UT Sitiung Jangkau Mahasiswa di Pelosok


Rabu, 06 April 2016 - 16:04:24 WIB

DHARMASRAYA, HALUAN — Universitas Terbuka (UT) yang berlokasi di Kecamatan Sitiung bertekad membangun pagar bangsa dengan terus memberikan layanan pen­di­di­kan, terutama untuk masya­rakat di daerah tertinggal, terluar, dan terdepan. Untuk itu, Universitas Terbuka terus berinovasi dan mengem­bang­kan program pembelajaran bagi mahasiswa.

“Kami berkomitmen men­cetak generasi yang cerdas dan mandiri melalui pendidikan tinggi dengan mengedepankan fleksibilitas dan keterbukaan. Kami ingin menjadi pemersatu dan pagar bangsa karena UT memiliki mahasiswa yang ba­ny­ak, serta mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain­nya,” tutur pengelola UT Si­tiung, Murniati, kepada Ha­luan, kemarin (5/4).

Menurutnya, UT mem­beri­kan kesempatan bagi lulusan SMA dari berbagai wilayah di Tanah Mekar ini untuk me­lanjut­kan kuliah dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Deng­an begitu, masyarakat di daerah pelosok tetap dapat men­jang­kau pendidikan. Selain itu, pembelajaran juga lebih hemat dan fleksibel.

Selama ini, kata mantan Kepala Sekolah SD ini, belum semua lulusan SMA men­dapat­kan kesempatan belajar di perguruan tinggi. Selain karena keterbatasan kapasitas per­guru­an negeri tinggi, tempat tinggal yang jauh dari akses pendidikan juga menjadi faktor peng­hambat. Untuk itu, UT menawarkan sistem pem­be­lajaran jarak jauh dengan media digital.

“Masyarakat di pelosok mendapat kesempatan belajar dengan biaya yang terjangkau,” katanya. Selanjutnya ia juga menga­takan, dengan terus men­cetak generasi berpendidikan di pelosok, UT memberikan su­m­bangan nyata bagi pem­ba­ngu­nan di Indonesia.

“Kekayaan alam dapat di­ke­ruk dan habis. Sedangkan anak bangsa yang terdidik merupakan aset berharga yang tidak dapat punah. Mereka berkontribusi membangun Indonesia ke depan,” katanya. (h/mdi)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]