Satu Keluarga Terserang DBD

1 Orang Meninggal, 9 Masih Dirawat


Rabu, 06 April 2016 - 15:15:14 WIB

SINGKARAK, HALUAN — Satu keluarga di Jorong Kapuah Nagari Sumani, Kecamatan X Koto Sing­karak dinyatakan positif terserang penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Satu orang meninggal dunia, atas nama Erna Wati (63), sementara 9 lainnya saat ini masih dirawat di RSUD Solok.

Sebelum meninggal, korban Erna sempat dilarikan ke klinik terdekat. Namun karena kon­disinya makin kritis, Erna kemu­dian dilarikan ke RS Tentara Kota Solok, Sabtu (2/4). Meski sempat dirawat selama 1 hari, nyawa Erna tak tertolong dan meninggal pada keesokan harinya, Minggu (3/4).

“Almarhumah (Erna), me­ninggal dunia karena terserang DBD. Sebelumnya korban sem­pat dirawat di Rumah Sakit Tentara Solok ,” ujar Asnan (56) yang juga masih keluarga korban.

Selain Erna Wati, 9 anggota keluarganya yang lain juga dilari­kan ke rumah sakit. Lantaran rumah sakit tersebut keterbata­san ruangan rawat inap, maka mereka terpaksa dilarikan ke RSUD Solok.

“Sembilan orang yang dira­wat di RSUD Solok ini, masih satu keluarga dengan Erna Wati,” kata  Asnan kepada Haluan di RSUD Solok, Selasa, (5/4).

Terkait musibah ini, pihaknya berharap pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan setem­pat responsif melakukan pence­ga­han dan penyebaran jentik nyamuk aedes aegypti yang men­jadi penyebab DBD ini.

“Kami menilai, respon petu­gas kesehatan sangat lamban. Bahkan semenjak musim hujan, di sini belum pernah dilakukan penangganan dini, seperti fog­ging,” sesal Asnan.

Akibat musibah ini, warga jorong itu mengaku dihantui kecemasan. Karena sewaktu-waktu korban DBD bisa bertam­bah. Karena sat ini banyak anak-anak yang dirawat di RSU. Bah­kan, 1 orang yang terkena DBD atas nama Ilfareza Septiana, siswa SMAN 1 Singkarak terpaksa batal ikut UN lantaran masih dirawat di RSUD Solok.

Terhadap kejadian ini, Direk­tur Utama RSUD Solok, drg. Ernoviana, M.Kes yang dikon­firmasi Haluan, membenarkan 9 orang pasien positif DBD yang merupakan 1 keluarga dari Naga­ri Sumani.

“Dari hasil diagnosa labora­torium RSUD Solok menun­jukkan, anggota keluarga tersebut semuanya positif menderita DBD. Kami telah melakukan perawatan intensif untuk proses penyembuhan korban,” katanya.

Mereka yang dirawat masing-masing, Ilfareza Septiana (17), Hanif Ibnu Majid (5), Hamdi (14), Putri (15), Diah (7), Ezil (5), Reno (32), Sri Hartati (34) dan Nayya (9).

Penyakit DBD, kata dia, meru­pakan prioritas penanganan di RSU Solok. Sebab kalau tidak tanggap, bisa berakibat fatal. Sejauh ini, jumlah pasien yang diduga DBD yang  dirawat di RSUD Solok dari bulan Januari sampai bulan Maret, berjumlah 128 pasien. Mereka yang di­nyatakan positf diserang BDD berjumlah 18 pasien.

Terkait kejadian itu,  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok dr. Mirsal, yang dikonfir­masi melalui telefon genggamnya menampik, jika ada warga Kabu­paten Solok terserang penyakit DBD, apalagi sampai meninggal dunia. Pihaknya bahkan menga­takan, berita itu hanya isu belaka yang belum pasti kebenarannya.

“Semua itu hanya isu,” kata Mirsal singkat. (h/ndi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 12 Juli 2020 - 19:49:57 WIB

    Masih Ada 97 Pasien Covid-19 Dirawat di Sumbar

    Masih Ada 97 Pasien Covid-19 Dirawat di Sumbar HARIANHALUAN.COM - Kasus terkonfirmasi virus Corona di Sumatra Barat (Sumbar) telah menembus angka 800 orang hingga update data yang dikeluarkan oleh Juru Bicara Penanganan Covid-19 Sumatera Barat, Jasman Rizal sampai pukul 0.
  • Ahad, 12 Juli 2020 - 10:04:35 WIB

    Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Capai 800 Orang

    Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Capai 800 Orang HARIANHALUAN.COM - Kasus terkonfirmasi pasien positif Covid-19 di Sumatra Barat (Sumbar) mencapai angka 800 orang. Hal tersebut dilaporkan oleh Juru Bicara Penanganan Covid-19 Sumatera Barat, Jasman Rizal, Minggu (12/7/2020) .
  • Sabtu, 11 Juli 2020 - 19:27:24 WIB

    Lima Pasien Covid-19 di Sumbar Sembuh, 3 Orang Warga Padang

    Lima Pasien Covid-19 di Sumbar Sembuh, 3 Orang Warga Padang HARIANHALUAN.COM - Sebanyak lima pasien positif Covid-19 di Sumbar dinyatakan sembuh hari ini, tiga diantaranya berasal dari Dinas Kesehatan Kota Padang..
  • Sabtu, 11 Juli 2020 - 12:43:14 WIB

    Masa Pandemi Covid-19, Diskominfo Sumbar Diminta Maksimalkan Kerja

    Masa Pandemi Covid-19, Diskominfo Sumbar Diminta Maksimalkan Kerja HARIANHALUAN.COM - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumatera Barat (Sumbar) sebagai institusi yang sangat berperan penting dalam penyebarluasan informasi kepada seluruh masyarakat tidak bosan melakukan pembinaan .
  • Jumat, 10 Juli 2020 - 20:13:23 WIB

    UPDATE: 4 Rumah Sakit di Sumbar Kembali Laporkan Pasien Sembuh Covid-19

    UPDATE: 4 Rumah Sakit di Sumbar Kembali Laporkan Pasien Sembuh Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Sebanyak empat rumah sakit di Sumbar kembali melaporkan pasien sembuh dari virus corona atau Covid-19. Keempat rumah sakit tersebut diantaranya, RSUD Rasidin Padang, RS Bhayangkara, Semen Padang Hospital da.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]