Kondisi SMPN 7 Bukittinggi Memprihatinkan


Kamis, 07 April 2016 - 02:46:04 WIB
Kondisi SMPN 7 Bukittinggi Memprihatinkan Ketua DPRD Beny Yusrial ketika meninjau bibir tebing di SMPN 7 Bukittingi, Selasa (6/3). (RUDI GATOT)

BUKITTINGGI, HALUAN — Keinginan Pemko Bukittinggi untuk menjadikan Bu­kittinggi sebagai Kota Pendidikan, tentunya  harus dibarengi dengan kondisi sekolah dan fasilitasnya yang baik. Namun kenyataannya, masih ditemukannya beberapa sekolah yang kondisinya memprihatinkan.

Seperti yang terjadi SMPN 7 Bukittinggi yang saat ini kondisi sekolah tersebut sangat memprihatinkan. Pasalnya, kondisi ruangan labor praktik IPA dan TIK disekolah tersebut sudah berada dipingggir bibir jurang dan nyaris ambruk. Jika hal ini dibiarkan berlarut larut tidak tertutup kemungkinan ruangan tersebut bakal ambruk ke jurang.

Tidak hanya itu, delapan unit toilet sekolah yang sebenarnya sekelas dengan toilet-toilet di bandara juga memprihatinkan karna tidak bisa berfungsi sama sekali. Kondisi yang memiriskan itu diketahui ketika Ketua DPRD Bukittingi Beny Yusrial yang didampingi Ketua Komisi II Rismaidi, anggota Komisi II Edison Katik Basa dan Asril serta anggota komisi II Dedy Mois melakukan kunjungan mendadak kesekolah tersebut, Selasa (5/4).

Kunjungan mendadak yang dilakukan ini setelah sebelumnya pihak DPRD mendapat laporan dari masyarakat soal kondisi  sekolah tersebut. Dalam Kunjungan ke SLTP 7 ini  rombongan DPRD  yang juga meng­ikutser­takan wartawan disambut oleh Kepala Sekolah Edi Kosla bersama jajaran majelis Guru. Juga turut hadir Kepala Bidang (Kabid) SMP/SMA Dinas Pendidikan Pemu­da dan Olahraga (Disdikpora) Bukittinggi, Erdi.

Seusai melakukan temuramah dengan kepala sekolah dan majelis guru, rombongan DPRD meninjau kondisi sekolah. Dalam peninjauan itu DPRD menemukan  8 unit WC sekolah yang dibangun pada 2013 silam tidak berfungsi sama sekali. Bahkan pembangunan WC itu sekelas dengan WC yang ada di Bandara.

Kemudian rombongan DPRD juga melihat kondisi ruanagan TIK dan IPA yang berada ditepi  bibir jurang yang nyaris ambruk. Rombongan juga sangat menya­yangkan bibir tebing tersebut dijadikan tempat pembuangan sampah sekolah. 

Dalam kesempatan tersebut Kepala Sekolah Edi Kosla menerangkan, terkait dengan kondisi WC, dari 10 unit WC yang dibangun sejak 2013, hanya dua WC yang berfungsi. Sedangkan delapan unit tak bisa dipakai sama sekali, karena kesalahan konstruksi sejak awal. Dengan kondisi yang demikian maka para siswa dan majelis guru hingga saat ini memanfaatkan 2 unit WC saja.

Menurutnya pihak sekolah sudah men­coba mengajukan anggaran ke Disdikpora Bukittinggi untuk perbaikan WC tersebut. Namun hingga kini belum juga dikabul­kan. ”Untuk mengatasi persoalan ini, akhirnya kami melalui kesepakatan me­ngambil inisiatif untuk memperbaiki toilet tersebut dengan anggaran dana BOS sebesar RP 8 juta, dan sekarang ini sedang masa perbaikan,” ujar Edi.

Terkait bangunan yang sudah di pinggir jurang, lanjutnya, pihak sekolah juga sudah mengajukan anggaran pembuatan dam tebing baik ke Disdikpora setempat, maupun ke Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bukittinggi.

“Waktu itu, dari pihak Dinas PU mengatakan, untuk membuat dam tebing, membutuhkan anggaran yang besar, dan pihak sekolah diminta bersabar menjelang adanya anggaran yang tersedia. Namun sampai sekarang anggaran untuk dam itu juga tidak kunjung ada,” ujar Edi.

Dengan kenyataan tersebut, Ketua Komisi II DPRD Bukittinggi, Rismaidi, terlihat kesal kepada jajaran Disdikpora Bukittinggi yang terkesan sangat lamban menanggapi berbagai persoalan yang diha­dapi pihak sekolah.

“Dinas terkait akan kami minta untuk betul-betul serius menyelesaikan berbagai persoalan sekolah dan jangan dibiarkan. Sebab kalau dibiarkan akan menjadi masalah besar yang dapat merusak citra Bukittinggi sebagai Kota Pendidikan,” tegas Rismaidi.

Menurutnya, persoalan toilet tak bisa dipandang enteng, hal ini jelas merupakan persoalan pokok yang harus diperhatikan dan bukan persoalan sepele. Sebab, persoalan toilet berkaitan dengan kenyamanan dalam proses belajar mengajar, serta terkait masalah kesehatan.  (h/tot)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]