Pendapatan Masyarakat Pessel Meningkat


Rabu, 06 April 2016 - 15:28:04 WIB

PAINAN, HALUAN — Pendapatan masyarakat Pesisir Selatan telah mencapai Rp7 juta hingga Rp12 juta pertahun. Secara kasat mata, per­baikan ekonomi itu terlihat dengan jelas dengan meningkatnya daya beli masyarakat terhadap barang diluar kebutuhan pokok. 

Sekda Erizon pada Selasa (5/4) menyebutkan, tidak perlu meng­guna­kan kacamata yang rumit dalam melihat perekonomian masyarakat, cukup dengan memandang seder­hana saja. Berdasarkan data yang diperoleh dari sejumlah  dealer, ternyata setiap bulannya masyarakat Pessel membeli 2.500 motor. Ini menujukkan bahwa ada perbaikan ekonomi masyarakat didaerah ini. ”Faktor pemacunya banyak, bisa didongkrak berkembangya usaha perkebunan, misalnya sawit, karet, kakao, perikanan dan pertanian lainnya,” katanya.

 Ia berkeyakinan, akhir tahun 2016 ini target pertumbuhan eko­nomi Pesisir Selatan sebesar 6,5 persen. Target tersebut diharapkan bisa dicapai lewat kerja perangkat pemerintah dan masyarakat Pesisir Selatan. Pesisir Selatan berani me­narget pertumbuhan ekonomi se­besar itu mengingat rata rata per­tum­buhan ekonomi Pessel selama ini sebesar 5,28 persen.”Jadi ada per­bandingan logis dengan target yang ingin dicapai. Yang jelas dalam rentang waktu 2005 hingga 2010 terjadi kecenderungan kenaikan pertumbuhan ekonomi,” ujar nya.

Digambarkannya, pada tahun 2005 pertumbuhan ekonomi Pesisir Selatan sekitar 5,10 persen. Ke­lmudian tahun 2006 pertumbuhan ekonomi sekitar 5,22. Artinya terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya. “Selanjutnya tahun 2007 per­tun­bu­han ekonomi 5,31 persen selanjut­nya tahun 2008 dan 2009 naik lagi menjadi 5, 47 persen, dan yang sangat prestisius tahun 2010 diperkirakan mencapai angka 6 persen,” ungkapnya.

Disebutkannya, peningkatan pendapatan perkapita telah me­nurunkan angka kemiskinan di Pesisir Selatan.

Lebih jauh diuraikannya, sebagai bahan perbandingan, bahwa telah terjadi peningkatan pendapatan masyarakat ditandai dengan hasil pendataan Bappeda Pesisir Se­latan. ”Berdasarkan hitungan Bap­peda pendapatan perkapita tahun 2005 sekitar Rp3 jutaan, kemudian tahun 2006 naik menjadi lima jutaan. Yang terbesar menurutnya adalah dalam rentang wak­tu 2008, 2009 dan 2010 dengan pendapatan per­kapita men­capai angka Rp7 juta­an. ”Ini me­nanda­kan telah terjadi pening­katan per­baikan ekonomi masya­rakat Pesisir Selatan. Deng­an demikian, ber­bagai ke­bu­tuhan dasar oleh masya­rakat Pesisir Selatan se­be­nar­nya telah terpenuhin,” ujarnya. (h/har)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]