Syamsurizal Wakili Kota Pariaman Lomba Kades Berprestasi


Kamis, 07 April 2016 - 02:33:41 WIB
Syamsurizal Wakili Kota Pariaman Lomba Kades Berprestasi

Pesatnya pembangunan infrastruktur dan ide-ide yang disertai usaha untuk memajukan warganya, me­m­buat Kepala Desa (Kades) Cubadak Mentawai Ke­ca­mat­an Pariaman Timur, Kota Pariaman terpilih me­n­jadi Kades Berprestasi Ti­ng­kat Kota Pariaman. Ke­ber­hasilan ini membawa Kades Cubadak Mentawai mewakili Kota Pariaman untuk mengikuti seleksi Kades Berprestasi Tingkat Sumatera Barat beberapa minggu yang akan datang.

Demikian informasi ya­ng disampaikan Syam­su­rizal, S.Ag (45), Kades Cu­ba­dak Mentawai, ke­pa­da Ha­lu­an saat berkunjung ke kantor desa Cubadak Men­tawai di Jalan Kompi Baka­pak Desa Cubadak Men­ta­wai, Kota Pariaman, Rabu (6/4).

Beberapa pembangunan infrastruktur semenjak Sya­m­surizal terpilih menjadi Kades Cubadak Mentawai pada tahun 2007, yaitu pem­bangunan kembali irigasi yang hancur ketika gempa 2009. Rehabilitasi Masjid Raya Cubadak Mentawai dan membangun menjadi dua lantai sebagai tempat penampungan atau evakuasi ketika bencana Tsunami. Dan pembangunan jalan penghubung antar desa yang berbatasan dengan Desa Cubadak Mentawai.

Sebagai desa yang ber­ba­tasan langsung dengan Ka­bu­paten Padang Pariaman, kata Syamsurizal, dan akses jalan yang bagus, serta jauh­nya pasar dari desa tersebut, membuat ninik mamak dan unsur masyarakat lainnya mengusulkan pembangunan pasar tradisional di desa tersebut. Hal ini di perkuat dengan semakin ber­tambah­nya jumlah penduduk Desa Cubadak Mentawai pasca gempa 2009, dimana desa tersebut termasuk daerah zona hijau dan banyaknya komplek perumahan yang baru dibangun.

“Pasar desa ini dibuat untuk mempersingkat jarak dan waktu warga desa Cu­ba­dak Mentawai dan desa se­kitar dalam memenuhi ke­bu­tuhan sehari-hari. Biasa­nya belanja ke pasar Paria­man, nanti mereka akan belanja di pasar desa Cu­badak Mentawai,” ujar Sya­m­surizal, yang saat ini su­dah menjadi Kades untuk pe­riode kedua sampai 2019.

Berkat kerjasama de­ngan masyarakat, anggaran pembangunan desa yang bernilai 80 persen bisa me­m­bangun 5 unit toko yang bernilai 100 persen dari perencanaan. Pasar desa yang dibangun dengan swa­kelola akan dilanjutkan ta­hun 2016 untuk mem­bang­un kios-kios, lapangan par­kir dan tempat kuliner dan fasilitas lainnya.

Pasar Desa yang berada di tanah komplek Masjid Raya Cubadak Mentawai, sambung Syamsurizal, ke depannya menjadi kom­ple­ks terpadu dalam pengem­bang­an potensi desa. Apa­lagi desa ini sudah ditetap­kan juga sebagai desa wisata kuliner oleh pemerintah Kota Paria­man. Dan ben­dung­an Aia Santok yang berada dekat lokasi pasar desa tersebut juga akan dike­lola pemuda dan warga men­jadi tempat wisata pe­man­dian umum.

“Jadi, dalam satu ka­wa­san tersebut akan terdapat Masjid Raya, pasar desa yang juga menyediakan los atau tempat kuliner, dan tempat wisata pemandian di bendungan Aia Santok,” kata Kades yang berhasil membawa Desa Cubadak Mentawai meraih Juara 2 Lomba PKK KB-Kes dan Juara 2 Kader Posyandu, tingkat Sumatera Barat ta­hun 2014. (h/mg-fyt)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]