Tanah Datar, Daerah Pertama Serahkan LKPJ


Kamis, 07 April 2016 - 02:53:02 WIB
Tanah Datar, Daerah Pertama Serahkan LKPJ Bupati H.Irdinansyah Tarmizi saat menyerahkan LKPJ di BPK Sumbar. (EMRIZAL.)

BATUSANGKAR, HALU­AN — Kabupaten Tanah Datar merupakan daerah pertama  menyerahkan LK­PD Tahun 2015 kepada Badan Pemerik­sa Keu­a­ngan (BPK) Sumbar , yang diantar langung Bupati H.Irdinansyah Tarmizi, Se­la­sa (29/3).

“Kabupaten Tanah Da­tar merupakan daerah per­tama yang menyerahkan LKPD Tahun 2015 kepada kami. Ini mencatat rekor sebagai yang pertama di Sumbar. Nampaknya, ki­nerja keuangan Tanah Da­tar tetap merupakan  yang tercepat dalam mengelola administrasi keuangan,” ujar Eldy, Senin (28/3),

Eldy tambah­kan ken­dati sistem pembuatan La­po­ran Keuangan Pe­me­rintah Daerah (LKPD) ber­u­bah dari berbasis kas ke akrual, namun Tanah Datar masih tetap yang tercepat.

Beberapa tahun be­laka­ngan, sebut Eldy, Tanah Datar selalu mendapat opi­ni Wajar Tanpa Pengecu­alian (WTP) dari BPK me­nyangkut LKPD itu. Dia pun berharap, untuk LKPD Tahun 2015, Tanah Datar kembali meraih opini ter­baik itu dan bisa menjadi contoh bagi kabupaten/kota lain di Provinsi Su­matera Barat.

“Sistem penyampaian LKPD juga sudah berubah. Bila dulu berbasis kas dan hanya mencakup empat jenis laporan, maka dengan sistem baru yang diberi nama akrual, ada tujuh item laporan yang  disampaikan pemerintah daerah kepada BPK,” tegasnya.

Item sistem akrual itu mencakup Laporan Rea­lisasi Anggaran (LRA), Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih (LPSAL), Laporan Operasional (LO), Laporan Perubahan Ekuitas (LPE), Neraca (Ner), Laporan Arus Kas (LAK), dan Catatan Atas Laporan Keuangan (CA­LK). Sementara pada sis­tem kas, yang dilaporkan itu hanya meliputi LRA, LAK, Ner, LAK, dan CA­LK.

Bupati Irdinansyah di­dam­pingi Kepala DPPKA Hendri dan Kabag Humas Adriyanti Rustam men­jelaskan, pihaknya tetap berupaya maksimal sesuai dengan standar penge­lola­an keuangan pemerintah, sehingga LKPD Tahun 20­15 bisa diselesaikan sece­pat­nya.

“Kalau dianggap seba­gai prestasi daerah pertama menyerahkan LKPD ke BPK itu, tentu patut kita syukuri. Semoga opini WT­P yang diperoleh beberapa tahun belakangan secara berturut-turut dapat diper­tahankan. Saya berterima kasih kepada segenap jaja­ran di lingkup Pemkab Ta­nah Datar, karena telah bekerja keras, sehingga laporan ini bisa selesai dengan cepat,” ujarnya. (h/emz)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]