Bupati Satukan Visi Camat dan Wali Nagari


Kamis, 07 April 2016 - 02:50:19 WIB

BATUSANGKAR,HALUAN — Bupati Tanah Datar, H. Irdinansyah Tarmizi di­dam­pingi Wakil Bupati, Zuldafri Darma, Sekda, H. Hardiman, Asisten Pemerintahan, Altri Suandi, dan Kepala Bappeda PM, Nuryedisman, Kamis, (31/3) menggelar pertemuan khusus dengan Camat dan Wali Nagari se-Tanah Datar di Gedung Indo Jolito Ba­tusang­kar.

Pertemuan dengan selu­ruh Camat dan Wali Nagari ini menurut Bupati merupakan salah satu ajang dalam rangka menyatukan visi dan misi serta dalam rangka harmonisasi dalam penyelenggaraan pe­me­rintahan dan pem­bangu­nan Kabupaten Tanah Datar ke depan.

Camat dan Wali Nagari merupakan pemerintahan yang berada di garis terdepan dalam pelayanan masyarakat, untuk itu Camat dan Wali Nagari harus mampu melak­sanakan tugasnya dengan baik sehingga warga masyarakat merasa terlayani dengan baik.

Selanjutnya terkait dengan anggaran belanja nagari yang saat ini terbilang cukup besar, Irdinansyah meminta seluruh Wali Nagari agar berhati-hati dalam mengelola dan meng­gu­nakannya. “Apabila kurang mengerti silahkan berkon­sultasi dengan DPPKA dan Inspektorat, ini harus kita lalukan agar tidak terjadi kesalahan - kesalahan dalam penggunaan anggaran yang akan menyeret kita ke ranah hukum. Dalam pengelolaan anggaran yang paling penting kita harus melakukan pena­tausahaan, administrasi dan perencanaan yang matang agar tidak terjadi kesalahan yang tidak kita harapkan,” ungkap Irdinansyah.

Sementara itu di bidang informasi, saat ini nagari sudah harus memiliki website. Ini berguna untuk mem­pro­mosikan seluruh potensi na­gari kepada masyarakat luas, selain itu juga bisa kita man­faatkan untuk membangun komunikasi yang baik dengan seluruh jajaran pemerintahan yang ada di Kabupaten Tanah Datar.

Irdinansyah juga meminta seluruh Camat  dan Wali Nagari untuk bersama - sama dengan Pemerintah Kabu­paten dan instansi vertikal untuk ikut melakukan pem­berantasan narkoba dan pe­nyakit masyarakat. “Terkait dengan permasalahan narko­ba dan pekat ini Pemerintah Daerah telah bertekad untuk memerangi dan memberantas secara tuntas peredarannya, dan ini akan kita mulai nanti pada tanggal 2 April 2016, kita akan melakukan deklarasi anti narkoba dan pekat, dan ini tidak hanya pernyataan saja namun akan kita iringi dengan pembinaan-pembinaan dan sosialisasi kepada ma­syara­kat,” katanya.

Beliau juga meminta un­tuk mendirikan dan mengak­tifkan kembali siskamling di tiap -tiap jorong, agar masya­rakat merasa lebih terlindungi lagi. Selain itu siskamling juga akan berfungsi menghambat proses peredaran narkoba dan terjadinya pekat di tengah-tengah masyarakat.

Selanjutnya masih banyak lagi permasalahan dan perso­alan yang harus kita selesaikan mulai dari tingkat jorong, seperti Pajak Bumi dan Ba­ngu­nan (PBB) yang notabene merupakan kewajiban masya­rakat, saat ini pendapatan kita dibidang pajak masih relatif rendah, untuk itu perlu upaya-upaya dari kita agar bisa meningkatkannya. Dan masih ada lagi masalah dokumen kependudukan dan yang lain­nya, juga harus menjadi per­hatian kita bersama.

Menyambung apa yang telah disampaikan Bupati, Wakil Bupati, Zuldafri Darma menambahkan bahwa dalam mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati perlu kerjasama seluruh unsur lapi­san masyarakat dan apabila ini tidak ada dan tidak berjalan dengan baik, maka visi dan misi tersebut tidak akan ber­jalan lancar sesuai dengan cita-cita dan harapan semula. (h/emz)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]