Tanah Datar Tolak Narkoba dan Pekat


Kamis, 07 April 2016 - 02:54:01 WIB
Tanah Datar Tolak Narkoba dan Pekat Jajaran Pemkab Tanah Datar bersama warga Luhak nan Tuo bersepakat mengekspresikan penolakan terhadap peredaran narkoba dan berbagai penyakit masyarakat (pekat) guna terjaminnya masa depan generasi yang berkualitas. (EMRIZAL)

BATUSANGKAR,HALUAN — Jajaran Pemkab Tanah Datar bersama warga Luhak nan Tuo bersepakat mengekspresikan penolakan terhadap peredaran narkoba dan berbagai penyakit masyarakat (pekat) guna terjaminnya masa depan generasi yang berkualitas.

Bupati H.Irdinansyah Tarmizi bersama jajaran Forkopimda,semua ka­la­ngan PNS, TNI, Polri, pela­jar, mahasiswa, organisasi kepemudaan, organisasi masyarakat, MUI, ninik mamak, bundo kanduang, perguruan tinggi di se­pu­taran Kota Batusangkar tumpah ruah di lapangan Cindua Mato Batusangkar, Sabtu (2/4).

Di sela-sela pendek­la­rasian anti narkoba dan pekat tersebut bermunculan sejumlah slogan bertuliskan ajakan “Narkoba dan Pekat No!!!” dan selanjutnya diap­likasikan di tengah kehi­dupan masyarakat hingga ke wilayah Nagari dan Jorong.

Slogan anti narkoba dan pekat ini diharapkan men­jadi topik pembicaraan uta­ma di tengah-tengah masya­rakat, di sekolah-sekolah, surau, masjid, warung. “Pe­no­lakan terhadap narkoba dan penyakit masyarakat harus diimplemetasikan me­lalui pembicaraan utama masyarakat di berbagai tem­pat mulai dari sekolah, wa­rung, surau, masjid atau tempat-tempat pertemuan lainnya,” ajak Wabup Zul­dafri Darma yang juga Ke­tua Badan Narkotika Kabu­paten (BNK) saat beri orasi di hadapan ribuan masya­rakat Tanah Datar.

“Penyalahgunaan dan peredaran narkoba serta pekat sudah pada tahap mengkhawatirkan, untuk itu kita harus bersatu mengam­bil tindakan cepat, tidak ada tempat untuk narkoba dan pekat di Tanah Datar Luhak Nan Tuo,” tegas Zuldafri.

Zuldafri juga beri ap­resiasi KNPI Tanah Datar dan lembaga lainnya yang telah mendukung pela­ksa­naan deklarasi ini sebagai bagian dari program peme­rintah daerah mewujudkan masyarakat Tanah Datar yang madani, berakhlak, berbudaya, sejahtera dan berdaya saing.

DPRD Kabupaten Ta­nah Datar melalui pimpinan DPRD Irman menyam­pai­kan dukungan penuh atas pernyataan perang terhadap narkoba dan pekat ini. “Pim­pinan DPRD beserta selu­ruh anggota mendukung penuh langkah pemerintah yang menginisiasi acara ini, mari kita bergandengan tangan melahirkan program yang mendukung pem­be­ran­tasan narkoba dan penyakit masyarakat lain­nya,” ucap Irman.

Irdinansyah juga meng­komandoi yel-yel di hada­pan seluruh peserta dek­larasi. Yel “Prestasi” disam­but “Yes” dengan lantang , Yel “Narkoba dan Pekat” disambut “No, No, No!!!” dengan lantang sambil me­nge­palkan tangan oleh ri­buan hadirin.

Sementara Kepala Ba­dan Narkotika Provinsi Su­matera Barat Ali Azhar memberi apresiasi yang ting­gi kepada Pimpinan Daerah yang punya komitmen yang tinggi terhadap penolakan narkoba. “Baru Tanah Datar yang menggelar secara be­sar-besaran penolakan ter­hadap bahaya narkoba dan ini patut dicontoh daerah lain di Sumatera Barat atau­pun luar Sumatera Barat,” tutur Ali.

Ali Azhar menyam­pai­kan dari 63 ribu lebih kasus penyalahgunaan narkoba di Sumatera Barat tahun lalu, pelajar dan mahasiswa yang terjerat sebanyak 20 ribu lebih hampir berdekatan dengan kaum pekerja seba­nyak 22 ribu dan yang tidak bekerja 20 ribuan. Ini sebu­ah angka yang sudah menca­pai taraf mengkhawatirkan kita se­mua. “Perlu kam­panye be­sar-besaran meng­hentikan sepak terjang ban­dar, pe­nge­dar dan pelaku yang selalu mengintai anak keme­nakan kita,” Ali meng­ingat­kan.

PNS di bawah pimpinan Sekretaris Daerah Har­di­man juga lontarkan tekad siap perang terhadap nar­koba dan penyakit masya­rakat dan sebagai bukti bersih dari narkoba siap dilakukan tes urine di kala­ngan PNS Tanah Datar.

Aliansi Masyarakat Anti Narkoba dan Pekat (AMA­NAT) Kabupaten Tanah Datar yang dikukuhkan hari itu oleh Ketua BNK Zul­dafri Darma melalui ke­tuanya H. Maswardi menya­t­akan tekadnya ingin Tanah Datar terbebas dari narkoba dan penyakit masyarakat. “Masa depan Tanah Datar dipertaruhkan melalui ge­nerasi muda saat ini”.

LKAAM Tanah Datar melalui ketuanya Irsal Very Idrus Dt Lelo Sampono mendukung penuh kegiatan ini.”Pembinaan masyarakat khususnya generasi muda tidak bisa dilepaskan begitu saja kepada pemerintah daerah, ini menjadi tang­gung jawab bersama”.

Ketua Bundo Kanduang Tanah Datar Gusnawilis nya­ta­kan ucapan terima kasih atas deklarasi ini. “Pucuak dicinto ulam tibo, bundo kanduang yang punya anak cucu di negeri ini mera­sa mendapat si tawa si di­ngin, semua pihak siap me­nyelamatkan anak cucu kita dari bahaya narkoba dan pekat”.

Turut hadir dalam dek­larasi ini Forkompinda, Ke­tua Tim Penggerak PKK Ny. Emi Irdinansyah, Rektor IAN Batusangkar Kasmuri dan Kakan Kemenag Ma­likia MA.(h/emz)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]