Petani Ikan Menjerit

Harga Pakan Mahal di Kuansing


Kamis, 07 April 2016 - 02:36:49 WIB

TELUK KUANTAN, HALUAN — Petani ikan di Kabupaten Kuansing cukup menjerit karena mahalnya harga pakan ikan. Sejauh ini petani ikan yang ada di Kuansing belum mendapatkan bantuan keringanan untuk pembelian pakan ikan.

“Kalau untuk bibit ikan mungkin masih bisa ter­jang­kau harganya, tapi pakannya ini yang sangat mahal, cuma di subsidi Rp5 ribu per­ka­rung, dan saat ini sudah tidak ada lagi sub­sidi,”ujar Iin petani ikan yang berasal dari Kenegerian Kari, Kecamatan Kuantan Tengah, kemarin.

Satu karung pakan ujar­nya, harganya, mencapai Rp390 ribu perkarung 50 kilo,”ini pakan yang bagus, kalau yang biasa hanya Rp255 ribu perkarung merk Kompek. Jadi kalau disub­sidi Rp 5 ribu tidak sedikit pun membantu peta­ni,” ujarnya.

Pakan ini ujarnya, yang sering dikeluhkan petani ikan di Kuansing, karena sampai saat ini belum ada bantuan dari pemerintah dalam bentuk pakan atau pelet,”kalau bibit ikan mung­kin ada, tapi pakan yang belum pernah kita dengar sampai ke petani ikan,”ujarnya. “Harapan kita kepada pemerintah selain me­nyalurkan bantuan bibit ikan kepada petani, kalau bisa dibantu juga pakan atau peletnya untuk me­ri­ngan­kan beban petani ikan yang ada di Kuansing.

Wajar kalau sebagian pe­ta­ni yang memiliki kolam ikan, kadang ikan belum sampai besar sudah dipanen dan hasilnya sering kali tidak memuaskan, karena memang pakan ini cukup mahal, dan mungkin orang tertentu saja yang bisa membeli pakan ini untuk bisa sampai tiga bulan panen,”katanya.

Biasanya ujar Iin, untuk 17 ribu bibit ikan yang di­pe­lihara itu bisa menghabiskan anggaran sekitar Rp 40 juta untuk pakannya saja selama tiga bulan,”kalau tempat pembuangan masih bisa kita cari dan kita jual keluar, biasanya dibawa ke Tem­bilahan,”katanya. (rob)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 24 Maret 2020 - 21:30:23 WIB

    Maskapai EasyJet Buka Penerbangan Musim Dingin, Harganya Cuma Rp500 Ribu

    Maskapai EasyJet Buka Penerbangan Musim Dingin, Harganya Cuma Rp500 Ribu JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Maskapai penerbangan easyJet mempercepat penjualan tiket untuk penerbangan musim dingin. Langkah menawarkan penerbangan murah saat musim dingin itu, untuk mengatasi kemerosotan, karena virus cor.
  • Selasa, 02 Agustus 2016 - 02:52:33 WIB

    Harga Sawit Semakin Turun di Sabak Auh

    Harga Sawit Semakin Turun di Sabak Auh SIAK, HALUAN — Sejumlah petani ladang berharap Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit stabil. Pasalnya, harga TBS tingkat petani ladang selalu turun naik seperti yang dirasakan petani Kecamatan Sabak Auh dan Bungaraya. .
  • Selasa, 24 Mei 2016 - 04:31:07 WIB

    Harga Karet Kembali Anjlok

    Harga Karet Kembali Anjlok TELUK KUANTAN, HALUAN — Naiknya harga karet tidak berlangsung lama, dalam kurun waktu beberapa minggu, harga karet di tingkat petani kembali anjlok turun ke level Rp7 ribu per­kilogram..
  • Kamis, 19 Mei 2016 - 03:20:46 WIB

    Harga Kebutuhan Pokok Mulai Meresahkan

    Harga Kebutuhan Pokok Mulai Meresahkan PEKANBARU, HALUAN — Ketua Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri mengakui jika harga sejumlah bahan kebutuhan pokok, sesui trend waktu akan terus naik, bahkan kenaikan tersebut akan membuat ma­syarakat kelimp.
  • Sabtu, 14 Mei 2016 - 04:45:11 WIB

    Harga Sembako Merangkak Naik

    Harga Sembako Merangkak Naik SIAK, HALUAN—Jelang Ramadan, harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di pasar tradisional Ka­bupaten Siak me­rangkak naik. Rata-rata kenaikkannya 5-10 persen..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]