nya tidak sedikit manusia yang terancam.

Solusi ma­salah itu harus dicari. Maka wajib sifatnya bagi setiap generasi muda usia produktif seperti ma­hasiswa segera be­lajar ten­tang ilmu kepen­dudukan,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, sejak era reformasi bergulir, tam­bah­nya, ada kesan kalau pro­gram KB ini sedikit tidak dihiraukan penduduk Indo­nesia. Menyikapi kondisi ini, pihaknya perlu melakukan tindakan pencegahan melalui proses Genre. Artinya menga­jak pasangan usia produktif mengikuti program Keluarga Berencana.

“Dan untuk program ini pelopornya adalah meli­batkan perguruan tinggi, khususnya IAIN Imam Bonjol Padang yang segera beralih status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN),’” terangnya.

Menyikapi kerjasama ini sebut Rektor diwakili Warek I Ikhwan dan Warek III Alk­hen­dra, lembaga ini tentunya punya tanggung jawab besar. Sebab, secara bertahap lang­kah strategis penyambung informasi ini adalah kalangan perguruan tinggi.

“Kita akan aplikasikan program KB ini kepada ma­sya­rakat,’’katanya. (h/rel/eni)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 25 Februari 2017 - 12:04:22 WIB

    Pemko Padang Bantu Transportasi Kampus IAIN-IB

    PADANG, HALUAN - Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN-IB) Padang bakal “eksodus” ke Sungai Bangek, Kecamatan Koto Tangah. Sebab pihak kampus telah selesai mem bangun gedung baru di kawasan itu..
  • Rabu, 30 November 2016 - 01:05:10 WIB

    Menag Terima Penghargaan dari IAIN IB Padang

    Menag Terima Penghargaan  dari IAIN IB Padang PADANG, HALUAN — Men­teri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin meminta kepada Ins­titut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN IB) di usianya yang ke-50 ini, fokus pada pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, se­perti pendidika.
  • Kamis, 24 November 2016 - 00:49:28 WIB

    IDB Setuju Bantuan ke IAIN IB

    IDB Setuju Bantuan ke IAIN IB PADANG,HALUAN — Tim Islamic Deve­lopment Bank (IDB) berkunjung ke kampus II Lubuk Lintah dan Kampus III Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN IB) Padang, di Sungai Bangek, Koto Tangah Kota Padang, Rabu, (23/11). Ti.
  • Selasa, 01 November 2016 - 01:38:17 WIB
    KUNJUNGAN KE KAMPUS IMAM BONJOL

    Komisi VIII DPR Harapkan IAIN Segera Jadi UIN

    Komisi VIII DPR Harapkan IAIN Segera Jadi UIN PADANG, HALUAN—Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Deding Ishak bersama 20 orang anggota berkunjung dan berdialog dengan segenap civitas akademika IAIN Imam Bonjol Padang dan jajaran Kanwil Kemenag Sumbar, Senin (31/10)..
  • Sabtu, 08 Oktober 2016 - 03:08:21 WIB

    Langkah Alih Status IAIN IB jadi UIN Tunggu Keputusan Presiden

    Langkah Alih Status IAIN IB jadi UIN Tunggu Keputusan Presiden PADANG, HALUAN — Alih status Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN IB) Padang menuju Universitas Islam Negeri (UIN) tinggal beberapa langkah lagi. Saat ini pengajuan izin prinsip sudah diajukan ke presiden tinggal m.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]