SMA Al Istiqomah Laksanakan UNBK


Kamis, 07 April 2016 - 02:37:59 WIB
SMA Al Istiqomah Laksanakan UNBK Kepala SMA Al-Istiqomah H.Zarfani, M.Pd saat melihat kondisi para siswa yang sedang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di sekolah setempat. (FADLI)

PASAMAN BARAT, HALUAN — SMA Swasta Al-Istiqomah satu-satunya sekolah tingkat SMA di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) yang bisa mela­kukan Ujian Na­sional Ber­basis Komputer (UNBK). Begitu besar perhatian seko­lah itu untuk me­ningkatkan kualitas pendidikan.

Se­mentara belum ada satupun SMA Negri maupun swasta di Pasbar yang mampu me­lak­sanakan UNBK tersebut.

Kepala sekolah SMA Al-Istiqomah, Zarfani saat ditemui Haluan saat ujian berlangsung mengatakan, pihak sekolah telah mem­persiapkan segala sesua­tunya untuk menghadapi UNBK tersebut mulai bulan Desember 2015 yang lalu. Juga telah dilakukan si­mulasi terhadap siswa se­banyak tiga kali sebelum menghadapi UNBK ini, “ka­t­anya.

“Kita mempersiapkan 50 unit komputer yang akan digunakan oleh 115 orang siswa yang akan mengikuti ujian. Disamping itu kita juga telah mempersiapkan segala sesuatu yang di ang­gap akan menjadi kendala bagi siswa disaat ijian sedang berlangsung seperti, mela­kukan koordinasi dengan pihak PLN, dan meng­guna­kan kapasitas internet 16 GB yang seharusnya hanya menggunakan kapasitas 8 GB,” Pungkasnya.

Zarfani yang juga se­bagai ketua MKKS SMA se Pasbar ini menjelaskan, dalam satu hari ujian dilak­sanakan dengan tiga shift yaitu, shift pertama dimulai dari pukul 7.30 sampai pu­kul 9.30, shift kedua pukul 10.30 sampai pukul 12.30, dan shift ketiga dilak­sana­kan pada pukul 13.30 sam­pai pukul 13.30. Dengan menggunakan dua lokal dengan jumlah siswa 20 orang per lokal.

Labih jauh ia menga­takan, Ujian Na­sional de­ngan menggunakan kompu­ter jauh lebih efisien. Con­tohnya dalam pen­dis­tri­busian soal serta hasil UN­BK ini jauh lebih akurat dan integritasnya yang lebih terjamin.

“Kalau dulu sering kita dengar adanya bantuan-bantuan dan saling contoh antara siswa dalam menger­jakan soal. Tapi dengan UNBK ini tidak. karena dalam satu lokal, soal yang dikerjakan siswa berbeda dengan soal yang dikerjakan siswa lainnya. Sehingga ha­sil­nya memang mencer­min­kan akan kemampuan anak itu yang sebe­narnya,” pung­kasnya.

Ia menambahkan, tuju­an pendidikan bukanlah menentukan menang atau kalah, Perkembangan za­man dan kemajuan tekno­logi juga tidak untuk dihin­dari namun harus dipergu­nakan sesuai dengan kebu­tuhan. apalagi ini adalah program pemerintah yang harus kita lakukan untuk kedepannya.

Semoga kedepan seko­lah lain juga bisa mene­rapkan UNBK ini, Karena sebenarnya penerapan UN­BK tersebut tidaklah sulit selagi ada keinginan pasti bisa apalagi bagi sekolah besar yang telah mempunyai ribuan siswa,”harapnya.

Sementara itu, salah seo­rang pengawas ujian, Abdi, S.Pd mengatakan, UNBK tersebut sangat bagus dan lebih efisien.

Karena pe­ngawas tidak perlu lagi mem­­bagikan soal kepada siswa, pengawas hanya ting­gal melapor ke­pada Proktor (yang me­ngelola sistem uji­an) apabila ada kendala yang dihadapi oleh sis­wa,” ka­tanya.(h/fad/dka)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]