Padang Magek Bedah Rumah Sanan


Kamis, 07 April 2016 - 02:49:44 WIB

BATUSANGKAR,HALUAN — Masyarakat Kenagarian Padang Magek, Kecamatan Rambatan kabupaten Tanah Datar, bergoro membangun rumah warga miskin, milik Sanan (82 th) pada lokasi tanah seluas 70 meter per­segi dengan total biaya Rp­140 juta.

“Bersama kita bisa dan tidak ada yang tidak mung­kin selagi kita mau beru­saha,” kata ketua panitia bedah rumah peduli warga miskin, Rosfairil usai peres­mian rumah Sanan di Jo­rong Guguak Baruah, Na­gari Padang Magek, Senin (4/4).

Tokoh masyarakat Na­gari Padang Magek ini me­nyampaikan kegiatan bedah rumah warga miskin ini untuk mendukung program pemerintahan nagari me­ngu­rangi angka kemiskinan di daerah ini.

Kami juga ingin mem­berikan tempat hunian yang layak bagi warga kurang mampu sekaligus mengajak warga mampu untuk mau berbagi sebagian hartanya, katanya.

Kegiatan bedah rumah dilakukan selama dua tahun enam bulan sejak Januari 2016 yang dilaksanakan secara bergotong royong dengan dana sebesar Rp140 juta berasal dari donatur Rp16 juta, bantuan material senilai Rp111,466 juta, dan BAZ Tanah Datar sebesar Rp12,5 juta.

 Material bangunan yang dibantu para dermawan ter­sebut berupa seng, perabot rumah tangga, pasir, semen, kayu, dan bantuan barang dagangan untuk kegiatan usaha bagi keluarga Sanan.

Wali Nagari Padang Ma­gek, Syafwardi menjelaskan Sanan bersama anaknya Eli (43) sebelumnya tinggal di sebuah gubuk reot bera­tapkan plastik berdin­ding­kan sasak yang terbuat dari bambu dan berlantaikan papan.

“Sanan dan anaknya Eli jauh dari kata layak untuk sebuah tempat tinggal dan jauh dari kata sehat, mereka tinggal dalam sebuah parak dipinggir jalan Rambatan,” tambahnya.

Wali Nagari prihatin melihat Sanan yang sedang dalam keadaan sakit dan terbaring di sebuah gubuk dan dirawat oleh anaknya Eli yang juga dalam keadaan sakit asam urat. (h/emz)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]